Cara Membuat Telur Gulung Sosis dengan Mudah dan Cepat

cara-membuat-telur-gulung-sosis

Kalian anak tahun 90-an pasti akan bernostalgia jika bertemu jajanan telur gulung ini. Salah satu variasi jajanan ini adalah cara membuat telur gulung sosis

Resep telur gulung satu ini kepopulerannya gak main-main lho readers, sehingga banyak orang mulai menjajakannya.

Karena kepopulerannya, kalian sering menemui banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya didepan sekolah dan dipinggir jalan.

Olahan telur gulung termasuk variasi telur goreng dimana sebuah telur yang dipecahkan akan digoreng dan kemudian digulung menggunakan sebuah tusukan yang biasanya terbuat dari kayu pohon bambu.

Cara membuat telur gulung sosis sebenarnya relatif mudah karena hampir mirip dengan membuat telur dadar seperti biasanya. Bahan-bahannya pun tak beda jauh dengan kalian membuat telur dadar.

Hal yang seringkali menjadikan makanan ini gagal dibuat adalah teknik membuat sebaran telur di minyak panas dan teknik menggulung dengan benar karena kedua hal tersebut yang menjadikan telur ini jarang dibuat oleh banyak orang.

Telur adalah makanan favorit masyarakat yang mana selain lezat disantap juga dipercaya memiliki manfaat berupa nilai gizi yang cukup tinggi.

Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga menjadi bahan pokok untuk membuat aneka kuliner seperti kue dan roti, ditambah lagi tidak sedikit juga aneka olahan masakan yang menggunakan telur ayam sebagai bahan utamanya.

Sesuai namanya, resep telur gulung ini memiliki bahan utama telur. Telur yang kita makan biasanya adalah telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan burung puyuh.

Sebagai sumber protein yang murah telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi kalian yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Tak hanya rasanya yang nikmat, olahan ini juga sangat bergizi karena telur ayam yang digunakan oleh bapak-bapak penjual mengandung omega 3, protein, lemak, kerbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi yang lebih banyak. Dan juga mengandung vitamin A dan vitamin B12.

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • Mesin sosis telur
  • Minyak goreng
  • 6 butir telur ayam (1 sostel 1 telur)
  • Irisan daun bawang secukupnya
  • Irisan wortel secukupnya
  • Garam
  • Sosis yang sudah ditusuk lidi bersih

Cara Membuat Telur Gulung Sosis:

  1. Siapkan dan panaskan mesin sosis telur
  2. Tuangkan minyak goreng secukupnya ke tiap-tiap lubang mesin sostel dan ratakan di sekeliling lubang
  3. Masukkan 1 butir telur ayam ke 1 lubang masing-masing
  4. Masukkan irisan daun bawang dan wortel secukupnya ke masing-masing lubang
  5. Pastikan sosis sudah ditusuk dengan lidi bersih atau tusukan sate, lalu masukkan ke dalam lubang
  6. Aduk-aduk adonan telur dan irisan sayuran tadi dengan sosis agar merata
  7. Tunggu sekitar 2-3 menit agar matang, ditandai dengan naiknya sosis telur secara otomatis
  8. Sostel buatan anda pun dapat segera dinikmati dengan tambahan saus sambal, saus tomat, dan mayonaise untuk menciptakan kualitas rasa yang enak.

Jadi begitu ya cara membuat telur gulung sosis yang cepat. Mudah sekali bukan, karena terbantu dengan mesin sosis telur. Jadi kalian bisa menikmati banyak sostel ini dalam sekali masak.

Mudahkan resepnya, ada juga yang dibantu alat canggih loh, jadi gak ada alasan lagi kalau kalian ingin membuat telur gulung yang cepat dan gak makan banyak alat.

Mengonsumsi telur setiap hari tidak masalah kok bagi kalian yang sedang dalam keadaan sehat.

Namun, beda lagi jika telur dikonsumsi oleh kalian yang menderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau mengalami masalah dengan kolesterol dalam darah. Sebaiknya batasi jumlahnya!

Selamat mencoba! Semoga berhasil dan kalian suka dengan hasil masakan kalian!