Simak Cara Membuat Saringan Air Yang Baik dan Benar

cara membuat saringan air yang baik

Air adalah zat tanpa rasa, bau, dan warna, Juga kandungan hidrogen dan oksigennya penting bagi semua makhluk hidup. Tubuh manusia membutuhkan sekitar 2,2 liter air setiap hari. Maka dari itu kita perlu mengkonsumsi air yang bersih, dengan mengikuti cara membuat saringan air yang baik dan benar.

Selain air minum, air juga dibutuhkan untuk menopang kehidupan. Misalnya seperti memasak, mencuci, mandi, menyiram tanaman dan lain sebagainya. Namun air yang dibutuhkan adalah air bersih.

Menurut National Geographic, meskipun bumi adalah air, dalam 70% air di bumi, kita hanya memiliki 2% air bersih, dan sisanya adalah air yang tercemar.

Lalu bagaimana dengan kehidupan sehari-hari? Tenang, berikut informasi cara membuat saringan air yang baik dengan cara sederhana.

Tentunya bahan-bahan yang menyertai sangat mudah ditemukan dan dapat membantu anda. Anda bahkan bisa melakukannya di rumah. Yuk simak cara mudah membuat filter air di bawah ini!

Oh ya, tips dari saya jika anda mau instan tanpa membuat saringan air sendiri, anda dapat menggunakan dispenser air minum yang dapat anda temukan di Grosir Mesin, untuk spesifikasi lebih jelasnya bisa anda temukan disini ya Jual Dispenser Air Minum Sehat Terbaik 2021

Simak Cara Membuat Saringan Air Yang Baik dan Benar

1.Cara Membuat Saringan Air Yang Baik  Menggunakan Tawas

cara membuat saringan air yang baik

tawas atau aluminium sulfat digunakan untuk menjernihkan air sumur atau air sungai. Air sumur biasanya menjadi keruh karena tercemar oleh tanah, dan tawas berperan sebagai pengikat partikel di dalam air.

Molekul tawas biasanya berbentuk kristal. Untuk menjernihkan 1000 liter air, biasanya Anda membutuhkan 3-5 sendok makan tawas agar air tidak terlalu keruh.

Jika air terlalu keruh hingga menguning, Anda bisa menambahkan 5-8 sendok makan tawas.

Cara penggunaan tawas pada filter air adalah sebagai berikut:

  • Masukkan tawas dengan 5 liter air bersih
  • Aduk rata dan masukkan ke dalam bak penampungan
  • Biarkan seharian hingga kotoran mengendap di bawah

2. Cara Membuat Saringan Air Yang Baik Menggunakan Drum Bekas

cara membuat saringan air yang baik

Cara lain Untuk menyaring air, selanjutnya anda dapat menggunakan drum bekas dengan memasukkan bahan dibawah ini :

  • Batu kecil
  • Kerikil
  • Arang
  • Tempurung kelapa
  • Batu zeolit
  • Pasir halus
  • Ijuk

cara membuat saringan

Dengan menggunakan drum bekas, Anda bisa menyaring air lebih banyak, da caranya sangat sederhana. Karena bahan-bahan yang disebutkan di atas akan mengikat kotoran pada air, maka air terlihat lebih jernih.

Arang tempurung yang mengandung karbon aktif dapat mengeluarkan air yang kotor, berwarna kuning muda dan berbau.

Cara-cara yang harus dilakukan untuk menggunakan drum bekas sebagai penyaring air adalah sebagai berikut:

  • Siapkan drum bekas yang sudah dibersihkan dan dekat bak penampungan
  • lalu masukkan batu kerikil sampai 10 cm
  • kemudian masukkan arang tempurung kelapa sampai kedalaman 15 cm
  • selanjutnya masukkan pasir halus sampai 20 cm
  • Dan jangan lupa masukkan ijuk sampai 15 cm
  • Tutup drum menggunakan kain tipis sebagai penyaring

3.Cara Membuat Saringan Air Yang Baik Menggunakan Filter UV

cara membuat

Cara lain untuk menjernihkan air adalah dengan menggunakan sinar ultraviolet untuk mendisinfeksi air minum. Alat sterilisasi air ultraviolet atau ultraviolet adalah alat sterilisasi yang memancarkan sinar ultraviolet.

Saat tegangan dan arus mengalir di sepanjang sinar ultraviolet, itu akan membunuh bakteri. Dipercaya bahwa sinar ultraviolet yang dipancarkan membunuh 99% bakteri dan mikroorganisme, seperti spora, virus, dan bakteri yang mati akibat paparan sinar ultraviolet.

Dengan cara ini, air yang diolah oleh tabung ultraviolet menjadi bersih dan bahkan bisa diminum. Menariknya, alat ini bisa digunakan hingga 2-3 tahun.

4. Menggunakan Filter Keramik

 

Filter keramik adalah metode pembuatan filter air sanitasi dan steril. Jika air hanya dapat digunakan untuk mandi atau mencuci pada metode penyaringan sebelumnya, penggunaan filter keramik untuk menyaring air dapat memastikan bahwa air tersebut steril dan dapat diminum.

Filter keramik dapat membuat air keruh menjadi jernih. Selain itu, filter keramik dapat menyediakan wadah penyimpanan air yang sesuai untuk air. Filter keramik memiliki pori-pori yang sangat kecil dan dilengkapi dengan karbon aktif dan nano silver untuk membunuh bakteri.

Filter tersebut dapat mencegah masuknya kotoran dan bakteri, sehingga air yang mengalir keluar dari filter keramik bebas bakteri dan aman untuk diminum. Dengan menggunakan filter keramik, selain mudah digunakan, harga air minum olahan pun akan lebih murah dibandingkan produk lainnya.

Menarik bukan? semoga referensi diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman ya 🙂

Baca Juga : Perlu Tahu Cara Aman Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama