7 Makanan dari Kelapa Parut Gurihnya Bikin Ketagihan

makanan dari kelapa parut

Sebagai salah satu negara beriklim tropis, pohon kelapa tumbuh subur sepanjang tahun di berbagai wilayah di Indonesia. Makanan dari kelapa parut sendiri dikenal sebagai pohon serba guna.

Buah kelapa merupakan bagian paling bernilai ekonomis. Buah kelapa yang muda bisa kamu nikmati secara langsung menjadi es kelapa muda yang menyegarkan.

Apalagi jika dikonsumsi di tengah terik matahari atau saat berada di pantai. Tidak hanya es kelapa muda saja, sudah banyak dengan jenis kuliner Indonesia yang juga menggunakan kelapa sebagai bahan campuran.

Tidak sedikit pula kue khas Tanah Air yang bisa  menggunakan kelapa parut sebagai bahan dasar pembuatannya.

Beberapa Makanan dari Kelapa Parut

1. Kue Pancong

Kue pancong adalah kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar.

Dengan  nama bandros dan gandos ini dicetak dalam sebuah cetakan yang berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar di atas api hingga matang.

Biasanya kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis supaya rasanya enak.

2. Kue Rangi

Dengan kue yang juga khas Betawi ini sekilas memiliki tampilan yang mirip dengan kue pancong.

Akan tetapi sebenarnya ini keduanya merupakan kue yang berbeda, meski sama-sama menggunakan kelapa parut dalam adonannya.

Kue ini dinamakan juga kue rangi karena aromanya yang sangat wangi saat dibakar.

3. Gemblong

Kue ini menjadi jajanan pasar dari favorit banyak orang ini terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut setengah tua.

Adonan gemblong ini hingga kalis lalu dibentuk seperti bola, kemudian digoreng lalu dilapisi dengan gula merah atau gula aren yang sudah dilarutkan.

4. Wingko Babat

Kue ini kerap dijadikan oleh-oleh ini terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan dan gula pasir.

Setelah semua adonan dicampur rata, wingko babat dibentuk bulat pipih lalu dibakar atau dipanggang hingga matang.

Kelapa parut yang harus digunakan untuk wingko harus menggunakan kelapa muda agar tekstur wingko babat tetap empuk meski sudah dingin.

5. Makanan dari Kelapa Parut Kue Sagon

Kue yang biasanya dijadikan kue khas lebaran ini dibuat dari tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, gula pasir, margarin dan vanili. Rasa kue  ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

Uniknya, meski dari luar tekstur kue sagon terlihat keras dan padat, namun saat digigit teksturnya sangat lembut. Aroma wanginya pun sangat menggoda.

6. Makanan dari Kelapa Parut Kue Putu

Dengan kue yang satu ini mempunyai ciri khas berupa bunyi nyaring seperti peluit. Kue putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan garam dan kelapa parut.

Cara membuat kue ini sangat unik yaitu dengan dikukus dalam wadah bambu yang kemudian akan dimasukkan gula merah, kemudian ditutup dengan sisa adonan dan dikukus  lagi hingga matang.

Setelah matang, umumnya kue putu akan disajikan dengan taburi kelapa parut.

7. Geplak

Kue khas dari Yogyakarta ini menggunakan kelapa parut sebagai bahan utamanya.

Kemudian dicampur dengan tepung beras dan gula pasir atau gula Jawa. Biasanya geplak memiliki tiga warna yakni hijau, merah muda, dan putih.

Dengan warna yang beraneka ragam serta rasa manis dan gurihnya membuat geplak sering dijadikan sebagai oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Oke sobat demikian adalah artikel tentang makanan dari kelapa parut dengan berbagai kreasi .

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan kalian bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencobanya semoga berhasil.