Kegunaan Minyak Serai Wangi di Kehidupan Sehari hari

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang kegunaan minyak serai wangi berikut artikelnya selamat membaca!

Berikut Kegunaan Minyak Serai Wangi

Tumbuhan sereh wangi adalah tumbuhan yang menghasilkan atsiri dan mempunyai peranan penting untuk kesehatan serta mengatasi berbagai penyakit. Sereh wangi mempunyai nama setiap daerah seperti hisa-hisa di Ambon, Sere di Jawa, Sare di Makassar dan juga See di Ambon.

Ada banyak sekali manfaat sereh wangi yang seringkali dipergunakan sebagai untuk alternatif mengatasi berbagai penyakit dari yang ringan dan juga berat. Tumbuhan sereh wangi ini biasa tumbuh di beberapa daerah indonesia seperti Bandung, palembang, Tasikmalaya, Solo, dan daerah daerah yang lainnya.

Kandungan Minyak Serai Wangi

Di dalam tumbuhan sereh wangi ini mempunyai berbagai kandungan seperti borneol, sitronelal, erpinol, terpinen -4-ol, a-terpineol, farnesol, geraniol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, dan beberapa kandungan lainnya.

Kegunaan Minyak Serai Wangi

Bagian bagian yang biasanya selalu digunakan dalam tumbuhan sereh wangi ialah bagian akar yang berguna untuk peluruh keringat, kumur, obat batu dan lain sebagainya. Pada bagian daun berguna untuk menambah nafsu makan, meredakan kejang, menurunkan panas, mengeluarkan angin di area perut dan beberapa kegunaan lainnya. Untuk lebih jelasnya, akan saya jelaskan satu persatu berikut ini.

1.Mengusir Serangga

Sereh wangi mempunyai kandungan yang mampu mengusir serangga dan sudah masuk dalam daftar sebagai obat pengusir serangga di Amerika Serikat sejak lama.Contoh serangga yang bisa diatasi dengan sereh wangi ini antara lain ialah nyamuk aedes aegypti sebagai penyebar penyakit demam berdarah. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan minyak sereh wangi pada tubuh setiap 1 jam sekali.

2.Meredakan Nyeri

Ekstrak sereh wangi yang terbuat sebagai minyak juga bermanfaat untuk pengobatan artritis secara alami dan juga bisa mengatasi rasa nyeri di berbagai bagian tubuh. Cara penggunaannya ialah dengan  cara mencampur beberapa tetes minyak sereh wangi dengan minyak kelapa yang dilarutkan bersama air hangat sebagai perendam anggota tubuh yang terserang nyeri.

tumbuhan serai wangi

3.Mengurangi Stress

Sereh wangi juga bermanfaat mampu meredakan stress dan menenangkan pikiran kalian. Tidak hanya itu kandungan di dalam sereh wangi akan membantu tidur lebih nyenyak. Cara menggunakannya adalah kalian bisa dioleskan langsung ke bagian tubuh sebagai obat pijat atau disemprotkan pada tempat tidur.

4.Memperbaiki Kinerja Pencernaan

Sereh wangi bermanfaat mampu mencegah tumbuhnya bakteri di dalam saluran pencernaan dan juga dapat membantu proses penyembuhan luka dan sakit lebih cepat. Ekstrak sereh wangi yang terbuat dari minyak sangat baik dalam membunuh organisme seperti cacing dan parasit dalam usus besar serta usus kecil. Kalian bisa meminum sedikit minyak sereh wangi untuk mencegah infeks pada usus, dan membuat perlindungan pada saluran pencernaan.

5.Memperlancar Detoksifikasi

Sereh wangi mempunyai sifat sebagai agen diaphoretic yang terbilang sama dengan merangsang keringat dan juga agen diuretic atau yang dikenal dengan merangsang kemih. Sereh wangi ini akan mempermudah memperlancar pembuangan racun di dalam tubuh lewat urin dan keringat dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak sereh wangi dengan madu dan juga lemon yang dicampurkan dengan air hangat.

6.Pengharum Alami

Aroma menyegarkan yang dihasilkan dari sereh wangi ini mempunyai keharuman seperti lemon yang seringkali dipergunakan untuk bahan dasar membuat dupa, parfum, sabun dan juga lilin serta kosmetik. Berbagai bau yang tidak sedap di rumah seperti lemari es, pencuci piring dan mesin cuci bisa dihilangkan menggunakan minyak sereh wangi dengan air yang disemprotkan pada peralatan rumah tangga yang bau.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai manfaat manfaat sereh wangi yang dapat kita praktekan dikehidupan sehari hari semoga informasi tersebut berguna buat kalian sekian terimakasih.