Cara Membuat Tepung Sagu Super Gampang

Cara Membuat Tepung Sagu

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat tepung sagu yang sangat mudah dan juga sederhana. Hasilnya juga tidak kalah berbeda dengan yang dijual dipasaran lo.

Tepung Sagu

Tepung sagu ini berasal dari batang pohon sagu dan diproses dengan cara yang diperas, lalu endapan air yang dihasilkan dikeringkan sehingga akan menjadi bubuk tepung. Warna tepung sagu ini putih sedikit kusam, dan sudah banyak digunakan untuk pembuatan kue kering dan diolah menjadi berbagai macam macam makanan.

Di Indonesia bagian timur, masyarakatnya menggunakan sagu untuk membuat olahan makanan pokok pengganti nasi. Contoh lain yaitu di Jawa Barat, sagu terkenal sebagai bahan dasar makanan khas daerah tersebut, seperti cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng), dan lain-lain. Sagu juga berfungsi sebagai bahan pengental pada masakan.

Manfaat Tepung Sagu

1.Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang ada dalam tepung dengan jumlah cukup banyak dalam sagu dapat menjadi alternatif yang baik untuk suplemen alami sebagai penambah energi dalam tubuh kita. Tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk rileksasi pasca melakukan olahraga yang berat.

Nah, sagu ini juga bisa untuk membantu Anda meningkatkan kembali energi yang sudah hilang. Hal ini diketahui jika sagu bisa untuk meningkatkan produksi glukosamin alami yang ada dalam tubuh dan dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan pada otot.

2.Mencegah Darah Tinggi

Sejak zaman kuno akar tapioka telah digunakan untuk menyembuhkan stres, hipertensi, serta memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular. 100 gram sagu mengandung sekitar lima miligram potasium.

Kandungan potasium yang ada dalam sagu dapat dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan juga keseluruhan sistem kardiovaskular. Jadi sudah tidak heran lagi, jika sagu bisa menjadi salah satu pengobatan yang sangat terkenal untuk masalah pada hipertensi.

Cara Membuat Tepung Sagu

Bahan dan Alat:

  • Batang Sagu
  • Pisau / alat pengupas
  • Kain penyaring
  • Parutan / Mesin parut
  • Larutan sulfit
  • Air
  • Ayakan/ saringan
  • Blender

Proses Cara Membuat Tepung Sagu:

1.Persiapan Bahan:

Pertama-tama untuk mendapatkan bahan tepung sagu ini, maka yang harus dilakukan adalah pengambilan bagian dalam dari batang sagu tersebut.
Batang sagu terlebih dahulu dikupas untuk membuang kulit luar yang keras yang ditujukan untuk pengamblan bagian dalam batang tersebut.

2.Pemarutan:

Jika batang sagu sudang dikupas dan bagia dalam batang sudah bisa kita olah. Parut batang sagu yang sudah dikupas atau bagian dalam batang sagu tersebut menggunakan parutan.
JIka dalam pembuatan tepung dengan jumlah besar, maka dianjurkan untuk menggunakan mesin parut untuk mempercepat dan mempermudah proses pemarutan agar lebih efisien waktu dan tenaga.
Namun, tak perlu khawatir jika tidak mempunyai mesin parut ini, maka bisa menggunakan parutan biasanya saja. Walaupun ini akan lebih menyita banyak waktu dan tenaga.

3.Penambahan Larutan Sulfit:

  • Persiapkan air secukupnya (sekiranya sesuai dengan banyaknya parutan sagu tersebuat bisa terendam)
  • Masukan larutan sulfit ( Tambahkan larutan sulfitnya pada setiap satu liter air tambahkan 3 gram larutan sulfit tersebut)
  • Hasil parutan tersebut kemudian di campur dengan air yang sudah diberi larutan sulfit
  • Aduk secara merata semuanya. Pengadukan ini juga ditujukan agar pati dari batang sagu ini lebih banyak yang terlepas dari sel-sel batangnya.

4.Penyaringan:

Saring parutan yang sudah di campur dengan larutan air dan sulfit tersebut dengan menggunakan kain saring yang ada. Dengan penggunaan kaiin saring, maka penyaringan ini akan lebih baik dari pada menggunakan saringan biasa.

5.Pengendapan:

Endapkan sari patinya selama 12 jam. Kemudian buang sisa air yang ada diendapan tersebut.

6.Pengeringan:

Keringkan sari pati sagu tersebut di bawah sinar matahari. Jika sudah mengering, maka akan menjadi tepung sagu yang teksturnya tentu masih kasar.

7.Penghalusan:

  • Haluskan tepung sagu yang masih kasar tersebiut menjadi lebih halus. Haluskan mennggunakn blender.
  • Masukan ke dalam blender (tentunya tidak membutuhkan air dalam proses ini).
  • Mulailah memblender tepung yang kasar tersebut. Gunakanlah kekuatan penuh agar tepung bisa halus.
  • Untuk memastikan sudah halus secara merata. Makan perlu pengayakan dengan saringan
  • Jika masih ada yang kasar, maka blender kembali hingga halus.
  • Tepung sagu siap digunakan.

Jadi itu tadi ulasan tentang cara membuat tepung sagu sendiri dirumah. Selamat Mencoba!