Macam Macam Kayu Jati yang Wajib Kamu Ketahui!

macam macam kayu kati - pohon jati

Pada artikel ini saya akan membahas tentang macam macam kayu jati di Indonesia. Sebagian dari kalian pasti sudah tahu jenis kayu jati. Kayu ini menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat furniture yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Namun, tahukah kamu bahwa kayu jati mempunyai beberapa jenis kayu yang berbeda? Setidaknya ada 3 jenis macam macam kayu jati yang sering digunakan pada umumnya dan tentu saja mempunyai karakter dan tekstur yang berbeda. Jika kamu penasaran, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

 

Wajib Tahu Macam Macam Kayu Jati

macam macam kayu jati - kayu jati

1.  Macam Macam Kayu Jati Perhutani

Kayu Jati Perhutani (TPK) bisa dibilang bahwa ini merupakan jenis kayu jati yang paling spesial dan istimewa karena dirawat langsung oleh Dinas Perhutani. Jati Perhutani memerlukan waktu pertumbuhan yang sangat lama mulai dari 20 tahun hingga ratusan tahun. Setiap penebangan kayu jati perhutani harus melalui proses seleksi dahulu untuk memastikan kayu sudah memenuhi standar sesuai perum perhutani.

Kelebihan Kayu Perhutani

  • Memiliki serat kayu yang sangat padat

  • Kayu jati perhutani sangat awet dan kuat dibandingkan jenis kayu jati lainnya.

  • Memiliki tekstur dan warna yang bagus dan lebih hidup

  • Batang kayu lurus dan mempunyai diameter yang besar

  • Mengandung banyak minyak alami

  • Memiliki kualitas yang terkontrol dan terjaga

Kekurangan Kayu Perhutani

  • Karena kualitasnya yang sangat baik dibandingkan kayu jati lainnya membuat kayu jati perhutani mempunyai harga yang mahal.

 

2.  Kayu Jati Emas

Kayu jati emas merupakan kayu jati yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Pohon kayu jati emas ini memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan kayu jati jenis lainnya. Pohon jati emas dapat tumbuh besar dan siap untuk ditebang hanya dalam kurun waktu 7 hingga 15 tahun. Dengan usia tersebut kayu jati emas sudah siap untuk dijadikan furniture seperti meja, buffet, kursi, almari, bed frame dan lainnya. Hanya saja kayu jati emas mempunyai pori-pori yang sedikit lebih besar.

Kelebihan Kayu Jati Emas

  • Kayu jati emas memiliki batang dan ranting yang lurus

  • Harganya lebih murah dibandingkan kayu Jati Perhutani

Kekurangan Kayu Jati Emas

  • Banyak terdapat gubal (bagian kayu yang bercekung-cekung) biasanya sering terdapat pada bagian pangkal pohon jati, sehingga saat pemotongan biasanya kayu jati emas tidak dipotong sampai bagian pangkal paling bawah, namun hanya sebatas bagian yang masih bisa dimanfaatkan.

  • Kayu jati emas tingkat keawetannya berada di tingkat sedang dibangdingkan kayu jati jenis lainnya.

  • Kadar air cukup tinggi.

 

3.  Kayu Jati Rakyat

Sebagian besar kayu jati rakyat memiliki batang yang bengkok, dan dari segi pertumbuhanya kayu jati rakyat memiliki masa pertumbuhan lebih lama dari pada jenis kayu jati emas. Kayu jati rakyat dapat ditebang dan digunakan untuk produksi meubel mulai dari umur 15 hingga 25 tahun, Namun dengan lamanya proses pertumbuh tersebut, menjadikan pori-pori pada kayu jati rakyat lebih padat dibandingkan kayu jati emas. Dan gubal pada kayu jati rakyat biasanya lebih sedikit dibandingkan kayu jati emas.

Kelebihan Kayu Jati Rakyat

  • Harganya lebih murah dibandingkan jenis kayu jati lainnya

Kekurangan Kayu Jati Rakyat

  • Memiliki gubal dan kadar air yang tinggi

  • Memiliki warna pucat

 

Itulah penjelasan tentang macam macam kayu jati. Kesimpulannya Kayu Jati jenis Perhutani menjadi jenis kayu jati yang paling baik dibandingkan dengan jenis kayu jati yang lain. Namun pada dasarnya kualitas kayu jati sendiri sudah sangat baik jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Kayu jati dapat diolah menggunakan mesin bubut kayu maupun diolah secara manual. Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua, jangan lupa share juga yaa. Sekian, terimakasih.