Jenis Jenis Plastik Kemasan Yang Bisa Untuk Makanan Ringan

jenis jenis plastik kemasan

Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan berbagi inovasi tentang jenis jenis plastik untuk kemasan yang  bisa untuk makanan ringan.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Pemilihan jenis plastik kemasansangat berpengaruh pada produk yang dipasarkan, baik pada kualitas maupun tampilan produk. Kemasan produk yang baik akan menarik minat untuk membeli, dan kemasan yang kurang baik membuat pembeli kurang berminat.

Ada baiknya sebelum memilih jenis plastik kemasan kita mengetahui berbagai jenis plastik dari bahan penyusunnya. Berikut ini sekilas tentang bahan penyusun plastik berdasarkan Resin identification code yang berlaku secara internasional.

Pemilihan Jenis Jenis Plastik Kemasan Yang Sesuai Produk

Nah dari penjelasan diatas sekarang kita tau beberapa jenis kemasan plastik yang cocok digunakan untuk membungkus produk makanan ringan. Sekarang tinggal memilih kemasan mana yang sesuai dengan produk makanan ringan yang akan kita jual.

Pemilihan kemasan harus sesuai dengan produk makanan ringan yang akan dikemas. Misal kita ingin mengemas makanan ringan kacang bawang khas Bali untuk didistribusikan diluar pulau kita perlu kemasan vakum. Kemasan vakum akan menjaga produk dari udara sehingga produk terjaga kualitasnya seperti kemasan kopi.

Sekilas Tentang Jenis Jenis Plastik Kemasan

jenis jenis plastik kemasan

 

 

Kode diatas merupakan pembagian jenis plastik perdasarkan kode yang berlaku secara internasional.

1. Jenis Jenis Plastik Kemasan Polyethylene Terephthalate (PET/PETE)

Jenis plastik kemasan ini merupakan plastik kemasan yang dapat bertahan cukup lama, kuat, jernih, ringan,  kedap air dan gas. Plastik kemasan jenis ini aman untuk mengemas makanan maupun miniman dalam suhu rendah. Namun plastik pada suhu diatas 80 derajat akan menyebabkan lunturnya lapisan polimer dan menghasilkan zat penyebab kanker.

2. FHigh Density Polyethylene (HDPE)

Plastik kemasan jenis ini relatif aman terhadap zat kimia. Penggunaanya dapat ditemukan sebagai bahan pengemas kemasan susu, botol detergen, botol obat, botol oli mesin, botol shampoo, dan bahan lainnya. Namun kemasan ini direkomendasikan sebagai kemasan sekali pakai karena seiring waktu akan terjadi pelepasan senyawa antimoni trioksida yang mengancam kesehatan.

3. Polyvinyl Chloride (PVC)

Jenis bahan kemasan ini memiliki sifat cukup kuat dan keras. Namun bahan PVC mengandung komponen berbahaya jadi penggunaannya tidak disarankan untuk menyimpan makanan maupun minuman.

4. Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik kemasan ini bersifat kuat, fleksibel, kedap air, permukaan tidak jernih dan menjadi lunak pada suhu tinggi. jenis Plastik ini tidak berbahaya untuk membungkus makanan dan minuman seperti plastik kopi dll.

5. Polypropylene (PP)

Jenis plastik kemasan dengan bahab PP yang terbaik untuk membungkus makanan dan minuman. Jenis plastik ini mampu mencegah terjadinya reaksi kimia, dan mampu bertahan sampai suhu maksimal 140 derajat celcius.

6. Polystyrene (PS)

Jenis plastik polystyrene atau disebut sterofoam memiliki sifat kaku, buram, terpengaruh lemak dan pelarut. Disarankan menghindari kemasan berbahan sterofoam/polystyrene ini karena bisa menimbulkan kerusakan pada otak, syaraf dan sistem reproduksi.

7. Pilikarbonat (PC)

Plastik kemasan dengan bahan polikarbonat bersifat ringan, tidak mudah pecah, dan jernih. Kemasan dengan bahan ini cukup aman selama tidak ada tanda-tanda kerusakan. Akan tetapi bila kemasanmenunjukkan ada tanda kerusakan walaupun sedikit disarankan untuk tidak digunakan lagi.

Gimana, Guys? Seru kan belajar jenis jenis plastik untuk tempat kemasan makanan ringan? Itulah jenis jenis plastik sebagai kemasan yang bisa anda buat sendiri. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan barang-barang tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!