5 Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil Muda yang Tidak Boleh di Sepelehkan

kelapa muda untuk ibu hamil muda

Air kelapa muda untuk ibu hamil, tentunya banyak yang tidak mengetahui jika kelapa muda bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tak terkecuali ibu hamil muda, karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dikalangan masyarakat dipercaya bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa muda akan membuat kulit bayi putih dan bayi lahir dalam kondisi bersih.

Selain itu mitos lain yang beredar, air kelapa juga bisa membuat rambut bayi lebat dan hitam. Namun, semua itu jelas belum terbukti ilmiah. Faktanya, warna kulit dan rambut sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik.

Ada baiknya kita simak manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil muda berikut agar kita bisa mengkonsumsinya secara teratur :

Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil Muda

1.Ibu Hamil Muda dapat Terhindar dari Dehidrasi

Ibu hamil memang mudah sekali haus. Meskipun cuaca tidak terlalu panas, tetapi keringat selalu saja muncul, jadi ibu muda  hamil mudah sekali kepanasan. Apalagi jika sedang mual dan harus bolak-balik kamar mandi.

Kandungan elektrolit air kelapa bisa mengganti cairan tubuh secara cepat, sehingga dapat terhindar dari dehidrasi.

Selain itu kerkandung  garam alami dalam air kelapa, seperti kalium, natrium, dan klorida yang berfungsi menggantikan kadar garam alami dalam tubuh agar tidak mudah lelah.

2. Sebagai Antioksi Dan Elektrolit pada Ibu Hamil Muda

Hamil muda identik dengan morning sickness. Hampir semua perempuan yang sedang hamil trimester ke-1 sangat mudah merasakan mual dan muntah. Rasanya, makan ini salah, minum itu salah.

Meski mual muntah saat hamil muda adalah hal wajar, jangan sampai tubuh  kekurangan cairan karenanya. Selain minum air putih, air kelapa juga berfungsi sebagai sumber elektrolit guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Kandungan antioksidan dalam air kelapa juga bagus untuk menangkal radikal bebas menyusup dalam tubuh. Jadi, sekalipun morning sickness kerap datang dan pergi, tubuh  tetap bisa fit berkat terjaganya asupan elektrolit tubuh.

3. Memperlancar Sirkulasi Darah Ibu Hamil Muda

Jika ibu hamil sering mengeluh tubuh terasa nyeri dan pegal saat hamil? Bisa jadi hal ini disebabkan sistem sirkulasi darah yang kurang optimal.

Risikonya, suplai oksigen ke janin bisa berkurang. Kita bisa mengatasinya dengan minum air kelapa. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa membantu darah di jantung terpompa ke seluruh tubuh.

Selain itu, kalium juga bertugas dalam mendukung pergerakan otot, membantu kerja ginjal untuk menyaring darah, dan menghantarkan sinyal saraf.

4. Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih tergolong keluhan yang paling sering muncul di kalangan ibu hamil muda. Semua memang tidak lepas dari perubahan hormon dalam tubuh.

Ditambah, rahim juga kian membesar seiring pertambahan usia kehamilan Mama. Kondisi ini jelas memberikan tekanan lebih pada kandung kemih dan membuat tidak nyaman.

Air kelapa rupanya juga bermanfaat sebagai diuretik alami. perempuan  yang tengah hamil muda jadi lebih mudah berkemih dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

5.Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jadi sudah disebutkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan. Bersama kandungan vitamin dan mineral, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ibu hamil muda perlu mengonsumsi air kelapa guna melindungi diri dan janin dari risiko berbagai jenis penyakit. Kandungan asam laurat yang terdapat pada kelapa berfungsi menghasilkan monolaurin, yang bertugas sebagai antibakteri dan antivirus dalam tubuh.

Nah itulah tadi 5 manfaat kelapa muda untuk ibu hamil, tapi tetap perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebih tentunya akan bersifat buruk juga, jadi tetap atur jadwal mengkonsumsi kelapa muda ya, Bisa juga membuat es kelapa muda resepnya ada di cara membuat es kelapa muda,  anda juga bisa membaca resep es kelapa muda original selamat mencoba 🙂