Kreasi Dari Limbah Plastik Yang Unik dan Lucu Memiliki Nilai Jual

Kreasi Dari Limbah Plastik

Assalamuā€™alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi Kreasi Dari Limbah Plastik Yang Unik dan Lucu Memiliki Nilai Jual.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Punya barang bekas yang menumpuk di rumah? Jangan langsung dibuang guys sebab kamu bisa menyulap barang tidak terpakai ini menjadi kerajinan daur ulang yang unik. Simak saja inspirasi kerajinan daur ulang dari barang bekas ini ya guys

Manfaat Membuat Kreasi Dari Limbah Plastik

Banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari dari pengolahan kerajinan tangan ini, contohnya fungsi hias dan fungsi pakai. Fungsi pakai yaitu memanfaatkan kembali barang bekas menjadi kerajinan sehingga memiliki keindahan yang menarik, sedangkan fungsi hias lebih terarah seperti keunggulan pemakaiannya.

Kerajinan daur ulang ini juga dapat dipelajari oleh setiap orang, contohnya kerajinan miniatur, patung, lukisan, dll. banyak sekali manfaat yang kamu dapat ambil ketika membuat karya kerajinan tangan, diantaranya adalah:

  • Mengisi waktu luang sehingga lebih produktif ketimbang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.
  • Melatih kecerdasan inovasi dan kreatifitas karena karya tidak langsung bisa dikerjakan, tapi perlu banyak latihan.
  • Memberi rasa kesabaran disebabkan dibutuhkan ketelitian agar menghasilkan karya yang menarik dilihat.
  • Menghemat pengeluaran dan tentunya akan memberikan kesan tersendiri karena pembuatannya murni dari kalian, tidak dibeli di toko manapun.
  • Membuat lapangan bisnis oleh hasil karya tangan ini sangat bisa mendapat nilai jual yang cukup besar.
  • Melatih anak-anak untuk mengikuti aturan sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
  • mengasah kemampuan otak motorik anak-anak karena perancangan dan karya yang dibuat memanfaatkan tangan dan mata.
  • membentuk rasa percaya diri untuk membuat sebuah kerajinan dengan tangan sendiri.

Lampu Gantung Dari Plastik Bekas

kreasi dari limbah plastik

Pasti ada dari kalian bertanya-tanya, bagaimana sih mengolah lampu gantung dari bekas plastik? Nah, tidak perlu khawatir karena membuat lampu gantung ini tidak terlalu rumit seperti yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya.

Selanjutnya, siapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, seperti plastikbekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, dan cat semprot. Berikut cara membuatnya :

  1. plastik di potong dengan diameter 60 cm dan lebar 21 cm.
  2. Cat permukaan plastik dengan warna putih pada satu sisi dan permukaan ini dijadikan warna dalam agar cahaya lampu dapat terang.
  3. Lipat plastik menjadi segilima dan jangan lupa bahwa permukaan yang dicat putih tadi adalah bagian dalam, sedangkan sisi luar masih warna plastik asli.
  4. Kemudian, bekas plastik dipotong-potong menjadi kecil-kecil dengan cara plastik dibentangkan.
  5. lipatlah plastikĀ  membentuk segilima menggunakan lem supaya lipatan tidak rusak lagi.
  6. Potongan plastik lalu disusun kembali dengan posisi berlawanan dari satu plastik ke plastik lainnya menggunakan lem agar merekat.
  7. Buat kembali lembaran plastik menjadi bentuk segilima sebagai tempat meletakkan lampu.
  8. Di bagian tengah plastik yang berbentuk segilima tersebut, buatlah lubang kemudian pasang tempat untuk lampu dan kabelnya.
  9. Gabungkan kembali lembaran plastik yang berbentuk segilima dengan potongan plastik yang telah dipotong sebelumnya.
  10. Lampu hias sudah selesai. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau teras rumah.

Gimana, Guys? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa Kreasi Dari Limbah Plastik Yang Unik dan Lucu Memiliki Nilai Jual yang bisa kamu coba buat di rumah.

Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!