Cara Membuat Sereal Jagung Menu Sarapan Bergizi

cara membuat sereal jagung

Untuk menu sarapan, banyak di antara kita yang enggan makan besar. Biasanya kita hanya makan makanan yang porsinya tidak terlalu banyak dan bisa dimakan dengan cepat. Beberapa menu sarapan populer termasuk roti panggang, sandwich, dan sereal. Artikel kali ini kita akan membahas cara membuat sereal jagung menu sarapan yg praktis dan bergizi selain sereal gandum.

Jika menyangkut sereal, ini adalah makanan yang terbuat dari berbagai biji-bijian, seperti gandum, beras, jagung, dll. Sereal dapat digunakan sebagai makanan energi bagi tubuh manusia. Jenis makanan ini juga bisa mencukupi asupan gizi di pagi hari. Sereal juga mengandung vitamin dan mineral, sehingga dapat lebih mendukung kesehatan manusia.

Mereka yang sarapan sereal dapat mengurangi kejadian dan tingkat keparahan infeksi saluran pernafasan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Smith dan Rees pada tahun 2002 menunjukkan hal ini. Selain itu, sarapan sereal bisa membuat kita lebih baik. Saat kita makan sereal untuk sarapan pagi, daya ingat dapat lebih ditingkatkan, dan kecepatan reaksi serta akurasi kerja dapat ditingkatkan.

Sereal juga dapat membuat kita merasa lebih baik, karena biji-bijian mengandung kortisol yang dapat membuat tubuh mudah stres. Sarapan sereal yang teratur juga dapat membuat pola makan kita menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan penggunaan sereal untuk sarapan pagi akan membuat kita kenyang lebih lama dan tidak akan makan makanan lain sebelum waktu makan utama.

5 Manfaat Mngkonsumsi Sereal Jagung Bagi Tubuh

1. Sumber Energi yang Baik

Sereal adalah sumber energi yang penting karena dapat memberi kita 30% dari total kalori dalam makanan. Mereka mungkin makanan berkalori paling banyak dikonsumsi di dunia. Persentase mungkin berbeda di setiap negara. Alasan utama popularitas mereka mungkin karena harganya lebih murah daripada kebanyakan sumber nutrisi lainnya.

2. Sumber Protein yang Baik

Protein sangat penting bagi kita karena tubuh menggunakannya untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Mereka juga digunakan untuk membuat bahan kimia manusia seperti hormon dan enzim. Kandungan protein setiap butir berbeda. Ambil contoh nasi, karena mengandung paling sedikit protein, tapi itu adalah bentuk protein terbaik yang bisa kita dapatkan. Kita membutuhkan protein tulang, darah, kulit dan otot. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi biji-bijian untuk menjaga asupan protein harian kita.

3. Membantu Mencegah Kanker

Sereal kaya akan steroid nabati yang merangsang estrogen. Mereka mengandung fitosterol yang memblokir estrogen, sehingga meningkatkan kanker payudara. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa biji-bijian bahkan dapat mencegah kanker usus besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Fitosterol mengurangi waktu yang dibutuhkan estrogen untuk diserap kembali ke dalam darah melalui dinding usus besar dengan meningkatkan pergerakan tinja.

4. Membantu Mengatasi Sembelit

Sereal mengandung serat larut dan tidak larut. Ini termasuk selulosa, pektin dan hemiselulosa. Diet tinggi serat dikaitkan dengan kesehatan pencernaan yang baik. Mereka menambah jumlah feses dan membuatnya lebih lembut, sehingga memudahkan tubuh untuk melewatinya. Ini membantu menyingkirkan kanker. Kita juga bisa mencegah kanker dengan makan banyak biji-bijian. Makan itu bisa memastikan bahwa bagian dalam tubuh bersih dan kanker usus besar menjauh dari kita.

5. Sumber Vitamin yang Baik

Sereal mengandung berbagai nutrisi. Nutrisi tersebut termasuk berbagai vitamin. Jenis dan jumlah biji-bijian dapat bervariasi. Dengan mengonsumsi sereal gandum utuh, kita dapat mengatasi kekurangan vitamin B kompleks secara efektif. Sereal dapat digunakan untuk mengekstrak minyak yang kaya vitamin E dan juga mengandung banyak nutrisi lainnya. Sayangnya, banyak dari mereka yang hilang selama proses penggilingan.

 

Cara Membuat Sereal Jagung dan Campuran Buah

Bahan:
  • 1/4 buah pepaya, potong kubus
  • 2 buah pisang ambon atau pisang emas , potong melintang tipis
  • 1 buah mangga arum manis, potong kubus
  • 2 – 4 sendok makan kismis
  • 5 – 6 buah prunes, cincang kasar
  • cereal jagung (corn flakes) secukupnya
  • biji wijen untuk taburan secukupnya
  • susu kedelai cair sesuai selera (bisa menggunakan susu sapi segar biasa)
  • madu jika kurang manis

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua buah dan bagi menjadi 2 mangkuk. Taburkan kismis dan plum secara merata di setiap mangkuk. Taburi dengan biji wijen dan corn flakes. Jumlah corn flakes tergantung selera Anda.
  2. Tuangkan susu cair di mangkuk dan santap segera.

Simpel bukan cara membuat sereal jagung dengan campuran buah, cocok untuk menu sarapan diet anda. Anda bisa mendapatkan sereal jagung di supermarket terdekat dengan harga yang terjangkau. Keripik tempe yang terbuat dari bahan utama tempe cocok untuk mengganjal perut anda yang sedang lapar dan anda bisa mendapatkan keripik tempe di warung atau di supermarket terdekat.

Sekian artikel hari ini semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan program diet atau yang sedang mencari makanan sehat. Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahasa cara membuat pare goreng crispy, sekian dan terima kasih.