Inilah Resep Ayam Rica Rica Pedas Mantap Yang Pas Di Lidah

resep ayam rica rica pedas mantap

Ingin yang pedas pedas tapi bingung?Mending buat ayam rica rica sendiri dirumah. Resepnya mudah kok, berikut simak resep ayam rica rica pedas mantap!

Ayam Rica Rica

Ayam rica-rica merupakan masakan khas dari Sulawesi Utara tepatnya di Manado. Kata rica merupakan kata yang berasal dari bahasa Manado yang artinya “pedas” atau “cabai”.

Resep cara membuat ayam rica-rica juga sangat banyak, begitu juga dengan cara memasaknya, persamaannya hanya ada pada rasanya yang pedas.

Saking terkenalnya, saat ini rica-rica tidak hanya menjadi masakan yang terkenal di Manado saja, melainkan telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia.

Cara memasaknya pun juga bermacam-macam, ada yang dagingnya digoreng terlebih dahulu, ada juga yang dibakar. Berikut resep ayam rica rica pedas mantap.

Resep Ayam Rica Rica Pedas Mantap

Bahan-Bahan :

  • 1 kg ayam bagian tepong/paha atas
  • 2 buah Tomat merah, iris
  • 2 lembar Daun salam
  • Larutan asam jawa (4biji)

Bumbu Halus

  • Cabai rawit 10 buah
  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • 4 butir kemiri
  • 1 ruas jari jahe
  • Lada bubuk secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Gula merah agak banyak, gula pasir dan garam

Cara Membuat Ayam Rica Rica Pedas Mantap :

  1. Pertama hilangkan bulu ayam yang masih menempel bisa menggunakan mesin pencabut bulu ayam lalu potong kecil-kecil ayam, cuci bersih.
  2. Kemudian haluskan bumbu dan tumis masukkan daun salam, aduk2 terus hingga tercium aroma harum.
  3. Jika sudah harum tambahkan ayam aduk dan tuangkan air secukupnya lalu biarkan hingga mendidih
  4. Sesudah mendidih tuangkan air asam jawa dan tomat. Lalu aduk kembali
  5. Masukkan gula garam, kemudian koreksi rasa. Bila sudah pas biarkan mendidih supaya ayam empuk dan lembut..
  6. Terakhir setelah tingkat kematangan pas, matikan api dan rica-rica siap disajikan.

Baca juga: cara membuat ayam rica

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

1. Sumber Protein Yang Baik

Salah satu manfaat daging ayam yang juga penting yaitu sebagai sumber protein yang baik bagi otot. Bahkan, dikutip dari data U.S. Department of Agriculture, dada ayam adalah salah satu makanan dengan sumber protein terbaik.

Dalam 100 gr dada ayam terkandung sekitar 14,8 gr protein. Sementara pada umumnya, kebutuhan protein manusia yakni 1 gr per 1 kilogram berat badan. Tentu saja dengan mengonsumsi 100 gr dada ayam saja sudah dapat memenuhi seperempat kebutuhan protein harian orang dengan berat sekitar 60 kilogram.

Tidak hanya itu, banyaknya sumber protein pada daging ayam juga dapat membantu dalam pembentukan otot. Ini disebabkan karena pada daging ayam terkandung protein yang berjenis asam amino yang juga sangat baik bagi kekuatan otot kita.

2. Mengandung Vitamin Dan Mineral

Kemudian selain menjadi sumber protein, daging ayam ternyata juga menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Manfaat daging ayam dari vitamin B sangat berperan penting untuk membentuk sel darah merah.

Dalam daging ayam juga terkandung vitamin D yang dapat membantu proses penyerapan kalsium dan dapat menguatkan tulang. Selain itu, vitamin A yang terdapat di dalamnya pun bisa menyehatkan untuk penglihatan dan berperan penting bagi sistem imun.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Dilansir dari penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry ditemukan bahwa jika mengonsumsi ayam bisa berguna dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini terjadi sebab ayam mengandung vitamin B3 atau niacin yang terbukti mempunyai efek penurunan kadar kolesterol.

Manfaat daging ayam ini juga sangat berguna  untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga daging ayam menjadi salah satu asupan yang cocok untuk orang hipertensi. Akan tetapi perlu diketahui, sebaiknya jika konsumsi ayam pada bagian dada yang rendah kalori dan juga lemak.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daging ayam selanjutnya bisa didapatkan sebab mengandung vitamin B3 yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi daging ayam secara teratur, kamu bisa mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Itu dia penjelasan saya tentang resep ayam rica rica pedas mantap. Semoga bermanfaat dan jika anda tertarik baca juga bumbu rica rica ayam pedas Terimakasih!