Penyebab AC Bocor Dan Cara Mengatasinya

penyebab ac bocor

Penyebab AC Bocor merupakan permasalahan dari AC yang sangat sering terjadi pada rumah ataupun kantor yaitu kebocoran air dari unit AC. 

Jika saja teman-tema lupa kapan terakhir kali memanggil teknisi untuk memperbaiki AC dan juga tidak paham kejadian-kejadian aneh yang sudah nampak dari AC.

Kebocoran pada unit AC ini adalah hal yang cukup normal dialami.Keluarnya air merupakan bagian daripada proses kerja normal untuk unit AC. Normalnya, sistem AC akan menghilangkan kelembapan yang ada di dalam rumah teman-teman.

Kelembapan ini akan mengembun dan kemudian mengalir turun dan keluar melalui lubang pembuangan di bagian bawah mesin. Umumnya, selalu saja ada cara air untuk mengalir keluar dari dalam mesin AC.

Walaupun sebenarnya merupakan hal yang umum jika unit AC teman-teman mengeluarkan sedikit air. Akan tetapi jika saja kebocoran AC melebihi batas normal atau bahkan sampai bisa membasahi lantai dan juga perabotan teman-teman.

Berarti hal tersebut sudah merupakan sebuah masalah. Tiga hal berikut ini adalah penyebab utama kebocoran air pada AC teman-teman!

Jika AC sudah lama tidak diservis , katakanlah selama 6 bulan atau bahkan lupa saking lamanya. Maka kebocoran pada AC teman-teman ialah hal yang lumrah terjadi.

Kebanyakan, dari penyebab AC bocor ini terjadi kurang lebih setiap 6 bulan sekali setelah pembelian serta kurang lebih setiap 3 bulan jika AC tidak diservis. Jadi kebocoran pada unit AC merupakan hal yang normal pasti terjadi.

Meskipun, sebenarnya rembesan air yang keluar dari AC adalah normal. Akan tetapi, jika saja air yang keluar sudah terlu banyak, maka kemungkinan besar ac telah mengalami masalah.

Penyebab AC Bocor

penyebab ac bocor

1. Keluarnya Air yang Merupakan Bagian dari Proses

Merembesnya air merupakan bagian dari proses kerja AC. Pada normalnya, AC bekerja untuk menghilangkan kelembapan pada ruangan tersebut.

Lalu, kelembapan ini akan mengembun dan kemudian mengalir turun dan juga keluar melalui saluran pembuangan pada bagian bawah unit AC. Normalnya, akan selalu ada saja cara air untuk keluar dari unit AC.

Bila teman-teman melihat atau menemukan ada air yang keluar ketika AC sedang aktif, maka kemungkinan besar itu merupakan air dari proses kondensasi.

Itu merupakan hal yang normal sehingga teman-teman tidak perlu khawatir. Namun, bila air yang keluar terlalu banyak dan di luar batas normal, maka ini adalah indikasi dari kebocoran pada AC teman-teman. Segera hubungi tukang servis ac untuk penyelesainnya.

2. Kemiringan Unit AC

Alangkah baiknya AC dipasang sedikit miring ke arah luar bagian belakang. Ini bisa menyebabkan air akan mengalir ke keluar dan menuju saluran pembuangan.

Pemasangan dengan posisi yang tidak benar pada unit AC bisa menyebabkan air tidak bisa merembes dan juga bisa menetes keluar dari unit AC kemudian bisa membasahi lantai pada ruangan.

3. Pertumbuhan Jamur dan Debu yang Menumpuk

Salah satu penyebab dari AC yang bocor ialah dengan adanya kotoran, debu, dan juga benda lainnya yang sudah menyumbat serta menghambat pada saluran pembuangan air.

Saluran pembuangan yang tersumbat ini bisa membuat air kemudian terpaksa untuk mencari jalur dan juga lubang lainnya didalam AC supaya keluar. Sehingga hal inilah yang menjadikan AC bocor, karena air keluar melalui jalur tidak normal.

Pertumbuhan jamur dan penumpukan debu pada mesin AC bukanlah hal yang dapat diremehkan. Bila AC tidak dibersihkan dengan benar, maka jamur dapat tumbuh dan menyebar.

Hal ini dapat menimbulkan udara yang tidak bersih dan kurang sehat. Selain itu bisa menggangu kesehatan, khususnya pada gangguan pernapasan.

Solusi terbaik jika AC telah mengalami masalah seperti kebocoran air yaitu dengan cara menghubungi jasa servis AC supaya bisa melakukan perbaikan pada unit AC. Karena jika saja kebocoran ini dibiarkan saja, AC bisa tidak bekerja dengan seharusnya dan kemudian AC bisa rusak.

Itulah beberapa pelajaran dari artikel Penyebab AC Bocor ini dan jika saja teman-teman ada kendala dengan AC yang teman-teman miliki, silahkan kunjungi saja Service AC Jogja terutama untuk teman-teman daerah joga. Disana selain harganya lebih terjangkau ternyata pelayanannya juga sangat maksimal loh!