Cara Membuat Waffle Sederhana Ala Belgia

cara membuat waffle sederhana - belgian waffle

Pada artikel ini saya akan berbagi resep cara membuat waffle sederhana ala belgia. Sebelum lanjut ke pembahasan, tahukah kamu apa itu waffle? Jika belum tahu, saya akan menjelaskan secara singkat hidangan yang satu ini.

 

Kenalan Dulu Sama Waffle

Waffle merupakan roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Sebelum bernama waffle, makanan ini diberi nama wafre atau wafer. Hidangan yang satu ini berasal dari tanah Inggris. Pelafalan nama ini berubah karena mengadaptasi dari Jerman dimana huruf L berubah menjadi R.

Melihat dari sejarah waffle yang cukup menarik, tidak mengherankan bila banyak orang yang mencicipi kue ini akan merasakan cita rasa unik renyah gurih serta classic dari hingan ini. Nah agar kamu gak penasaran seperti apa resep membuat sajian kue waffle yang original dan enak. Mari kita simak resep mudahnya dibawah ini.

 

Cara Membuat Waffle Sederhana

cara membuat waffle sederhana - waffle belgia

Sebelum mulai proses membuat waffle yang sederhana, terlebih dahulu siapkan bahan – bahan yang diperlukan utuk cara membuat waffle sederhana.

Bahan-Bahan :

  • 250 gr terigu

  • 1 1/2 sdt baking powder

  • 3 sdm gula pasir

  • 30 gr mentega tawar

  • 375 ml susu

  • 2 butir telur

  • 1/2 sdt garam

Bahan Topping Waffle :

  • Saus coklat

  • Potongan stroberi

  • Parutan Keju

Langkah-Langkah Cara Membuat Waffle Sederhana :

  1. Pertama, kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat adonan waffle ini. Beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah baskom, cetakan waffle, kocokan dan sebuah piring saji.

  2. Selanjutnya kita lanjut ke proses mempersiapkan bahan pada resep untuk membuat waffle.

  3. Mentega dicairkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi adonan. Caranya panaskan wajan diatas kompor, kemudian tunggu hingga wajan panas, setelah itu masukkan margarin atau mentega kedalam wajan. Setelah mencair, tungkan cairan margarin atau mentega ini kedalam wadah untuk kemudian disishkan.

  4. Selanjutnya pecahkan telur dalam wadah kemudian aduk-aduk secara merata hingga putih dan kuning telur tercampur rata, lalu sisihkan.

  5. Setelah itu campurkan beberapa bahan kering kedalam wadah kemudian ayak bahan tersebut dengan menggunakan saringan. Bahan kering yang dimaksud diantaranya adalah tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder. Ayak dengan menggunakan saringan kemudian sisihkan dalam wadah.

  6. Untuk membuat adonan waffle bisa dilakukan dengan mencampurkan bahan-bahan cair seperti susu dan telur. Campur dan aduk bahan tersebut sampai semuanya tercampur merata.

  7. Setelah itu, tuangkan bahan cair ini kedalam campuran bahan kering yang sudah diayak sebelumnya. Aduk-aduk kembali secara merata kemudian masukkan margarin cair kedalamnya. Aduk-aduk secara merata hingga tercampur rata dan mendapatkan konsistensi adonan yang tepat.

  8. Selagi menunggu proses pengadukan selesai, panaskan mesin waffle dan tunggu sampai wajan panas. Jangan lupa oleskan margarin di permukaan mesin waffle agar adonan tidak lengket pada cetakan.

  9. Tuangkan adonan kedaamnya sampai penuh, kemudian tutup adonan menggunakan penutup cetakan waffle. Masak sampai matang secara merata dan bagian pinggirnya krispi.

  10. Angkat waffle bila sudah kering dan matang, kemudian sajikan dalam piring dan jangan lupa tambahkan topping yang telah disediakan sebelumnya seperti saus coklat, potongan stroberi dan parutan keju. Nikmati selagi masih hangat.

 

Penutup

Bagaimana, mudah bukan cara membuat waffle sederhana ala belgia ini? Selain enak dan menyehatkan, tentu waffle buatan sendiri ini lebih murah jika dibandingkan dengan membelinya di cafe atau restoran. Sekian resep yang dapat saya bagikan, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba, semoga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.