Cara Mengatur Suhu AC agar Hemat Listrik

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara mengatur suhu AC agar hemat listrik yang bisa anda terapkan di rumah. Permasalahan boros listrik saat menggunakan AC merupakan salah satu masalah yang sudah sering ditemui.

AC atau juga bisa disebut dengan pendingin ruangan merupakan salah satu jenis barang elektronik yang mungkin sudah tidak jarang lagi dijumpai. Pasalnya sudah banyak masyarakat yang menggunakan barang elektronik ini sebagai barang yang mungkin wajib mereka punyai. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan yang suhu udara memang sangat panas.

Pemakaian AC memang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Pasalnya mereka akan dimanjakan dengan udara sejuk yang bisa membuat siapa saja akan nyaman berada di ruangan tersebut. Namun selain itu mereka juga harus memikirkan biaya yang harus mereka keluarkan untuk membayar listrik karena memang menggunakan AC cukup memakan biaya yang tidak sedikit.

Nah untuk kalian yang menggunakan AC dan mungkin tidak mau boros dalam masalah biaya listrik. Tenang ! Karena disini saya akan menjelaskan beberapa tips untuk kalian agar bisa menghemat penggunaan listri untuk AC yang ada di rumah anda.

Sebelum ke penjelasan lebih lanjut. Jika kalian mempunyai masalah dengan AC yang ada di rumah kalian, kalian bisa menggunakan teknisi dari service AC Jogja yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatur Suhu AC agar Hemat Listrik

1. Atur Suhu Pada Remote AC di 23 – 25 Derajat Celcius

Saat AC disetting pada suhu 23 – 25 derajat celcius, maka AC mampu untuk mencapai target suhu tersebut. Namun jika kompressor ditargetkan untuk mencapai suhu 16 derajat, maka hampir tidak mungkin akan dicapai oleh AC.

Sebab kompressor akan AC terus bekerja memaksa diri 100 % sepanjang waktu. Dalam hal ini bisa menyebabkan tagihan listrik menjadi maksimum atau boros. Jika hal ini terus dilakukan maka masa umur kompressor  AC akan menjadi berkurang atau tidak tahan lama.

2. Pastikan Ruangan Tersebut Tertutup saat AC Menyala

Memastikan kondisi ruangan tersebut tertutup dan sirkulasi udara pada AC tidak terbuang ke ruangan yang lain merupakan salah satu cara untuk menghemat listrik. Pasalnya hal ini bisa membuat suhu udara yang disetting pada remote bisa tercapai dan kinerja pada AC menjadi lebih efisien dan efektif.

Jika kondisi pada ruangan tersebut masih ada yang terbuka seperti jendela atau pintu yang terbuka. Maka udara dingin yang dikeluarkan oleh AC  tersebut akan keluar, dan menyebabkan pendinginan udara pada ruangan  tersebut tidak optimal.

3. Menggunakan AC dengan Jenis Inverter

AC dengan teknologi inverter ini mempunyai kompressor yang memiliki   fungsi motor lebih canggih dan dapat secara fleksibel menurunkan dan menambahkan beban pada kompressor secara otomatis. Hal tersebut bisa terjadi karena AC mengikuti kondisi di dalam dan diluar ruangan terpasangi dengan AC jenis ini.

Sehingga ketika malam hari, kinerja pada kompressor ini akan sangat minimal, sementara pada siang hari kinerja pada kompressor akan berada pada kondisi yang normal.

Nah itulah beberapa tips untuk mengatur suhu AC yang bisa menghemat pengeluaran listrik yang ada di rumah anda. Nah selain permasalahan pemborosan listrik. AC juga memiliki berbagai masalah jika AC tersebut tidak dirawat dengan baik.

Jika anda mengalami masalah pada AC seperti AC bocor ataupun juga AC tidak dingin, atau masalah yang lain dan anda tidak bisa memperbaikinya sendiri. Anda bisa menggunakan jasa service AC Jogja yang akan membantu anda dalam menangani masalah tersebut.