Cara Membuat Risotto Khas Italia

Cara Membuat Risotto Khas Italia

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat risotto khas italia nih gays!! mau coba kan…

Italia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali hal-hal menarik mulai dari tempat-tempat wisatanya yang unik sampai dengan kuliner-kulinernya yang lezat. Kuliner khas Italia sudah terkenal hingga seantero jagat sebut saja seperti pizza, pasta, spageti, dan masih banyak lagi. Salah satu kuliner terkenal asal negara tersebut adalah Risotto.

Apa Itu Risotto?

Cara Membuat Risotto Khas Italia

Risotto merupakan hidangan khas Italia yang terbuat dari bahan dasar nasi. Berbeda dengan masakan nasi di Indonesia (sebut saja nasi liwet, nasi uduk, nasi kuning, dll), untuk membuatnya lebih mudah dari pada kuliner khas Nusantara tersebut karena cara membuat Risotto hampir sama dengan membuat nasi goreng pada umumnya.

Melihat sekilas, Risotto bisa dikatakan hampir mirip dengan nasi goreng khas Indonesia. Namun untuk masalah rasa, makanan khas Italia ini jelas berbeda dengan nasi goreng. Risotto memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat. Rasa tersebut didapatkan dari daging ayam, sayuran, jamur, ikan, dan bumbu khas Italia lainnya.

Di Italia, kuliner satu ini sudah dikenal cukup luas oleh masyarakatnya. Hampir disetiap restoran di Itali pasti menyajikan kuliner satu ini. Menariknya lagi, Risotto masuk kedalam daftar 10 makanan ternikmat asal Italia versi berbagai majalah besar dunia. Sehingga bisa dibilang, Risotto termasuk makanan yang populer di dunia.

Jika di Indonesia nasi biasanya dijadikan sebagai makanan utama, maka Risotto lebih sering disajikan sebagai makanan pembuka di Italia. Variasi Risotto juga sangat banyak, dan biasanya menyesuaikan dengan budaya setempat.

Beberapa jenis Risotto yang populer di Italia antara lain:

Cara Membuat Risotto Khas Italia

  • Alla milanese, dibuat dari kaldu sapi, sumsum tulang sapi, dan lemak babi.
  • Al Barolo, dibuat dari anggur merah, sosis, dan kacang borlotti.
  •  Al nero di seppia, dibuat dari sotong dan aneka seafood sehingga warnanya menjadi hitam.
  •  Ai funghi, dibuat dari jamur porcini.
  • Alla zucca, dibuat dari pala, labu, dan keju parut.

Tidak perlu Anda datang jauh-jauh ke Italia hanya untuk sekedar mencicipi makanan satu ini. Sebab, di Indonesia sendiri sebenarnya telah ada banyak sekali resto-resto yang menawarkan Risotto lezat, khususnya restoran yang berbau Italia. Namun biasanya harga kuliner satu ini sangatlah mahal di Indonesia, terlebih lagi apabila Anda makan di resto besar.

Bahan-Bahan Risotto Khas Italia

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi Risotto tetapi tidak memiliki waktu ataupun biaya yang lebih, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi seputar resep dan cara membuat Risotto sederhana khas Italia. Namun sebelum itu, lebih baik siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan, antara lain seperti:

  • Beras arborio (risotto) sebanyak 400 gram
  • Wortel yang dipotong dadu kecil-kecil sebanyak 1.5 cup (pakai yang beku)
  • Bawang putih sebanyak 5 butir, cincang
  • Bawang bombay berukuran sedang sampai besar 1 buah, cincang
  • Kaldu ayam sebanyak 1.5 liter
  • Keju parmesan parut sebanyak 1 cup
  • Minyak sayur cukup sebanyak 2 sendok makan
  • Perasan air jeruk/lemon sebanyak 1 buah saja.

Cara Membuat Risotto

Cara Membuat Risotto Khas Italia

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, sekarang mari kita mulai mengolah resep risotto sederhana khas Italia ini. Langkah pertama panaskan terlebih dahulu sedikit minyak (untuk menumis) di dalam sebuah wajan.

Sekian dari saya..terimakasih karna sudah mengunjungin halaman website saya,saya juga membuat artikel tentang Cara Membuat Risotto Ayam Enak dan Gampang tidak Pake Lama.!! Terimakasih.