Masak Mie Goreng Jawa Yang Enak Dan Spesial Bisa Kalian Coba

mie goreng jawa

Selalu ada makanan yang dikangeni setelah pulang dari Jogja. Salah satunya adalah mie goreng. Agar terobati, inilah resep mie goreng Jawa spesial yang bisa kamu coba di rumah.

Kalau ke Jogja, pasti aku tidak pernah melewatkan masakan-masakan tradisionalnya. Salah satunya yaitu bakmi Jawa yang biasa digodog maupun digoreng. Karena sukses dalam mencobanya di rumah masing – masing, kini waktunya berbagi resep mie goreng Jawa spesial untuk kamu-kamu semua.

Ada satu dedikasi keren yang aku perhatikan dari berbagai gagrak bakmi Jawa yang ada di kota Jogja. Karena setiap ke sana Wina selalu menyempatkan mencoba yang berbeda-beda, beberapa di antaranya memang dimasak sendiri oleh para pemiliknya langsung.

Uniknya, para pemiliknya yang sudah berpuluh-puluh tahun memasak masakan tradisional ini justru sengaja menguji kesabaran pembelinya.Bagaimana tidak? Untuk orang Jogja sendiri mungkin banyak yang sudah paham, tapi bisa jadi banyak wisatawan juga yang tidak.

Seperti beberapa restoran Chinese food yang legendaris, kokinya memang tidak akan memasak langsung dalam jumlah banyak. Ia sengaja memasak porsi demi porsi, bahkan untuk satu keluarga yang memesan hal yang sama sekaligus.

Tujuannya adalah supaya cita rasa makanan yang mereka masak  nanti selalu konsisten. Kalau aku sedikit hiperbolis di sini, adanya deviasi bumbu sepersekian miligram saja maka semuanya langsung berubah sepertinya.

Acungan jempol justru kuberikan untuk para pedagang kaki lima yang puluhan tahun telah berdagang namun kualitasnya tetap jempolan. Bahkan banyak yang sengaja mengantri lama atau melakukan perjalanan jauh hanya karena alasan ini lho!

Setidaknya itulah yang mereka ajarkan untuk anak muda seperti aku ini supaya memasak dengan rasa cinta ketimbang masak tanpa tujuan.Sekarang waktunya kita memasak resep mie goreng Jawa spesial ini. Di resep ini aku sengaja tambahkan bakso dan udang di mana lazimnya menggunakan ayam suwir.

Resep mie goreng Jawa

umumnya dibuat dari mie telur yang diberi sayuran berupa sawi hijau, daun bawang, dan kol. Biasanya mie ini diberi telur yang diorak-arik, ayam suwir, dan bakso. Terkadang ada juga yang menambahkan udang.

Dalam resep berikut ini, saya menambahkan wortel supaya kelihatan spesial. Selain itu semakin lengkap sayurannya tentu semakin lengkap vitamin dan mineralnya. Lagipula, sepertinya mie goreng terlihat lebih gaya kalau ada warna merahnya. Berhubung sedang tidak ada udang, kali ini saya hanya menggunakan telur, suwiran dada ayam dan bakso. Rasa udangnya dari ebi saja, jadi menggunakan ebinya agak dibanyakin.

Sedangkan bumbunya yang umum adalah bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kemiri yang dihaluskan, lalu diberi kecap manis. Mie gorengnya memang tidak pedas ya teman-teman. Kalau teman-teman ingin rasanya pedas, bisa menikmatinya dengan cabai rawit utuh yang disediakan dalam piring kecil secara terpisah, atau cabai rawitnya diiris tipis sebagai taburan.

Mie goreng Jawa biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan acar mentimun. Bila tak ada acar mentimun, bisa diganti dengan irisan timun dan tomat segar saja yang lebih praktis.

Ya, di situlah salah satu alasan spesialnya. Sisanya mudah kok sebetulnya, yang penting kamu memasak semuanya hingga matang dan semua bumbu tercampur merata. Kalau kebetulan di rumah ada kompor anglo tradisional, boleh juga loh mengetes kemampuan kamu memasak dengan arang. Tapi untuk buka puasa hari ini, cukuplah yang praktis dulu. Jangan lupa coba resep-resep lainnya dariku ya!

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

  • 1 mie kering
  • 1 butir telur
  • Sawi dan kol
  • 2 buah sosis
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah kemiri berukuran kecil
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • Lada
  • Garam
  • Bawang goreng

Cara Membuat Mie Goreng Jawa:

  1. Pertama, rebuslah mie kering sampai matang dan lunak. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, tumislah bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, garam, gula, lada, dan kemiri. Tambahkan juga daun bawang. Tumis semua bumbu sampai aromanya harum. Masukkan sosis ke dalamnya dan beri sedikit air.
  3. Berikan juga saus, garam, kecap manis, penyedap, lalu kemudian masukkan sayur serta mie juga sudah direbus. Aduklah sampai rata dan masukkan kocokan telur. Aduk lagi sampai telurnya juga tercampur merata. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring secara menarik. taburkan bawang goreng dia atasnya.

Itulah ulasan seputar tentang masak mie goreng jawa yang bisa kalian coba sendiri dirumah. Selamat mencoba dan Semoga beruntung.