Cara Membuat Sambal Sate Taichan

Sate taichan memang sedang di sukai anak muda zaman sekarang, sejak adanya bisnis selebgram milik Rachel Vennya ini identik dengan sambalnya yang pedas dan pas di lidah.

Sate yang dari daging ayam tanpa kuah ini memang mempunyai cita rasa yang enak, pasalnya sate taichan tidak membutuhkan proses panggang lama seperti sate pada dasarnya. Daging yang untuk digunakan sate taichan biasanya dipanggang sebentar untuk mengempukkan tekstur daging lalu digoreng.

Untuk sate taichan sendiri 1 porsinya bahkan bisa sampai Rp 20.000. Namun, membuat sate taichan goreng itu gampang lho. Kamu bahkan dapat membuatnya sendiri di rumah,Cek artikel tentang Cara membuat sate taichan.

Selain dari daging ayam, kamu juga bisa mengkreasikannya menggunakan ceker, telur puyuh, atau usus ayam.

Cara Membuat Sate Taichan

Cara Membuat Sambal Taichan

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate taichan ini mempunyai tampilan daging yang cenderung masih putih. Bukan hanya itu saja, sate ini juga tidak disertai dengan bumbu kacang, melainkan sambal cabai. Uniknya lagi, rasa asin, asam dan pedas yang menjadi satu dalam masakan sate yang hanya dibuat dari daging dada ayam ini. Perpaduan rasanya dengan tekstur daging ayam yang lembut ini akan bikin siapa saja yang memakanya jadi ketagihan.

Bahan :

  • Dada ayam 1 buah, potong dadu
  • Jeruk nipis 2 sendok makan
  • Royco ayam 1 sendok makan
  • Minyak sayur sedikit saja

Bahan Sambal :

  • Cabe rawit 7 buah
  • Cabe merah 15 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Tomat 1/4 buah (atau bisa pakai tomat kecil)
  • Air 50 mili liter
  • Gula pasir 1/2 sendok teh (bisa diganti gula Jawa / gula merah)
  • Lada putih 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak untuk menumis secukupnya

Cara Membuat Sate Taichan :

  1. Pertama-tama potong dadu daging ayam, lalu lumuri dengan perasaan jeruk nipis, sedikit minyak sayur dan kaldu ayam. Diamkan selama 15 menit sampai bumbu meresap.
  2. Kemudian tusuk-tusuk ayam menggunakan tusukan sate lalu bakar sampai ayam berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.

Cara Membuat Sambal Taichan

  1. Uleg halus atau blender semua bahan sambal. Kemudian tumis dengan minyak goreng. Koreksi rasa.
  2. Tumis sampai cabai matang dan tidak bau langu. Jika sambalnya agak kental maka boleh ditambahkan sedikit air sampai mendapat sambal dengan kekentalan yang diinginkan. Angkat, matikan api kompornya.

Penyajian Sate :

  1. Tata rapih sate di atas piring lengkap dengan lalapan atau sayuran sepeti daun selada, timun, potongan tomat, kol dllnya lalu sajikan bersama sambal dengan posisi terpisah.
  2. Atau bisa juga dengan menggulingkan sate ke dalam sambal, lalu sajikan dengan lalapan yang lengkap bersama nasi putih, irisan lontong atau ketupat.
  3. Boleh ditambahkan bawang merah goreng jika suka.

Selain menggunakan daging ayam, sate taichan juga dapat dibuat dengan menggunakan daging sapi, kambing, bahkan seafood seperti udang dan cumi. Bertambahnya kreatifitas, kini ada juga kreasi sate taichan goreng yang rasanya tak kalah lezatnya dengan sate taichan original.

Awalnya sate ayam taichan yang ngehitz di media sosial ini memang terkenal dari daerah Senayan Jakarta. Makanya banyak orang yang menyebut sate ini adalah sate Senayan. Namun kini sate senayan sudah terkenal dan populer di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Bekasi, Bogor dan Medan.

Kunjungi juga artikel tentang cara membuat nata de coco mangga.

Gampang kan? Setelah itu kamu juga bisa memadukannya dengan lontong dan jeruk nipis agar rasanya semakin gurih.