Dampak Penggunaan Plastik Menjadi Masalah Bagi Lingkungan

dampak penggunaan sampah plastik

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang Dampak Penggunaan Plastik yang Menjadi Masalah Bagi Lingkungan . baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Dampak Penggunaan Sampah Plastik merupakan sebuah akibat dari negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan limbah sampah plastik. Situasi ini ternyata sangat begitu signifikan. Kemarin saya telah mengupload beberapa postingan tentang bahaya plastik.

Sebagaimana yang telah diketahui, sampah plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi sebuah barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada sekitar 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia.

Ini berarti ada sekitar lebih 1 juta kantong sampah plastik per menit. Untuk membuatnya, diperlukan sekitar 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang. Itu Dampak penggunaan sampah plastik bagi lingkungan

Konsumsi berlebih terhadap sampah plastik, pun mengakibatkan jumlah limbah sampah plastik yang besar. Karena bukan berasal dari zat senyawa biologis, plastik memiliki sifat sulit untuk terdegradasi (non-biodegradable).

Plastik sampah ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah kantong plastik ini dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Kantong plastik terbuat dari sebuah penyulingan gas dan minyak. Minyak, gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui lagi. Semakin banyak penggunaan plastik berarti semakin cepat menghabiskan suatu sumber daya alam.

Berikut ini Dampak Penggunaan Sampah Plastik

dampak penggunaan sampah plastik

Fakta tentang sebuah bahan pembuat plastik, (umumnya senyawa polimer polivinil) terbuat dari polychlorinated biphenyl (PCB) yang mempunyai suatu struktur mirip DDT. Serta kantong plastik yang sulit untuk sebuah diurai oleh tanah 100 hingga 500 tahun.

Akan memberikan sebuah akibat antara lain sebagai berikut:

  • Tercemarnya faktor tanah, air tanah dan makhluk yang ada di bawah tanah.
  • Racun-racun dari suatu partikel plastik yang masuk ke dalam tanah yang akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing.
  • PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh sebuah binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.
  • Kantong plastik akan mengganggu suatu  jalur air yang teresap ke dalam tanah.
  • Kantong limbah plastik yang sukar diurai, mempunyai  yang umur panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun.
  • Hewan-hewan dapat terjerat di dalam suatu tumpukan plastik.
  • Ketika hewan itu mati, kantong plastik bekas yang berada di dalam tubuhnya tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan yang lainnya.

Fakta tentang bahan pembuat sebuah plastik, (umumnya polimer polivinil) terbuat dari polychlorinated biphenyl (PCB) yang mempunyai sebuah struktur mirip DDT. Serta kantong sampah plastik yang sulit diurai oleh tanah hingga membutuhkan waktu antara 100 serta membtuhkan cara mengurangi sampah plastik tersendiri

Pengaruh Sebuah Sampah Plastik

Dampak plastik terhadap lingkungan merupakan suatu akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah plastik. Akibat dari ini ternyata sangat terlalu signifikan. Kemarin saya telah mengupload sebuah postingan tentang Bahaya Kemasan Plastik .

Serta Kresek Post kali ini lebih menyoroti bahaya limbah sampah plastik terhadap lingkungan.Itu merupakan dampak penggunaan plastik di lingkungan. Seharusnya kita bisa menjaga lingkungan supaya bersih.

Sebagaimana yang telah diketahui, sampah plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi sebuah barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Diperkirakan ada sekitar 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik digunakan penduduk dunia.

Itulah sebuah ulasasn tentang dampak penggunaan sampah plastik yang dapat mengakibatkan sebuah bencana besar bagi lingkungan dan ekosistem. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Sekian Dan Terima Kasih.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti