Cara Membuat Selai Kacang yang Enak dan Lembut

cara membuat selai kacang

Kali ini saya akan membagaikan sebuah artikel yang pastinya kalian sukai ni yaitu cara membuat selai kacang yang enak dan lembut. Apabila anda ingin selai kacangnya biar awet jangan lupa kalian dikemas dengan menggunakan mesin pengemas plastik ya.

Cara Membuat Selai Kacang yang Enak dan Lembut

Selai kacang atau juga disebut mentega kacang (peanut butter) adalah makanan dibuat dari kacang tanah yang sudah disangrai dan kemudian dihaluskan setelah diberi gula dan juga garam. Selai kacang ini dijual dalam kemasan toples plastik ataupun gelas dengan berbagai macam variasi rasa.

Sejarah Selai Kacang

Pada tahun 1890, dokter gigi George A. Bayle Jr. Mulai menjual kacang yang dihaluskan sebagai suplemen dan protein bagi orang ompong atau pasien yang sedang mempunyai sakit gigi. Pada tahun 1893, Dr. John Harvey Kellogg yang menciptakan resep selai kacang yang pertama di Sejarah selai kacang.
Sanitarium Battle Creek di bagian Michigan Amerika Serikat. Dr. Kellog dan adik laki-laki yang bernama W.K. Kellogg telah mempatenkan resep pembuatan selai kacang ini pada tahun 1895. Resep selai kacang Dr. Kellog menggunakan kacang tanah yang sudah dikukus dan bukan disangrai.

 

Selai kacang ini sudah dikenal di Australia sejak tahun 1899. Selai kacang Edward Halsey yang dibuat ini untuk perusahaan Sanitarium Health Food pada tanggal 29 Mei 1899 mulai dijual yaitu pada tanggal 16 Juni 1899.
Selai kacang ini mulai dikenal secara luas berkat promosi yang dilakukan C.H. Sumner dalam hari pekan raya Saint Louis atau (Louisiana Purchase Exposition) tahun 1904 bersamaan juga dengan cone es krim, hot dog dan juga hamburger.

 

Produsen selai kacang yang tertua bernama Krema yang mulai menjual selai kacang yaitu sejak tahun 1908 hingga sekarang. Pada tahun 1922, Joseph L. Rosefield telah menciptakan selai kacang jenis baru dengan hasil gilingan yang lebih halus, dan proses hidrogenasi dan penambahan bahan pengemulsi agar minyak tidak dapat keluar dari selai kacang.
Selai kacang dengan resep yang baru ternyata lebih lembut dan bisa disimpan hingga sampai satu tahun. Resep penemuan Joseph L. Rosefield kemudian berhasil dipatenkan.

 

Resep selai kacang yang dipatenkan Joseph L. Rosefield ini digunakan perusahaan Swift & Company untuk membuat selai kacang bermerek E.K Pond. Pada tahun 1928, merek selai kacang bernama E.K Pond diganti menjadi Peter Pan.
Selai kacang Peter Pan ini mulanya dijual dalam kemasan kaleng bertutup dan baru diganti menjadi sebuah kemasan gelas di saat Perang Dunia II. Pada tahun 1932, Joseph L. Rosefield ini mengundurkan diri dan mendirikan perusahaan ini bernama Rosefield Packing Co. Mulai menjual selai kacang dengan merek Selai kacang yaitu Skippy pada tahun 1933.

Yuuuk langsung saja kita lihat apa saja si bahan-bahan yang digunakan untuk membuat selai kacang ini supaya hasilnya enak dan lembut, dan juga bagaimana si proses pembuatannya?.

Bahan-bahan untuk Membuat Selai Kacang :

  • 500 gram kacang tanah yang udah di kupas mentah atau kacang tanah kupas sangrai
  • 30 ml (2 sdm) minyak kacang tanah (peanut oil) atau juga jenis minyak sayur lain
  • Garam secukupnya
  • Gula atau madu sesuai selera

Peralatan utuk Membuat Selai Kacang :

  • Oven atau wajan dan kompor
  • Food processor
  • Botol selai

Cara Membuat Selai Kacang :

  1. Panggang kacang tanah. Jika Anda ingin menggunakan kacang tanah kupas mentah, Anda juga bisa menyangrai kacang sampai warnanya cokelat keemasan. Atau juga di panggang di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sekitar 10 menit dengan suhu 170 C.
  2. Pastikan juga kacangnya hanya ditata selapis di dalam loyang agar matangnya merata. Bisa juga memakai kacang sangrai kemasan. Memanggang kacang sendiri bisa membuat minyak alaminya lebih mudah keluar, sehingga selai kacang pun lebih mudah halus. Rasanyapun juga jadi lebih enak dibandingkan dengan menggunakan kacang mentah.
  3. Haluskan kacang tanah. Selagi keadaan hangat (namun tidak panas sekali), masukkanlah kacang ke food processor. Nyalakanlah mesin selama 1 menit, keruk pinggirannya, dan lumatkan lagi selama 1 menit. Ulangi langkah ini sampai kehalusan yang Anda inginkan. Tambahkan minyak, garam, dan pemanis lalu lumatkan lagi.
  4. Sajikanlah. Pindahkan selai kacang ke botol kedap udara dan simpan di kulkas. Selai kacang tahan hingga 2 bulan. Oleskanlah ke roti tawar, olah menjadi cookies kacang, ataupun coba berbagai aneka kreasi dan variasi unik lainnya.

Bagaimana resep yang saya bagikan kali ini sangat mudah bukan?. Jangan lupa ya buat di coba dirumah kalian. Selamat mencoba.