Cara Merawat Kelinci Dutch Rabbit yang Perlu Anda Ketahui

cara-merawat-kelinci-dutch-rabbit

Pada Artikel kali ini saya akan menjelaskan cara merawat kelinci dutch rabbit yang benar dan perlu Anda ketahui. Yuk! Cari informasinya dibawah ini.

Kelinci Dutch adalah salah satu jenis kelinci hias yang cukup populer di indonesia, mereka terlihat lucu karena pola warnanya yang khas.

Jenis kelinci ini biasanya dipelihara sebagai hewan untuk keperluan show dan juga sebagai hewan peliharaan di rumah. Kelinci Dutch adalah salah satu kelinci ras paling populer di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia.

Sebagian orang menyebut kelinci jenis ini dengan sebutan kelinci panda, mungkin karena warna pada lingkar kepalanya memiliki pola warna kacamata seperti pada panda.

So, untuk lebih jelas seperti apa ciri-ciri dan cara merawat kelinci dutch ini silahkan teruskan membacanya.

Kelinci Dutch dan Cara Merawat Kelinci Dutch Rabbit

Awalnya, kelinci Dutch berasal dari belanda yang biasa disebut Hollander Rabbit.

Kemudian temukan di inggris pada tahun 1864 dimana jumlah populasinya yang telah meningkat sangat cepat bahkan sudah banyak menyebar ke seluruh dunia.

Kelinci ini termasuk jenis kelinci tertua di eropa, karena merupakan salah satu kelinci lokal yang ada di belanda.

Selain itu, kelinci ini termasuk jenis kelinci mini karena bobot tubuhnya yang mungil tapi terlihat lebih ringkas dan padat.

Seperti Apa Ciri-Ciri dan Warnanya?

Kelinci Dutch sangat mudah untuk dikenali, ciri-cirinya mereka mempunyai pola warna yang sangat khas.

Warna kelinci Dutch ini selalu putih dengan penambahan warna dasar yang lain seperti warna hitam, biru, coklat, abu-abu, dan tortoise.

Dengan kombinasi warna yang unik, kelinci hias ini menjadi lebih lucu dan cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Ukuran tubuhnya cukup kecil, sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kelinci Netherland Dwarf.

Ukuran dewasa hanya memiliki bobot 1 sampai 2kg dengan tubuh yang ringkas dan seimbang.

Memiliki kepala yang bulat, telinganya cukup pendek, kaki pendek, bertubuh kekar dan berbulu tegak. Pada bagian kaki belakang terdapat garis warna putih seperti sedang memakai kaos kaki.

Dibagian kepala mempunyai pola warna putih membentuk huruf “v” terbalik, sekilas kelinci ini seperti sedang memakai topeng.

Selain itu, pada bagian tubuhnya terdapat garis pola yang melingkar sangat rapih seperti memakai sabuk.

Karakter Kelinci Dutch

cara-merawat-kelinci-dutch-rabbit

Jenis kelinci mini ini sangat cocok untuk anak-anak ataupun orang dewasa, mereka memiliki karakter yang lembut, tenang dan santai.

Selain itu mereka cukup pintar juga mempunyai jiwa sosial yang cukup tinggi, sehingga sangat mudah untuk dilatih seperti membuang kotoran pada tempat yang telah disediakan.

Karena kepintaran dan kelembutanya, jenis ini sangat cocok dipelihara sebagai hewan peliharaan di dalam rumah. Bahkan kelinci Dutch mini ini adalah pilihan terbaik bagi pemula untuk memeliharanya.

Mereka akan sangat senang berada diluar kandang bila memungkinkan, mereka akan berjalan berkeliaran dan melompat tinggi ke udara terutama ketika mereka berada di atas rumput yang lembut.

Kelinci juga memiliki rentang hidup yang cukup lama dari 5 sampai 8 tahun atau lebih tergantung bagaimana kita merawatnya.

Cara Merawat Kelinci Dutch Rabbit

Merawat kelinci Dutch bisa dimulai dengan memberinya makanan yang sehat dan aman, serta kandang yang bersih.

Dengan demikian kelinci akan mendapatkan kebutuhannya sehingga mampu berkembang dan hidup dengan baik.

Makanan untuk kelinci Dutch sama saja seperti makanan kelinci anggora ataupun kelinci hias jenis lainnya yaitu rumput kering (hay) seperti rumput timothy atau orchard.

Air bersih dan rumput kering segar adalah dua hal yang selalu harus tersedia dikandangnya.

Hay atau rumput kering sangat penting untuk kelinci karena mengunyah adalah salah satu cara mereka untuk mengasah giginya agar tidak tumbuh panjang.

Karena tidak seperti kebanyakan hewan, gigi kelinci tidak pernah berhenti tumbuh. Selain hay mereka juga bisa diberi campuran pelet, buah-buahan dan sayuran.

Namun terlalu banyak makan buah-buahan dan sayuran dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan mereka.

Kandang kelinci Dutch mini bisa berada di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Ukuran kandangnya pun tidak terlalu besar, kandang dengan ukuran 60cm x 60cm sudah cukup untuk memelihara kelinci hias jenis ini.

Namun harus diperhatikan, mereka tidak bisa hidup dengan baik jika cuaca disekitarnya terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Kandang mereka harus selalu bersih dan bebas dari kotoran karena pada dasarnya kelinci lebih menyukai tempat yang bersih. Jadi, pastikan kandang selalu dibersihkan minimal 2 hari sekali.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengadopsi dan memelihara kelinci Dutch mini sebaiknya Anda mempelajari semua tentang kelinci.

Karena saat Anda membeli, mengadopsi dan memeliharanya, berarti Anda harus sudah siap dengan cara merawatnya, membersihkan kandangnya, dan kalau perlu memandikannya.

Profile Kelinci Dutch

cara-merawat-kelinci-dutch-rabbit

Nama Kelinci Dutch
Ukuran / Berat 1 – 2 kg
Masa Hidup 5 – 8 Tahun
Karakter Lembut, Santai
Tingkatan Level Pemula dan menengah
Warna Hitam, biru, coklat, abu-abu, chinchilla, dan tortoise
Negara Asal Belanda atau Inggris
Sangat cocok sebagai hewan peliharaan

Demikian Artikel kali ini tentang cara merawat kelinci dutch rabbit,semoga bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.