Macam macam Kegunaan minyak Essential

minyak essential

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang kegunaan minyak essential berikut artikelnya selamat membaca!

Manfaat Kegunaan Minyak Essential Oil Lavender

 

Minyak esensial atau juga disebut minyak essential merupakan senyawa yang mempunyai aroma khas dan mudah menguap. Minyak ini diperoleh dari hasil ekstraksi akar, batang, kayu, bunga, biji, atau bagian tumbuhan lainnya.

Hasil ekstraksi ini mempunyai khasiat yang banyak, kita mengenalnya sebagai kegunaan minyak essential.

Salah satu minyak atsiri atau essential oil yang dikenal ialah lavender. Manfaat essential oil satu ini bahkan bisa dilihat dalam berbagai macam produk wewangian. Misalnya pewangi pakaian, pewangi lantai, ruangan, dan bisa digunakan sebagai parfum.

Kegunaan minyak atsiri / manfaat essential oil lavender

Lavender dikenal dengan aromanya yang wangi dan khas. Akan tetapi, bukan berarti tumbuhan ini tak mempunyai fungsi lain. Masih banyak banget manfaat lavender yang perlu kita tahui

Berikut beberapa manfaat essential oil lavender:

1. Mengatasi masalah susah tidur dengan minyak lavender

Aroma lavender memang terkenal menenangkan. Sebagai aroma terapi, lavender ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk bahan yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah susah tidur.

Anda bisa menyiapkan sempotran dari lavender. Yang berisi adalah beberapa tetes essential oil lavender dengan air suling.

Semprotkan pada bantal atau langsung balurkan ke tubuh agar dapat cepat tidur dan mendapatkan tidur yang, nyenyak, dan tenang.

Atau jika memang kalian merasa ribet kalau harus membuat campuran semprotan ini sendiri. kalian bisa membeli produk semprotan lavender yang sudah siap dan memang untuk membuat tidur lebih tenang dan nyenyak.

2. Kegunaan essential oil sebagai pengharum kamar mandi

Kamar mandi ialah tempat di mana kuman-kuman berkumpul. Bau pesing atau semacamnya akan sering tercium dari ruangan ini.

Akan sangat mengganggu jika ini dibiarkan terus. Karena bisa menular ke ruangan yang lain jika tidak segera diatasi.

Salah satu cara sederhana untuk mempunyai kamar mandi yang wangi ialah dengan mengaplikasikan manfaat essential oil lavender. Kalian cukup menyiapkan minyak tetesnya dan handuk .

Tetesi handuk kecil tersebut menggunkan minyak aroma terapi lavender kemudian gantungakan di kamar mandi. Kegunaan minyak atsiri sebagai aroma terapi pun akan semerbak dalam ruangan kalian.

minyak essential

3. Kegunaan minyak essential lavender untuk mengatasi masalah ketombe

Salah satu manfaat lavender yang tidak berhubungan dengan aroma ialah kemampuannya sebagai peluruh ketombe.

Hal ini dikarenakan lavender mengandung anti jamur yang efektif membantu mengurangi ketombe. Bagaimana cara memanfaatkannya?

Cara  memanfaatkan essential oil lavender untuk rambut ini cukup ada 2, yaitu:

1.Campurkan minyak esensial ke dalam air suling dan vinegar. Pakai larutan ini seperti saat membilas rambut. Lakukan car aini secara perlahan.

 

2.Anda juga bisa mencampurkan lavender dengan macam-macam essential oil dan fungsinya seperti bergamot, rosemary, tea tree, cedarwood, dll. Kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut. Setelah itu tutup menggunakan handuk hangat yang lembab. Diamkan selama kurang lebih 1 jam. Jika selama menunggu handuknya dingin, bisa dihangatkan kembali.

Cara lainnya yang bisa kalian coba jika kurang maksimal ialah menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe.

 

4. Mengusir nyamuk dan serangga lain

Nyamuk ialah salah satu serangga yang menjengkelkan. Sudah pakai kipas angin, masih saja ada berkeliaran. Pakai yang elektrik tidak bisa bertahan lama. Pakai yang bakar tidak cocok untuk anak2.

Nah, minyak lavender bisa digunakan untuk  obat nyamuk alami lho. Caranya adalah:

  1. Siapkan botol spray ukuran 100 ml.
  2. Siapkan minyak esensialnya.
  3. Air suling.

Campurkan sebanyak 20 tetes minyak lavender ke dalam air suling. Lalu kocok hingga tercampur rata. Semprotan ini siap untuk digunakan untuk mengusir nyamuk.

Selain nyamuk, kegunaan minyak atsiri dalam bentuk semprotan ini ialah bisa dipakai untuk mengusir serangga lainnya.

5. Spray anti bakteri

Sering keluar rumah, main dan makan di luar?

Tentu kalian butuh anti bakteri yang dapat dipakai setiap saat. Karena kita tidak tahu bakteri apa yang digunakan di fasilitas umum. Bekas dipakai apa dan apa saja kuman yang ada di sana.

Agar tetap terjaga, kalian bisa membuat semprotan dari manfaat minyak lavender. Yaitu dengan mencampurkan air sebanyak 700 ml, cuka apel 120 ml, dengan 20 tetes minyak essential.

Kocok campuran ini hingga benar-benar tercampur rata. Semprotan yang kaya manfaat essential oil lavender siap dipakai.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai kegunaan minyak essensial semoga informasi tersebut berguna bagi kalian sekian terimakasih.