Macam Macam Jamu Tradisional dan Khasiatnya

macam macam jamu tradisional

Macam-macam jamu tradisional berikut ini dikenal oleh sebagian besar masyarakat indonesia sebagai obat alternatif.

Jamu dibuat dari bahan-bahan alami dan sudah turun temurun diwariskan sebagai obat tradisional khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Obat tradisional ini dipercaya dapat membantu menjaga stamina tubuh bahkan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini macam-macam jamu tradisional dan khasiatnya bagi tubuh.

macam macam jamu tradisional

1. Jamu Beras Kencur | Macam-macam Jamu Tradisional

jamu-beras-kencur
Gambar Jamu Beras Kencur

Sesuai dengan namanya, jamu beras kencur terbuat dari beras dan rimpang kencur. Obat tradisional ini dipercaya memiliki antioksidan tinggi dan memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jamu beras kencur dapat digunakan untuk mengontrol berat bedan dan mencegah diabetes.

Penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa beras kencur mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Jamu Kunir Asam

Tanaman yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Jamu kunyit asam terbuat dari bahan-bahan alami yang sering kita jumpai, yaitu buah asam dan rimpang kunyit.

Warna kuning pada obat tradisional ini disebabkan oleh senyawa kurkumin yang ada dalam kunyit. Senyawa ini diketahui memiliki antioksidan yang tinggi dan bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti kanker.

Obat tradisional yang satu ini dipercaya dapat mengatasi  nyeri saat datang bulan, karena di dalamnya terdapat senyawa curcumenol dan antosianin yang berkhasiat sebagai analgesic atau anti nyeri.

3. Jamu Sinom

Obat tradisional ini hampir mirip dengan jamu kunyit asam. Perbedaannya hanya terdapat pada komposisi daun asam dalam proses pembuatannya.

Jamu sinom memiliki berbagai kandungan antioksidan serta anti inflamasi yang dipercaya bisa meremajakan kulit, mencerahkan kulit, dan meredakan nyeri haid.

4. Jamu Temulawak | Macam-macam Jamu Tradisional

Jamu Temulawak ini dibuat dengan bahan utama rimpang temulawak. Temulawak mengandung beberapa senyawa yang sangat berguna bagi tubuh, misalnya flavonoid, fenol dan kurkumin.

Kandungan antioksidan pada senyawa tersebut dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel pada mukosa lambung akibat radikal bebas.

Obat tradisional berbahan dasar temulawak ini juga bisa dijadikan sebagai pereda mual, sakit perut, pusing dan masuk angin.

5. Jamu Galian Singset

Obat tradisional ini terbuat dari campuran kencur, temu lawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah lainnya.

Jamu galian singset ini dipercaya bisa menjaga berat badan ideal karena mengandung beberapa kandungan antiobesitas dan antidislipidema. Sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

6. Jamu Pahitan

Bahan baku jamu pahitan adalah daun sambiloto. Tambahan lainnya dalam jamu ini cukup bervariasi ada yang sambiloto saja dan ada yang ditambahkan dengan bahan pahit lainnya seperti brotowali dan lainnya.

Seperti namanya jamu pahitan ini dianggap sebagai jamu paling pahit. Jamu pahitan dipercaya berkhasiat untuk penyembuhan penyakit gatal-gatal, sebagai jamu bersih darah, dan anti alergi.

7. Jamu Uyup-Uyup

Obat tradisional uyup-uyup ini terbuat dari bahan dasar kencur, kunyit, lempuyang, temulawak, simbukan, luntas, kunci dan daun pegagan. Jamu uyup-uyup ini dipercaya memiliki khasiat untuk memperlancar ASI.

8. Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih ini berbahan dasar temu kunci dan daun sirih. Obat tradisional ini dipercaya oleh masyarakat umum untuk mengobati keputihan pada wanita.

Menurut penelitian, jamu kunci suruh juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

9. Jamu Kudu Laos | Macam-macam Jamu Tradisional

Jamu yang satu ini terbuat dari campuran buah mengkudu dan lengkuas. Buah mengkudu memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti diabetes, mencegah kanker dan pemulihan sel, serta menjaga kesehatan kulit.

Sedangkan manfaat pada rimpang lengkuas yaitu mendukung kesehatan otak, mencegah kanker, merawat kulit, meredakan batuk dan tenggorokan serta meningkatkan kesuburan pria.

Demikian tadi macam-macam jamu tradisional dan khasiatnya bagi tubuh kita. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Tukang Review.

Bila Anda tertarik untuk memulai berbisnis obat tradisional ini, Grosir Mesin menyediakan Mesin Penggiling Jamu tentunya dengan kualitas yang bagus dan harga yang menarik.