Kerajinan dari Plastik Kopi Meningkatkan Kreatifitas Kita

kerajinan dari plastik kopi

Kerajinan dari Plastik Kopi – Banyak sekali orang ketika menikmati waktu senggang maupun sibuknya menyempatkan untuk menikmati secangkir kopi hitam, meskipun itu kopi hasil dari panennya sendiri atau dari beli diwarung terdekat. Tak sedikit sampah bungkus kopi yang terbuang begitu saja tanpa ada yang mengira bisa menjadi sesuatu yang menarik.

Sepintas sampah bungkus kopi tersebut tidak bernilai bagi kebanyakan orang, namun banyak lho, jika kita sedikit membuka batin imajinasi kita untuk berkreasi dengan bungkus kopi yang tak ada harganya tersebut.

Namun bagi mereka yang mengerti dan peduli terhadap lingkungan, sampah ini akan menjadi sesuatu yaang bermanfaat dengan didaur ulang menjadi tas, dompet, gelang, pakaian dan lainnya. Setidaknya untuk mengurangi volume sampah plus menanamkan program Go Green dimulai dari diri sendiri.

Kerajinan Tas dari Plastik Kopi ABC

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  • Bungkus kopi ABC
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum benang
  • Kain furing
  • Resleting

Cara Membuat Tas dari Plastik Kopi ABC:

  1. Agar tas tetap awet bersih dan tidak berjamur, maka dari itu, seluruh sampah plastik dari bungkus kopi terlebih dahulu dibersihkan. Bersihkan sampai seluruh bagian bungkus kopi tidak memiliki sisa kotoran atau kopi. Selanjutnya lakukan pengeringan, keringkan dengan dilap atau dijemur. Tunggu sampai bahan benar-benar kering.
  2. Setelah seluruh bungkus kopi bersih dan kering, gunting menjadi dua bagian. Hal tersebut untuk memudahkan pada proses pembentukan anyaman yang akan dilakukan. Sehingga satu bungkus kopi akan menjadi dua bungkus bagian setelah digunting.
  3. Lipat bungkus kopi dengan salah satu ujung dari sisi bungkus kopi bisa dilakukan pelipatan ke arah dalam. Panjang lipatan yang dibentuk kira-kira sekitar 1 cm.
  4. Selanjutnya, anyam setiap bungkus kopi yang telah dilipat dengan rapi. Anyam bungkus kopi tadi dengan membentuk seperti ketupat.
  5. Jika seluruh anyaman yang dibentuk dirasa cukup dan sudah pas untuk membuat tas, selanjutnya dapat dibentuk menjadi tas yang diinginkan. Tambahkan keindahan, pada bagian dalam tas lapisi dengan kain furing yang telah dipersiapkan.
  6. Berikan tali sebagai pegangan pada tas yang akan dibuat. Tali tersebut bisa dibuat sendiri dengan bahan plastik bekas kopi, atau juga bisa menggunakan tali bekas yang tas yang sudah tidak terpakai.
  7. Terakhir pasang risleting sebagai penutup bagian atas tas. Selain, risleting bisa menggunkan kancing baju. Risleting atau kancing berfungsi juga menambah nilai seni dan nilai keterhunaan dari tas yang dibuat.

Tips Tas dari Plastik Kopi

Adapun tips dan trik lain dalam pembuatan tas agar lebih cantik dan awet anda bisa simak ulasan berikut ini:

  • Anda bisa menambahkan pernak pernik seperti bros bunga atau rajutan pernik lainnya yang juga terbuat dari sisa potongan bungkus kopi.
  • Urutan dalam pembuatan tas dari Indobag mungkin agak membingungkan, jadi cobalah membuka nalar fikiran anda untuk membuat anyaman bungkus kopi yang baik seperti apa.
  • Jika sudah mahir dengan pembuatan tas maka selanjutnya anda juga bisa mengkombinasikan tas yang bolong atau membuat tas trobosan baru tas kulit dengan variasi anyaman dari bungkus kopi.
  • Selain itu kita juga tidak perlu peduli dengan warna yang monoton. Contoh: Tidak semua harus menggunakan bahan dari bungkus kopi luwak, karena bisa menggunakan variasi warna dengan bungkus kopi ABC yang memiliki warna berbeda, tinggal kita sesuaikan letak posisi warnanya.

Bungkus kopi merupakan sampah plastik bisa dibuat berbagai macam kerajinan yang mempunyai manfaat yang banyak. Selain, bungkus kopi sampah plastik lain juga bisa dibuat kerajinan yang sama – sama mempunyai manfaat sendiri.

Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan Tas dari Plastik, Mengurangi Limbah Plastik!!!. Jika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Sampah plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.