Membuat Nasi Goreng Jawa Pedas Lezat Bisa Kalian Coba

membuat nasi goreng jawa

Nasi goreng adalah menu sarapan yang sangat praktis dan cepat dibuat. Nah, ada banyak sekali macam nasi goreng Ladies. Salah satu menu yang dimana ada yaitu nasi goreng favorit nasi goreng Jawa. Berikut ini adalah salah satu resep mudahnya yang bisa kamu coba lho.

Asal Mula Nasi Goreng

Nasi goreng sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, pastinya sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi. Makanan ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Ide membuat nasi goreng diawali dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka dengan makanan yang sudah dingin.

Sebenarnya ide masyarakat Tionghoa didapatkan karena ia tidak suka dengan makanan-makanan yang dingin. Karena itulah masyarakat Tionghoa mencoba untuk memasak kembali nasi yang sudah dingin. Untuk cita rasa dalam nasi agar lebih sedap yang mereka masak tersebut, masyarakat Tionghoa biasanya menambahkan bumbu-bumbu yang ia senangi. Hasil dari masakan tersebut ternyata cukup digemari oleh masyarakat Tionghoa. Dari mulut ke mulut tersebarlah cara yang lebih baik dalam mengolah nasi putih yang sudah dingin dari pada di buang. Cara tersebut juga merupakan cara masyarakat Tionghoa dalam menghindari pemborosan beras.

Fakta Nasi Goreng

Pada saat ini nasi goreng sering digambarkan sebagai sentuhan hidangan asal Indonesia. Padahal nasi itu sendiri sebenarnya merupakan makanan pokok dari masyarakat Cina. untuk saat ini masih belum jelas semenjak kapan Indonesia mulai mengadopsi nasi goreng Cina ini dan kemudian membuatnya dengan cara atau versi mereka sendiri.

Pengaruh Cina pada masakan Indonesia sejatinya dapat dilihat pada mie goreng yang muncul bersamaan dengan sebuah teknik menumis yang hanya dapat dilakukan dengan menggunakan wajan Cina.

Perdagangan antara cina dan kepulauan Indonesia mulai berkembang dari era kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke-10 dan sudah intensif pada era kerajaan Majapahit sekitar abad ke-15. Ketika itu imigran Cina mulai menetap di nusantara, dan membawa budaya serta masakan mereka.

Seperti yang sudah dibahas tadi, orang-orang Cina biasanya lebih menyukai makanan yang baru dimasak atau makanan yang panas. Dan dalam budaya mereka suatu hal yang tabu jika membuang makanan yang sudah melalui proses memasak.

Akibatnya, nasi sisa hari sebelumnya sering di masak kembali di pagi hari. Sebelumnya, masyarakat Indonesia mungkin hanya menjemur nasi sisa untuk membuat makan tradisioal Intip atau Rengginang, bisa juga beras yang telah dikeringkan digiling untuk membuat tepung beras.

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

Bahan – bahan Yang Dibutuhkan Untuk Nasi Goreng Jawa Spesial Enak dan Mantap :
  • resep masakan nasi ini perlu nasi putih yang bagus. untuk takaran kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan menggunakan bahan lain dan sebaiknya jangan menggunakan nasi yang lembek.
  • Lebih bagus gunakan nasi yang sedikit pera atau sedikit keras supaya hasilnya maksimal  dan mantap.
  • Daging ayam kurang lebih 1-2 potong. Rebus dulu untuk daging sampai matang lalu goreng sampai matang dan iris iris daging ayam kecil kecil.
  • Gunakan Garam dapur yang beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih satu sendok kecil saja.
  • Sayuran kol yang segar sebanyak 3 lembaran besar. Cuci bersih lalu iris kecil kecil tapi sesuai selera juga.
  • Daun bawang yang masih segar kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu potong iris kecil kecil.
  • Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2-3 butir.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 3/4 sendok makan saja.
  • Kecap manis kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok makan saja.
  • Kemiri yang sebelumnya sudah dihancurkan sebelumnya kurang lebih sebanyak 2 butir saja untuk bumbu tumis.
  • Ebi yang sudah disangrai supaya resep nasi gorengnya lebih sedap kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  • Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 butir. Kupas kulitnya lalu potong kecil suapay mudah saat mau dihaluskan.
  • Buah cabai merah besar segar kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Cuci bersih lalu iris iris supaya mudah saat dihaluskan dengan bumbu lain.
  • Siapkan cabai merah keriting sesuai selera saja kurang lebih sebanyak 3-4 pcs. Cuci bersih lalu iris iris untuk dihaluskan.
  • Merica bubuk halus kurang lebih setengah sendok teh. Bisa dikurangi kalau tidak suka pedas.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Kupas kulitnya lalu potong kecil kecil suapya mudah saat dihaluskan nanti.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu nasi gorengnya.
  • Irisan bawang merah goreng untuk taburan diatas nasi goreng jawanya secukupnya.
  • Beberapa potong buat mentimun segar yang sudah di potong potong untuk bahan pelengkap.
  • Acar secukupnya untuk bahan pelengkap.
  • Beberapa irisan tomat merah segar sebagai hiasan supaya tampilannya lebih menarik dan agar segar.
Cara Membuat Nasi Goreng Jawa dengan Bumbu :
  1. Langkah pertama adalah menghaluskan cabai merah, cabai keriting, kemiri, ebi sangrai, bawang putih, merica dan bawang merah sampai benar benar halus.
  2. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya lalu masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan diatas sambil sesekali diaduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  3. Setelah  sudah matang sisihkan bumbu tumisannya pada pinggir wajan lalu masukkan sedikit minyak goreng.
  4. Masukkan 2 butir telur ayamnya dan aduk aduk di dalam wajan sampai telurnya matang.
  5. Masukkan nasi putih dingin, garam dapur beryodium dan gula pasirnya lalu aduk aduk bersama dengan bumbu tumis dan telurnya sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  6. Tambahkan juga kecap manis lalu aduk aduk kembali sampai bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan pada nasi.
  7. Masukkan daging ayamnya, potongan kol dan daun bawangnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Cicipi terlebih dahulu dan kalau perlu tambahkan garam dan kecpa manisnya lalu masak sambil diaduk aduk sampai matang.
  9. Sesudah selesai dan matang masukkan ke dalam piring sajian dan tambahkan beberapa irisan tomat, mentimun, acar dan taburkan bawang merah gorengnya lalu siap disajikan untuk semua anggota keluarga.

Mudah bukan… membuat nasi goreng jawa ini cocok disantap bersama keluarga ditemani nasi dan sambal sebagai pelengkap akan menambah kehangatan Anda bersantap bersama orang-orang terkasih. Monggo dicoba.