Cara Budidaya Padi Gogo Yang Baik Dan Bermanfaat

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara budidaya padi gogo yang baik. Berikut ini penjelasannya.

Cara Budidaya Padi Gogo Yang Baik

Cara Budidaya Padi Gogo

Padi gogo ialah jenis padi yang masih satu genus marga sama saudaranya, padi sri.

Berbeda sekali sama padi sri yang dikembangkan di lahan sawah yang harus terkena air biasa, padi gogo juga bisa di tanam di tempat kering tanpa air biasa. Padi juga bisa untuk digunakan dengan cara budidaya padi ini.

Varietas-varietas lokal umumnya selain berumur panjang, potensi hasilnya rendah sekitar 2 ton GKG/ha. Namun kelebihannya varietas lokal mempunyai rasa enak yang sesuai dengan etnis daerah setempat.

Selain itu varietas lokal toleran terhadap keadaan lahan yang marjinal, tahan terhadap beberapa jenis hama dan penyakit, memerlukan masukan (pupuk dan pestisida) yang rendah.

Syarat Tumbuh

Cara Budidaya Padi Gogo

Syarat penanaman utama padi gogo ialah iklim dan pada tanahnya, serta interaksi antara kedua ini.

1. Iklim

Padi gogo memerlukan air yang banyak sepanjang kehidupan padi dan kebutuhan air tersebut hanya memakai air hujan. Tanaman padi ini bisa baget untuk dibudidayakan pada derah yang daratan rendah sampai daratan tinggi.

Rata-rata curah hujan yang sangat baik adalah selama 3 bulan sampai 4 bulan. Padi dapat ditanam di musim kemarau atau hujan.

Pada musim panas produksi padi ini yang meningkat asalkan air irigasi harus selalu tersedia. Di musim hujan, biar air hujan yang melimpah prduksi dapat menurun derastis karena pupunya yang kurang intensif.

Di dataran yang rendah seperti pantai padi harus memiliki ketinggian 0-650 m dpl dengan temperature 22-27 derajat C sedangkan di dataran yang sudah tinggi harus 650-1.500 m dpl dengan temperature 19-230C.

Tanaman padi harus memiliki terkena matahari panas agar bisa tumbuh dengan baik. Indonesia mempunyai panjang radiasi matahari kurang lebih 12 jam perhari dengan intensitas radiasi 350 cal/cm2/hari pada musim hujan.

Angin berpengaruh pada penyerbukan dan pembuahan.

2. Tanah

Padi gogo harus bisa bertumbuh pada sesama jenis tanah, sehingga jenis tanah tidak begitu berpengaruh terhadap perkembangan dan hasil padi gogo.

Sedangkan yang lebih berpengaruh terhadap perkembangan dan hasil yang baik adalah sifat fisik, kimia dan biologi tanah atau dengan kata lain kesuburannya yang baik sekali.

Untuk perkembangan padi tersebut yang baik memakai keseimbangan perbandingan penyusun tanah yaitu 45% bagian mineral, 5% bahan organik, 25% bagian air, dan 25% bagian udara, pada lapisan tanah sangat setebal 0-30 cm.

Cara Pengelolahan lahan Budidaya Padi Gogo

Cara Budidaya Padi Gogo

Penanaman

Ada 2 cara penanaman padi gogo dengan cara di bawah ini:

1. Cara tanam disebar

Cara tanam ini dipakai dengan cara menyebar rata diatas atas tanah atau lahan yang telah diperdeksi agar tumbuh terlebih dahulu.

2. Cara tanam alur

Lahan yang telah dipisahkan dipakai alur-alur sedalam 3-4 cm, memakai jarak antar alur 20-25 cm.

Lalu saat alur tersebut dikasih benih padi secara iciran, artinya benih padi dijatuhkan di tanah tadi yang kering secara manual memakai tangan dan diatur sedemikian rupa sehingga benih jatuh dalam alur.

3. Cara tanam tugal

Pada cara tanam ini lahan harus sudah dibuat lubang-lubang tanam dengan memakai cara tugal. Pada umumnya untuk pertanaman padi gogo memakai jarak tanam 20 x 20 cm.

Setelah lubang bekas tugal membentuk kemudian 2-3 butir benih dikasih ke dalam setiap lubang lalu selanjutnya ditutup kembali dengan tanah yang tadi.

Itulah penjelasan tentang cara budidaya padi gogo yang baik dan bermanfaat.

 

Cara Membuat Kebab Pisang Bikin Ngiler

Hai, kali ini saya akan memberi tahu cara membuat kebab pisang. Pasti kalian sudah tidak asing lagikan dengan buah pisang. Tapi sekarang saya  akan memodifikasi buah pisang menjadi kebab pisang yang super duper lezatnya.

Cara Membuat Kebab Pisang

Sama halnya kebab turki lainya, namun kebab ini tidak menggunakan daging melainkan menggunakan pisang sebagai isianya. sekarang membuat kebab sangat mudah banget, dengan menggunakan burner kebab. ini cara membuatnya.

1.Cara Membuat Kebab Pisang Emas

cara membuat kebab pisang

Bahan-bahan

  • 3 Pisang emas
  • Tepung terigu, secukupnya (saya tadi 6 sendok munjung)
  •  Margarin,
  • secukupnya Gula pasir,
  • secukupnya Brown sugar,
  • 1 sachet SKM (saya pakai Indomilk)
  • secukupnya Air,

LANGkah-langkah

  1. Kupas semua pisang, lalu potong menjadi setengah
  2. masukkan tepung terigu dan gula kedalam mangkok lalu tambahkan air. Aduk hingga merata dan tidak ada yang menggumpal
  3. Ambil teflon, olesi dengan margarin. Setelah itu tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur. Tunggu sampai permukaannya tidak basah baru balik
  4. masukan pisang di tengah-tengah adonan, tempel kedua ujung adonan untuk menutupi pisang, disini bisa di kasih topping langsung (foto) atau bisa tunggu diletakkan di piring juga bisa. Ujung adonan ditekan sedikit agar menempel. Setelah itu adonanya di bolak-balik sampai terasa mengeras / kecoklatan
  5. Siap di sajikan. Ini saya memakai topping nya di luar adonan, tuang SKM secara zig zag di atas pisang lalu taburi dengan brown sugar. Bisa dimakan saat itu juga

2.Cara Membuat Kebab Pisang Kulit Roti Tawar

cara membuat kebab pisang

bahan-bahan

  • 3 buah pisang kepok
  • 4 lembar roti tawar
  • 3 sdt gula pasir
  • 1 butir telur
  • Margarin / mentega

langkah-langkah

  1. Hancurkan pisang menggunakan sendok, pengocok telur atau yg lain
    Campurkan dengan 2 sdt gula dan 1 sdt mentega, lalu masak dengan api yang kecil sampai matang dan lumat
  2. saya memakai roti tawar yang sudah di kupas, kalo pakai yg berkulit bisa dipotong dulu, lalu pipihkan dengan penggiling
  3. Kocok lepas telur dengan 1 sdt gula
  4. Tata lumatan pisang diatas roti pipih
  5. Kemudian gulung dan lumuri telur yang udah di kocok untuk melekatkan, lakukan sampai tidak ada yang tersisa
  6. Sambil memanaskan teflon, gukung lah roti ke dalam kocokan telur
  7. Setelah teflon panas masukan mentega 1 atau 2 sendok makan, kemudian masak roti sampai kecoklatan, pastikan setiap sisi matang ya

3. Cara Membuat Kebab Banana Kebab

 

Bahan A:

  • 5 buah Pisang
  • 1 sdm Mentega

Bahan B :

  • 5 Tortila
  • 1/2 batang Coklat
  • 1 sdm Selai coklat
  • Secukupnya SKM putih
  • Manfaat Buah pisang

langkah-langkah

  1. Belah pisang menjadi 2 bagian,lalu Panggang pisang dengan mentega sampai kecoklatan atau sesuai selera
  2.  kulit tortila di panggang sebentar tidak sampai mengeras agar bisa di lipat
  3. Siapkan kulit tortila yg sudah dipanggang + pisang panggang + selai coklat. Lalu dilipat sesuai selera, panggang lagi diatas teflon sampai agak kecoklatan.sajikan dgn parutan coklat batan

4.Cara Membuat Kebab Pisang Coklat

 

bahan-bahan

  • 4 lembar kulit tortila
  • 4 buah pisang kepok
  • secukupnya Coklat ceres
  • Gula halus untuk taburan (bisa di skip)
  • 2 sdm margarin untuk mengoreng

langkah-langkah

  1. Potong pisang (menyerong),  dan di tata di atas kulit tortila berikan coklat ceres secukupnya (lalu lipat bentuk kotak)
  2. Di goreng sebentar menggunakan sedikit margarin (supaya tdk trlalu berminyak)
  3. Bisa di sajikan dngn selai nanas atau strawberry

5.Cara Membuat Kebab Pisang Ireng

 

cara membuat kebab pisang

bahan-bahan

  • 2 lembar kulit tortilla hitam
  • 2 buah pisang kepok matang
  • Meses
  • Keju parut (kalau suka)
  • Mentega

langkah-langkah

  1. Ambil per lembar kulit tortila
  2. Olesi sebagian sisi dengan margarin
  3. taburkan meses di sisi yang di olesi  margarin
  4. Susun  pisang kepok 1 buah (kalau suka dipanggang, panggang dulu di teflon pisang tsb biar agak matang )
  5. Tabur lagi meses diatas pisang
  6. Kalau mau ditambah keju parut juga boleh
  7. Gulung seperti membuat dadar gulung
  8. Panggang diatas teflon yang diberi olesan margarin

6. Cara Memembuat Kebab Pisang Oreo

cara membuat kebab pisang

bahan-bahan

  • 5 lembar kulit kebab
  • 10 buah pisang kepok
  • Coklat dcc secukup ny
  • 1 sachet skm putih
  • 1/2 btg keju quikmealt
  • 1 bungkus Oreo

langkah-langakah

  1. pisangnya di pang terlebih dahulu, setelah agak kecoklatan angkat, lakukan sampai pisang habis, lalu penyet.
  2. Ambil kulit kebab, tata pisang memanjang pada bagian tengah kulit kebab, parut coklat dcc, keju, lalu potong Oreo jd dua bagian, tata di atas keju parut, beri skm, lalu lipat kulit keanggbab.
  3. olesi margarin pada wajan anti lengkat, panas kan kebab di atas Teflon sampai kecoklatan, siap di sajikan.

7.Cara Membuat Kebab Pisang Beng-Beng Coklat Keju

bahan-bahan

  • 5 buah pisang ambon
  • 1 pack kulit kebab
  • 2 buah beng-beng
  • Secukupnya coklat batang
  •  keju susu kental manis
  • Secukupnya mentega

langkah-langkah

  1. Parut coklat batang, keju dan potong kecil beng-beng
  2. Masukan semua semuanya ke dalam kulit kebab
  3. Bungkus, lalu di  goreng menggunakan teflon yang di kasih mentega secukupnya, hingga kecoklatan. Dan siap di hidangkan

8.Cara Membuat Kebab Pisang Coklat Keju

bahan-bahan

  • 1 cengkeh pisang kepok(gajeh)
  • Kulit kebab ukuran kecil secukupnya
  • 2 butir Telur
  • 2 saset susu Coklat kental manis
  • 5 bungkus Good time (di remukan)
  • Keju (sesuai selera)

Langkah-langkah

  1. Uleg atau cincang halus pisang
  2. pecahkan 2 butir telur, sisihkan putih telur sedikit untuk pelekat kulit kebabnya, dan sisanya di kocok
  3. Campur ulegan pisang dengan kocokan telur
  4. Tata adonan, good time yang sudah diremukan, kulit kebab yang berlapis keju, kemudian oleskan putih telur ke sekitar pinggiran kulit kebab, kemudian digulung
  5. Goreng dengan sedikit minyak/ mentega
  6. Potong sesuai keinginan dan Sajikan dengan di lumuri susu kental manis coklat di atasnya
  7. Selamat mencoba

1. Pisang mempunyai banyak serat, antioksidan dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh

sebagai salah satu buah yang paling di kenal semua orang, pisang sekarang nggak hanya ada di Asia tenggara, namun juga merambah ke seluruh dunia. dengan bentuk pisang yang bermacam macam.Pisang  juga mengandung banyak serat dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh

2. Pisang memiliki nutrisi yang mampu menyeimbangkan sel gula darah

Pisang mempunyai banyak sekali kandungan pektin dan pati resistan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan dengan kecepatan proses pengosongan perut.Itu karena pisang memiliki peringkat yang sangat rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah. Meski demikian, orang dengan diabetes tipe 2 sebaiknya menghindari makan pisang yang sudah matang.

3. Pisang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan

Pisang kaya akan serat dan pati resistan yang dapat menjadi sumber makanan bakteri baik di usus. Selain itu, memakan pisang juga melindungi kamu dari risiko kanker usus besar.

4. Pisang dapat membantu menurunkan berat badan
Pisang dapat membantu menurunkan berat badan karena kalori yang ada di buah pisang sangat rendah, namun nutrisi dan serat yang tinggi.

5. Pisang mendukung kesehatanjantung

Pisang adalah sumber makanan yang sangat baik, karena mengandung kalium dan magnesium yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

6. Pisang juga bisa mencegah asma

Diambil dari studi yang dilakukan Imperial College of London, para ahli menemukan bahwa anak-anak yang makan pisang setiap hari maka akan berkurang risikonya untuk terserang asma hingga 34 persen.

7. Pisang mengandung antioksidan yang kuat

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber antioksidan  yang sangat membantu mengurangi berat badan, salah satunya adalah buah pisang. Antioksidan yang terkandung dalam pisang bisa membantu mengurangi kerusakan dari radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

8. Pisang bisa membuatmu merasa kenyang

pisang mengandung banyak sekali pati atau pektin yang resistan. Keduanya berfungsi mengurangi nafsu makan dan membantu agar kamu tetap kenyang.

9. Pisang dapat meningkatkan kesehatan ginjal

Potasium sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. memakan buah pisang yang banyak dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50 persen.

10. punya segudang manfaat untuk olahraga

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sangat sempurna untuk seorang atlet karena memiliki kandungan mineral dan karbohidratnya yang mudah dicerna. karena dapat membantu meredakan kram otot yang disebabkan oleh olahraga. Pisang juga jadi sumber energi yang sangat membantu untuk latihan ketahanan.

11. Pisang juga sempurna untuk jadi makanan dietmu

Pisang bisa jadi makanan ringan, makanan pencuci mulut atau sarapan yang luar biasa.

12. Pisang bermanfaat untuk menambah daya ingat dan meningkatkan suasana hati

Pisang memiliki kandungan triptofan dan asam amino yang berperan menjaga memori dan meningkatkan suasana hatimu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, sering-sering makan pisang. Jangan malas untuk membeli pisang ke toko buah atau pasar ya. Murah meriah loh!

Jadi seperti itulah tadi macam macam cara membuat kebab pisang  yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. . Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

Resep Kue Bantal Odading Lumer Sedap Praktis Pula

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue bantal odading  yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue bantal di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue bantal dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah Sahabat. Tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue bantal ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Kue Bantal Odading

Resep Kue Bantal Odading

  • 350 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 50 gram mentega (1 sdm munjung)

Bahan biang :

  • 1 sdt fermipan
  • 1 sdm gula
  • 100 ml air hangat

Bahan olesan :

  • air putih
  • secukupnya gula pasir
  • secukupnya wijen

Cara Membuat Kue Bantal Odading

  1. Buat bahan biang terlebih dahulu, caranya campurkan fermipan, air hangat dan 1 sdm gula aduk lalu biarkan beberapa saat, jika mengembang berarti fermipan masih aktif dan bisa digunakan, jika tidak sebaiknya ganti yang baru.
  2. Kemudian masukkan telur kedalam biang aduk rata.
    Campur jadi satu, tepung terigu, susu bubuk dan gula pasir.
  3. Masukkan biang kedalam adonan tepung aduk rata dan uleni. Setelah setengah kalis masukkan mentega dan garam. uleni sampai kalis.
  4. Diamkan minimal 45 menit saya sampai 1 jam (mengembang 2 kali lipat)
    Pipihkan adonan, kemudian kuas salah satu permukaannya dengan air dingin dan taburi wijen beserta gula pasir di atasnya.
  5. Potong sesuai selera lalu goreng sampai kecokelatan. Sajikan.

Kue Bantal Odading Spesial

Resep Kue Bantal Odading Spesial

  • 45-50 sdm tepung terigu (bisa < 45-50)
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm santan instan
  • 1 sdm penuh margarin
  • Sejumput garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/2 sdt baking soda
  • Bahan biang:
  • 2 sdm gula pasir
  • 10 sdm air hangat (bisa 4 sdm)
  • 1/2 sdt ragi

Bahan lain :

  • 100 ml air hangat
  • Wijen (taburan)
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kue Bantal Odading Spesial

  1. Biang, larutkan gula ke dalam air hangat aduk. Masukkan ragi aduk lagi. Diamkan selama 10-15 menit hingga mengembang
  2. Campur tepung terigu, vanili, susu bubuk, gula, baking soda dan biang
    Masukkan telur dan santan instan, uleni hingga kalis
  3. Masukkan margarin dan garam. Uleni lagi hingga benar-benar kalis dan tidak lengket di tangan
  4. Pindah ke wadah yang sudah diolesi minyak. Tutup dengan serbet dan diamkan selama 1 jam
  5. Setelah adonan mengembang 2x lipat, kempiskan. Olesi papan dengan sedikit minyak goreng lalu lapisi dengan tepung terigu agar adonan tidak lengket dipapan
  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian, ambil satu adonan pipihkan dengan tebal sekitar 1-2cm lalu tutup dengan serbet selama 20 menit. Lakukan ke adonan lain dengan cara yang sama
  7. Olesi dengan air hangat, taburi gula pasir (optional) dan wijen sedikit ditekan agar nempel
  8. Panaskan minyak goreng, goreng dengan api kecil. Sekali saja baliknya agar
  9. tidak terlalu meresap minyak
  10. Tiriskan lalu sajikan

Nah demikianlah beberapa resep kue bantal odading semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar resep kue bantal. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

Cara Membuat Nata de Coco dari Mangga

Cara Membuat Nata de Coco Mangga. Nata de Coco cocok jika dicampur oleh minuman yang segar-segar tentunya. Bisa di campur di es buah, es kelapa pokonya banak deh. Tapi Kali ini aku mau bikin nata de coco dengan mangga. sebelumnya juga udah bikin cara pembuatan nata de Coco. simak berikut artikelnya

Cara Membuat Nata de Coco Mangga

Beberapa Resep Nata de Coco dengan mangan

1. Puding Mangga Nata de Coco

Cerah menggoda dan rasanya juga segar. Itulah resep Puding Mangga Nata De Coco ini. Sajian dessert ini pas banget dihadirkan sebagai penutup makan malam nanti. Pas ju Pasti deh bikin meleleh di lidah.

Bahan-bahan:

    • 750 ml air
    • 2 bungkus minuman serbuk rasa mangga
    • 2 1/2 sendok teh (5 gram) agar-agar bubuk
    • 1/2 sendok teh (3 gram) jeli instan
    • 50 gram gula pasir
    • 3 tetes pewarna kuning tua

Bahan Ke dua:

    • 200 ml air
    • 1/4 bungkus agar-agar bubuk
    • 25 gram gula
    • 75 gram nata de coco, ditiriskan

Cara Membuat Puding Mangga Nata De Coco:

  1. Bahan I, rebus air, minuman serbuk, agar-agar bubuk, jeli instan, dan gula pasir sambil diaduk  sampai mendidih.
  2. Tuang ke dalam gelas hingga 3/4 tinggi gelas. Biarkan setengah beku. Tata nata de coco di atas bahan I. Sisihkan
  3. Bahan II, rebus air, agar-agar bubuk, dan gula hingga mendidih. Tuang ke atas bahan I. Dinginkan.
  4. hidangkan.

2. Es mangga nata decoco

Bahan-bahan:

  • 1 buah mangga
  • nata de coco
  • 1 buah lemon/jeruk nipis
  • 2 sdm gula putih (cair)
  • selasih

Langkah-langkah:

Potong” mangga lalu campurkn semuanya….

3. Es nata de coco mix mangga

Bahan-Bahan:

  • 600 g nata de coco
  • 1 buah mangga harum manis
  • 1 skm
  • es batu

Langkah-langkah:

  1. siapkan nata de coco dalam wadah
  2. Iris mangga kotak kecil
  3. masukkan SKM dahulu, es batu, nata de coco, mangga lalu tumpuk es batu lagi dan atasnya beri SKM lagi, tanpa gula tanpa air ya 😊

4. Resep Es Nata de Coco dan Selasih

Salah satu minuman menyegarkan yang bisa dibuat adalah es mangga nata de coco dan selasih. Cara buatnya yang gampang, yuk langsung intip resepnya.

BAHAN-BAHAN:

  • 1 Buah mangga manis
  • 1 sdm biji selasih yang sudah disedu air hangat
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram nata de coc dan airnya
  • 500 ml air

Langkah-langkah:

  1. Potong mangga menjadi kecil-kecil, masukkan ke dalam gelas bersama dengan gula dan air. Aduk merata.
  2. Masukkan selasih bersama nata de coco dan airnya, cicipi terlebih dahulu.
  3. Tambahkan es batu secukupnya

2 Resep Kwetiau Goreng Sapi yang Enak Lezat dan Nikmat

Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep kwetiau goreng sapi yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari simak bersama sama.

 

Sebelum heboh kwetiau, di Indonesia khususnya di Kota Medan, sudah lama orang mengenal makanan yang bernama mie tiaw ini. Mie yang terbuat dari bahan tepung beras berbentuk pipih, lembut, tipis, dan berwarna putih. Terkadang orang menyebutnya mie tiaw, dan di lain tempat sering disebut kwe tiau.

Di Indonesia, kita sering menyebutnya kwe tiau atau Mie Tiau. Tetapi di Penang  namanya ditulis di kedai-kedai sebagai Char Koay Teow atau Kuey Teow. Di Singapura pun sama, Char Koay Teow. Di Thailand, disebut  Phat Thai.

Kabarnya Char kway teow artinya potongan mi beras goreng. Dibuat dengan menggoreng kwetiau dengan kecap asin dan manis, sedikit belacan (terasi), jus asam, tauge, kucai, lap cheong (sosis hidangan khas Tionghoa) dan kerang.

 

Resep Kwetiau Goreng Sapi

Ada beberapa resep atau cara membuat kwetiau goreng sapi yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Ada resep kwetiau goreng sapi spesial, dan resep kwetiau goreng sapi sederhana.

 

1. Resep Kwetiau Goreng Sapi Spesial

Bahan-bahan :

  • 150 gram kwetiau basah
  • 100 gram daging has sapi, iris tipis
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan saus tiram
  • ½ sendok teh tepung sagu
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 50 gram taoge
  • 5 batang kucai, potong-potong
  • 100 gram bokcoi, potong-potong
  • 5 sendok makan air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Kwetiau Goreng Sapi Spesial:

  1. Siapkan wadah cukup besar utnuk menampung daging.
  2. Bumbui daging sapi yang telah dipotong-potng dengan aneka bumbu yang telah anda persiapkan antara lain, sagu, minyak wijen, saus tiram, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan kecap manis, garam, merica, serta gula. Setelah dibumbui beiarkan sebentar hingga meresap.
  3. Siapakan wajan dan minyak kemudian panaskan dengan api sedang saja. Tumis bawang putih di atas wajan hingga tercium aroma harum tumisan.
  4. Setelah matang kemudian masukkan daging berbumbu ke dalam wajan lalu aduk hingga merata dan berubah warna. Setelah berubah warna dan cukup matang anda angkat dagingnya, lalu sisihka.
  5. Panaskan kembali minyak goreng di atas wajan, lalu masukkan telur kocok yang telah ditambahkan garam dan merica, biarkan sebentar. Orak arik telur anda.
  6. Setelah itu anda ambil kembali daging sapi yang telah anda olah dan masukan kembali dalam wajan, masukan daging bersama dengan kwetiau, tauge, kucai, bokcoi, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan kecap manis, garam, dan merica, kemudian aduk hingga merata.
  7. Tambahkan 5 sendok makan air ke dalamya, lalu anda aduk rata sebentar saja.
  8. Setelah dirasa cukup matang anda matikan api.
  9. Siapkan terlebih dahulu piring saji, kemudian anda tuangkan perlahan kwetiau daging sapi anda perlahan ke atas piring dan tata sedemikian rupa.
  10. Sajikan kwetiau anda selagi panas.

 

2. Resep Kwetiau Goreng Sapi Sederhana

BAhan-bahan :

  • 100 g daging has sapi, iris
  • ½ sdt tepung sagu
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm minyak goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 50 g taoge
  • 5 batang kucai, potong 4 cm
  • 150 g kwetiau basah
  • 100 g bokcoi, potong 4 cm
  • 5 sdm air
  • Kecap asin dan kecap manis secukupnya
  • Garam, merica, gula secukupnya

Cara Membuat Kwetiau Goreng Sapi Sederhana :

  1. Campur daging dengan sagu, minyak wijen, saus tiram, 1 sdm kecap asin, 1 sdm kecap manis, garam, merica, dan gula.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging berbumbu, aduk. Angkat, sisihkan.
  3. Panaskan 1 sdm minyak goreng, masukkan telur kocok yang telahdicampur garam dan merica, biarkan sebentar. Aduk hingga menggumpal, hancurkan.
  4. Masukkan daging tumis, taoge, kucai, kwetiau, bokcoi, 1 sdm kecap asin, 1 sdm kecap manis, garam, dan merica, aduk rata. Beri 5 sdm air, aduk rata. Angkat, sajikan selagi panas.

 

Jadi seperti itulah tadi macam macam resep kwetiau goreng sapi yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep kwetiau goreng lainnya jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar kwetiau. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

Resep Omelet Jamur yang Enak Lezat dan Sedap

Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep omelet jamur yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari simak bersama sama.

 

Omelet pertama kali dibuat oleh Bangsa Romawi yang membuat telur dadar dengan campuran madu dan menyebutnya ovemele, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “telur dan madu”.
Beberapa orang mengatakan bahwa tadi adalah asal kata dari omelet alias telur dadar. Sejarah lain menyebutkan bahwa kata omelet sendiri berasal dari bahasa Perancis. Yaitu dari kata “oeuf” yang bermakna telur, dan “laite” yang artinya susu.

Resep Omelet Jamur

Ada beberapa resep atau cara membuat omelet jamur yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Ada resep omelet jamur sederhana, omelet jamur kentang, omelet jamur shitake, dan resep omelet jamur keju.

 

1. Resep Omelet Jamur Sederhana

Bahan-bahan :

  • 3 butir telur ayam
  • 5 buah jamur kancing yang telah diiris tipis
  • 75 ml susu cair
  • Keju yang sudah diparut secukupnya
  • Bawang bombay secukupnya
  • Mentega secukupnya
  • Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat Omelet Jamur Sederhana :

  1. Kocok telur, garam, dan merica. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil mengocok.
  2. Panaskan mentega, lalu tumis bawang bombay dan jamur hingga matang.
  3. Setelah itu, masukkan telur ke dalam tumisan bawang dan jamur dan masak dengan api kecil.
  4. Masak omelet dengan api kecil supaya tidak mudah gosong.
  5. Balik omelet hingga matang di dua sisinya, lalu tiriskan.
  6. Tambahkan keju parut di atasnya.

 

2. Resep Omelet Jamur Kentang

Bahan-bahan :

  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1/4 buah bawang bombay (iris bulat)
  • 50gr jamur champignon (iris halus)
  • 15gr daging asap (potong kotak)
  • 70gr kentang ukuran sedang (iris tipis)
  • 6 butir telur
  • 1 bungkus Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas (20gr)
  • 40gr keju mozarella (parut kasar)
  • 25gr keju cheddar (parut kasar)

Cara Membuat Omelet Jamur Kentang :

  1. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang bombay, jamur dan daging asap sampai harum.
  2. Masukkan kentang. Aduk perlahan sampai kentang setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  3. Kocok lepas telur dan Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas. Masukkan tumisan kentang.
  4. Tambahkan keju mozarella dan keju cheddar parut. Aduk perlahan.
  5. Tuang di telfon. Aduk-aduk sampai setengah matang.
  6. Balik omelet. Tutup dan biarkan matang.
  7. Omelet jamur siap disajikan.

 

3. Resep Omelet Jamur Shitake

Bahan-bahan :

  • 8 butir telur ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1 buah paprika hijau, dipotong-potong
  • 1 butir bawang bombay, dipotong-potong
  • 3 batang daun bawang, diiris agak tipis
  • 6 buah tomat ceri, dipotong-potong
  • 6 jamur shitake, dipotong-potong
  • keju parut sesuai selera

Cara Membuat Omelet Jamur Shitake :

  1. Kocok lepas semua telur dengan garam, sisihkan.
  2. Tumis paprika, bawang bombay, dan jamur shitake sampai agak layu. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak secukupnya. Masukkan telur. Tambahkan semua bahan (termasuk paprika, bawang, dan jamur shitake yang sudah ditumus) di atas telur.
  4. Masak hingga telur dadar setengah matang, balik, lalu tambahkan keju parut di atasnya. Setelah keju meleleh, lipat jadi dua bagian.

 

4. Resep Omelet Jamur Keju 

Bahan-bahan :

  • 2 butir telur
  • Mentega
  • Garam & Lada
  • Jamur
  • Keju – Bisa keju potong, permesan, atau apapun
  • Paprika
  • Ham / Smoked Beef
  • Tomat

Cara Membuat Omelet Jamur Keju :

  1. Pertama-tama, panaskan wajan. Sambil menunggu wajan sampai panas, pecahkan telur dan campur ke mangkok. Kocok selayaknya membuat telur dadar. Kocok sampai rata, ini akan membuat omelet semakin enak. Tambahkan garam dah lada sesuai selera.
  2. Potong jamur, keju, paprika, ham, tomat hinggal kecil-kecil. Apa saja yang anda ingin masukkan ke telur, sah-sah saja. Namanya juga improvisasi. Ukuran potongan sekecil apa juga terserah selera anda saja.
  3. Jika wajan sudah panas, taruh mentega di wajan. Setelah itu tuangkan telur ke wajan. Tunggu beberapa saat sampai kira-kira bagian bawah telur agak matang sedikit. Masukkan potongan-potongan jamur, keju, paprika, ham dan tomat ke atas telur
  4. Lipat / gulunglah telur hingga gemuk. Gulung-gulung sampai bentuknya menarik, lagi-lagi terserah selera anda.
  5. Setelah matang, sajikan di piring. Omelet siap dinikmati.

 

Jadi seperti itulah tadi macam macam resep omelet jamur yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep omelet mie lainnya jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar omelet mie. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

Cara Membuat Serabi Tepung yang Enak Praktis Pastinya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat serabi tepung asli yang enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat serabi di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli serabi dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Serabi adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Serabi Tepung Terigu Susu

Serabi yang satu ini sangat enak karena terbuat dari perpaduan susu yang sangat yang membuat orang banyak menyukai serabi yang satu ini.

Bahan-Bahan

  • 250 Gr terigu(saya pakai segitiga)
  • 1/2 Sendok makan garam
  • 1 Sendok makan gula pasir
  • 1/3 Sendok teh vanilli bubuk
  • 50 Gr parutan kelapa muda
  • 1 Bungkus santan instan(saya pakai kara)
  • 3 Sachet susu kental manis(saya pakai kremer carnations)
  • 150 cc air suam suam kuku
  • 500 cc air matang
  • 1/2 Sendok teh fernipan
  • 1 Butir telor kocok lepas
  • Pewarna makanan
  • 65 Gr margarin dicairkan
Kuah :
  • 1 Bungkus santan instan(saya pakai kara)
  • 350 cc Air
  • 1/2 Sendok teh garam
  • 2 Sendok makan maizena
Topping :
  • Bisa di beri taburan gula pasir setelah di beri kuah (bila suka)
  • 1 Lembar daun pandan di gunting serong

Cara Membuat Serabi Tepung Terigu Susu

  1. Campur semua bahan surabinya,kec pewarna. Aduk rata dan kalis,diamkan 30 menit.Setelah 30 menit,ambil sebagian adonan dan taruh di tempat berbeda,beri pewarna secukupnya dan aduk hingga rata.
  2. Panaskan cetakan terlebih dahulu(saya pakai cetakan kue lumpur). Olesi dengan margarin terlebih dahulu sebelum adonan di tuang. Setelah panas,tuang adonan dan beri sedikit adonan yang sudah di beri pewarna sebelum di tutup. Setelah matang,angkat. Lakukan sampai dengan selesai.
  3. Untuk membuat kuahnya: masukkan semua bahan untuk kuah dan masak hingga meletup dan mengental. Angkat dan matikan kompor. Tunggu hingga suam suam kuku untuk menyajikannya.
  4. Surabi siap untuk di hidangkan. Taburkan sedikit gula dan beri hiasan daun pandan.

Serabi Tepung Beras

Serabi yang satu ini terbuat dari tepung beras yang membuat rasanya lebih mantap dan enak.

Bahan-Bahan

  • 3 gelas tepung beras, saya pke rose brand
  • 1/2 butir kelapa mengkal.. parut
  • secukupnya Garam
Bahan saus :
  • 1/4 Gula merah
  • Santan kara 65 ml (bungkus kecil)
  • 1 butir Telur
  • secukupnya Garam

Cara Membuat Serabi Tepung Beras

  1. Campur tepung beras, kelapa parut dan air panas (katanya bisa juga pake air dingin) tambahkan garam.. jangan terlalu encer dan jangan kekentalan
    Sebelum di panggang..panaskan terlebih dahulu cetakan dan
  2. penutupnya..karna tidak punya cetakan serabi..saya pke cetakan martabak mini..jadinya kaya pancake setelah matang..sisihkan
  3. Bahan saus: masak gula merah dengan air sedikit dan daun pandan..setelah hancur saring.. masukkan kembali ke panci dengan api kecil.. masukkan santan, garam dan telur yg sudah dikocok terlebih dahulu..
  4. Yg mau lebih manis dan gurih bisa menambahkan takaran gula, santan dan telur.. selamat mencoba

Nah demikianlah beberapa cara membuat serabi tepung semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat serabi. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

Macam-Macam Cara Membuat Jus Kurma Arab yang Bikin Ngiler

Jika anda yang tinggal di arab pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, yakni buah kurma. Jika kita ngomongin tentang kurma pasti sudah identik dengen arab, karena buah ini berasal dari arab saudi.

Banyak orang yang mencari buah ini untuk di jadikan obat atau di makan. Paling sering di saat bulan puasa banyak sekali di saat bulan puasa, buah ini jadi inceran masyarakat karena di jadikan untuk buka puasa untuk mengikuti sunah nabi.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat jus kurma arab yang sangat lezat. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ke tahui dulu dimana daerah penghasil kurma terbesar dulu.

 

Buah Kurma

cara membuat jus kurma arab

Pada saat bulan Ramadhan selalu menjadi bulan paling berarti untuk si industri Kurma. Identiknya Kurma sebagai menu berbuka dan sahur menjadikannya makanan ikonik di bulan suci ini.

Seperti yang kita ketahui, buah Kurma berasal dari negara bagian timur. Di Indonesia sendiri banyak mendatangkan kurma sebagai produk impor untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Berdasarkan data tahun 2017, Mesir mampu menghasilkan 1.5 juta ton kurma setiap tahunnya dan menjadi negara penghasil kurma terbesar di dunia mengalahkan Iran dan Algeria yang berada di urutan nomor 2 dan 3.

Pohon kurma membutuhkan wilayah seperti tanah lempung berpasir yang cukup dalam dan kering. Kualitas tanah juga sebaiknya berada di pH 8 – 11. Tanah juga tidak asal kering, namun harus mampu menahan kelembaban.

Selain itu, tanah juga harus bebas dari kalsium karbonat. Seperti yang kita tahu, kualitas tanah seperti ini sangat cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Mesir.

Mesir memiliki 15 juta pohon kurma yang tersebar di seluruh penjuru wilayahnya.

 

Berikut Cara Membuat Jus Kurma Arab yang Bikin Lidah Bergoyang

1.Cara Membuat Jus Kurma Arab

cara membuat jus kurma arab

bahan-bahan:

  • 4-5 butir kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Pisang yang sudah matang dan sudah di potong menjadi beberapa bagian
  • Susu kental manis secukupnya
  • Gula pasir sesuai selara masing masing
  • Es batu secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

cara membuat jus kurma arab:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahand alat yang harus di perlukan seperti di atas
  2. Jika semua alat dan bahan nya sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya dan di potong menjadi beberapa bagian
  4. Masukan kurma ke dalam blender dan masukan juga potongan buah pisang ke dalam blender, tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 2 menit sampai bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan jus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus kurma
  8. Jus kurma Arab siap di sajikan

 

Khasiat yang DIhasilkan Buah Kurma

1.Meningkatkan kesehatan pencernaan

erat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan membuat buang air besar secara teratur.

Serat tidak larut dan larut yang ditemukan pada kurma membantu membersihkan sistem pencernaan, memungkinkan usus besar bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi.

Beberapa manfaat lain yang berkaitan dengan serat dan kesehatan usus besar mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir. Kurma bahkan bisa digabungkan dengan pengobatan rumahan lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain meningkatkan kesehatan usus besar, serat juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan jantung.

3. Anti Inflamasi

Kurma kaya akan magnesium mineral yang dikenal dengan manfaat anti-inflamasinya. Satu studi menemukan bahwa indikator inflamasi di tubuh seperti CRP (protein C-reaktif), TNF (tumor necrosis factor alpha).

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus kurma arab dan beberapa khasiat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

Cara Buat Jus Tomat Merah Enak, Gampang Buatnya dan Sudah Pasti Sehat

Semua orang pasti sudah tau dengan buah merah yang satu ini, bisa di bilang buah dan sayur yaitu tomat. Tomat tidak bisa di ragukan untuk khasiatnya, karena sangatlah banyak khasiat yang di hasilkan tomat.

Kebanyak orang mengira buah tomat hanya bisa di jadikan makanan saja, padahal bisa di buat menjadi jus yang super lezat. Buah tomat sangatlah banyak mengandung vitamin C nya yang sering dijadikan obat.

Dan buah tomat tidak terlalu sulit untuk di cari, karena sangatlah banyak penjual yang menjual buah ini dan sering di temui di berbagai macam masakan.

Nah, pada artikel kali ini saya tidak membahas tentang makanan tapi melainkan tentang cara buat jus tomat merah segar. Tapi sebelum ke cara pembuatannya mari kita ketahui dulu dari buah yang satu ini yaitu tomat.

 

Tomat

cara buat jus tomat merah

Jenis buah buahan yang berwarna merah jika matang yaitu biasa orang sebut dengan nama tomat adalah sayuran dan buah yang merupakan bagian dari semua kebutuhan kuliner kita.

Mengonsumsi tomat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan juga meningkatkan rasa makanan.

Buah tomat memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Tomat membantu dalam menghilangkan beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas Anda secara keseluruhan.

Tomat mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang membantu tubuh Anda dalam beberapa cara. Buah ini juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa.

Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah. Ini juga memberi kelegaan dari diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih. Secara keseluruhan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

 

Berikut Cara Buat Jus Tomat Merah yang Enak dan Sehat

cara buat jus tomat merah

1.Cara Buat Jus Tomat Merah

bahan-bahan:

  • 3 butir tomat yang masih segar
  • Susu kental manis sesuai selera bisa di ganti madu asli
  • Air matang secukupnya
  • Gula pasir sesuai keinginan
  • Es batu sesuai selera masing masing
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

cara buat jus tomat merah:

  1. Pertama yang harus lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang harus ada seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada, maka mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di cuci, potong tomat menjadi beberapa bagian dan masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis atau madu dan beri sedikit air matang lalu blender
  5. Tunggu kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus tomat
  8. Jus tomat merah siap disajikan

 

Beberapa Khasiat Tomat Untuk Kesehatan

1.Mencegah Kanker

Karena mengandung antioksidan seperti likopen, karotenoid, dan polifenol, tomat dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Karenanya, manfaat tomat diduga berperan dalam mencegah berbagai kanker berbahaya, seperti kanker prostat, kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kandung kemih.

2.Menurunkan Tekanan darah

Manfaat tomat lainnya berasal dari kandungan kaliumnya. Meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium (garam) sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dan mengurangi asupan garam dalam pola makan sehari-hari mampu mengurangi tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi yang ringan.

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat terkait erat dengan kesehatan jantung dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadar kolesterol buruk atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

 

Nah, itu tadi beberapa artikel yang menjelaskan cara buat jus tomat merah yang enak dan beberapa khasiat yang di hasilkan dari tomat. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

Beberapa Macam Cara Membuat Puding Susu Manis yang Menggoda Lidah Anda

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yaitu makanan puding. Tapi pada kali ini saya akan memberi cara yang sedikit berbeda dan sudah pasti gampang dan simple.

Pada umum nya puding di buat dengan bubuk jeli biasa, tapi tidak dengan satu ini yaitu dibuat dengan susu manis. Kebanyakan orang pasti sudah tau dengan susu dan tau jika susu sangat lah baik untuk tubuh.

Nah, pada arikel kali ini akan dijelaskan menganai beberapa cara membuat puding susu manis dan macam macam manfaat puding untuk kesehatan tubuh kita. Tapi sebelum ke cara pembuataanya mari kita cari tahu dulu tentang makanan yang satu ini.

 

Puding

cara membuat puding susu manis

Makanan yang sering kita jumpai yaitu makanan puding adalah sebutan untuk hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus. Dan dikukus, atau dipanggang.

Istilah pada nama puding juga bisa dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Pada umumnya, puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Makanan puding seperti ini bisa memiliki rasanya manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan.

Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla.

Saat ini sudah terdapat tepung puding instan yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

 

Berikut Cara Membuat Puding Susu Manis Lezat dan Nikamat

cara membuat puding susu manis

1.Cara Membuat Puding Susu Manis

bahan-bahan:

  • 10 gram agar- agar rasa cokelat,
  • 1100ml Frisian Flag Purefarm Full Cream,
  • 4 sdm susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold,
  • 2 sdm tepung maizena,
  • 1 bungkus vla instan dan oreo secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Panci

Cara Membuat puding susu manis:

  1. Pertama yang harus di siapkan adalah alat dan bahan yang sudah ada di atas
  2. Jika semua bahan dan alat sudah tersedia semua, mari ke cara membuatnya
  3. Siapkan bubuk agar agar atau bisa dengan jeli, masukan bubuk tersebut ke dalam panci yang sudah ada air nya
  4. Jika sudah di masukan, tambahkan susu kental manis ke dalam panci tersebut sambil di aduk supaya tercampur rata.
  5. Dan tambahkan vla instan dan sedikit oreo atau bisa sesuai selera masing masing
  6. Beri sedikit tepung dan aduk lagi, jika semua bahan sudah di masukan lalu panas kan dengan api yang lumayan matang.
  7. Tunggu sampai air mendidih, jika sudah masukan ke dalam cetakan sesuai keinginan
  8. Tunggu samapai dingin, jika ingin awet bisa di masukan lemari pendingin atau bisa di makan langsung
  9. Bila sudah, puding susu siap di sajikan

 

Macam-Macam Manfaat Puding Untuk Kesehatan

1.Mencegah Kardiovaskular

Menurut para ilmuwan yang berasal dari negara Jepang telah meneliti dari makanan ini,  ekstrak rumput laut dalam puding bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Untuk pengidap stroke, rumput laut juga berguna buat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

2.mencegah kanker

Penelitian di Harvard School of Public Health di Amerika mengungkapkan kalo wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara daripada wanita di Amerika. Soalnya, wanita Jepang punya pola makan yang selalu menambahkan rumput laut dalam menu mereka.

3.Makanan Diet

Kandungan serat pada rumput laut yang sangat tinggi bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Karena itu, puding yang mengandung rumput laut pun sangat baik dikonsumsi oleh penderita obesitas.

Karbohidratnya juga sulit dicerna sehingga kamu bakal merasa kenyang lebih lama, tapi kamu nggak perlu takut jadi gemuk, Loopers.

 

Nah, itu tadi artikel yang menjelaskan cara membuat puding susu manis dan macam-macam manfaat untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)