Cara Menanam Buah Mangga Dengan Mencangkok

Buah mangga adalah buah yang disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah tropis seperti di Asia tenggara termasuk juga di Indonesia.

Rasa yang manis ketika telah matang. Ada juga buah yang masih muda tetapi sering dimakan diolah menjadi dibuat sebagai bahan rujak ataupun makanan lainnya.

Mangga sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Cara menanam mangga tidak terlalu sulit dan anda bisa melakukan walaupun masih pemula dalam hal berkebun ataupun bercocok tanam.

Proses penanaman yang sering dilakukan dengan adalah dengan mencangkok atau dengan menggunakan bibit buah mangga yang memiliki kualitas baik dan pastinya terbebas dari penyakit agar memiliki hasil yang maksimal.

Cara Menanam Buah Mangga Dengan Mencangkok

Tahapan dalam menanam mangga ini tidak terlalu banyak karna menggunakan tehnik cangkokan.

hal pertama adalah menyiapkan bibit mangga yang baik dan unggul, kemudian menyiapkan lahan tanam, proses penanaman dan juga perawatan pohon mangga agar dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

1. Persiapan Bibit Mangga Cangkokan

Hal harus dipersiapkan pertama kali adalah memilih atau membuat bibit buah mangga untuk dicangkokan yang tepat dan unggul. Pilih lah bibit yang telah terbukti tidak memiliki penyakit karna hal ini sangat menentukan dalam proses pembudidayaan mangga ini.

Anda bisa membuat bibibt cangkokan sendiri jika Anda sudah cukup ahli dan jika Anda memang memiliki pohon mangga yang bagus dan baik. Tetapi Anda juga dapat membelinya di toko tanaman. Cara Menanam Sayur Kangkung

Ketika Anda membeli ataupun membuat bibit buah mangga pastikan bahwa tidak ada hama pengganggu atau penyakit lainya, agar dapat tumbuh dengan baik dan mampu menghasilkan buah yang baik pula.

2. Persiapan Lahan Tanam

Setelah menyiapkan bibit lalu siapkan lahan tanam yang nantinya akan kita gunakan untuk menanam tanaman buah mangga. Kita bisa menggunakan lahan atau bisa pekarangan rumah kita. Sebaiknya memilih lahan atau pekarangan yang sedikit jauh dari rumah karena nantinya bisa saja buah mangga jatuh keatap rumah atau mengenai orang yang ada di bawahnya.

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah membersihkan area tanam dari rumput dan menggemburkan yang akan ditanam. jangan lupa membuat jarak antara satu pohon dengan yang lain dengan ukuran jarak sekitar 10 meter setiap pohonnya.

Kemudian buat lubang sekitar 50 cm sampai 1 meter pada setiap sisinya, tergantung dari ukuran bibit mangga cangkokan yang akan ditanam. Beri pupuk kedalam lubang kemudian tutup dengan tanah sebanyak setengah meter, sisakan setengah meter untuk nanti ditanami oleh bibit mangga.

3. Penanaman dan Perawatan

Keluarkan bibit mangga dari polybag atau wadah lain dengan hati-hati dan masukan kedalam lubang tanam yang telah ditaburkan furadan.

Tutup kembali dengan tanah kemudian siram dengan air ketika waktu pagi dan sore hari sampai cukup besar. Sehingga anda hanya perlu menyiram sekali sehari atau tidak perlu disiram jika hari hujan.

Terakhir adalah perawatan tanaman mangga. Hal ini sangat penting dilakukan agar tanaman mangga dapat selalu tumbuh dengan baik dan sehat. Lakukan penyiangan dengan membersihkan tumbuhan liar ataupun tumbuhan yang menumpang hidup di dahan pohon mangga.

Kemudian lakukan juga penggemburan tanah sebulan sekali agar tanah tidak padat dan dapat mengalirkan air dengan baik. Jaga tanaman mangga dari hama dan juga penyakit tanaman yang berpotensi menyerang tanaman mangga.