Cara Membuat Popcorn Jagung Manis Ala Rumahan

cara membuat popcorn jagung manis

Hai sobat, pada artikel ini saya akan membahas resep cara membuat popcorn jagung manis ala rumahan. Nah, sobat sekalian pasti banyak yang belum tau kan cara membuat popcorn rasa buah, sebelum kita melangkah saya akan membahas sedikit mengenai apa itu popcorn dan lainnya.

Proses Cara Membuat Popcorn Jagung Manis

Pastinya Anda pernah makan popcorn kan, makanan yang banyak disajikan di tempat hiburan dan pusat perbelanjaan. Atau anda sering nonton bioskop sambil menikmati popcorn. Tahukan Anda bahwa Cara membuat jagung popcorn yaitu dari biji jagung tertentu yang apabila dimasak dengan sedikit minyak goreng bisa meletup dan mengembang. Mengapa bisa terjadi seperti itu?

Salah satu rahasia dapat mengembangnya biji jagung hingga terbentuknya popcorn ini terdapat pada tepung jagung dan kandungan air yang terdapat di dalam biji jagung. Salah satu proses popcorn yaitu meletup dan melompatnya popcorn pada saat dimasak karena kulit biji jagung yang keras menutupi bagian dalam biji jagung.

Apa Itu Popcorn?

Popcorn merupakan cemilan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung yang dimakan saat bersantai, menonton tv, dan acara keluarga. Popcorn merupakan panganan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang sering dijual di bioskop, area taman bermain, pasar malam, sekolah, maupun kantin kampus atau juga tempat orang-orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti itu yang menjadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku pembuatan popcorn adalah jagung mentega. Popcorn sendiri ialah jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri kita pakai supaya popcorn menjadi lebih gurih dan enak. Perlu diketahui bahwa memasak popcorn tidak begitu sulit hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga 3 sendok jagung ke dalam microwave. Dan dalam 2 menit popcorn yang gurih dan enak siap dimakan.

Modal yang Kita Perlukan untuk Berjualan Popcorn

1. Yang pertama, buat rencana dalam memulai bisnis popcorn Anda. Buatlah gambaran atau skema bisnis dengan memfokuskan macam popcorn yang akan Anda buat, misal popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda bisa menggambarkan secara umum mengenai varian popcorn tersebut mulai dari rasanya, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan perencanaan lainnya.

2. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai usaha popcorn mulai dari mesin yang digunakan maupun alat-alat pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk makanan yang dapat mengancam kesehatan kita jika saja cara mengolah maupun cara menyimpannya tetap terjaga kualitasnya. Supaya pembuatan popcorn dengan mutu, kualitas serta kepercayaan yang baik dari konsumen tentu dapatkan juga izin dari departemen kesehatan serta dengan sertifikat halal dari MUI.

Bagaimana Cara Membuat Popcorn Jagung Manis Menjadi Biji Jagung Popcorn 

Supaya bisa menjadi popcorn, biji jagung tersebut harus sepenuhnya kering melalui proses pengeringan. Setelah biji jagung sudah kering, maka baru bisa mengembang mjd popcorn. Jagung dipipil agar diperoleh biji-biji jagung lepas. Kemudian biji jagung dikeringkan, bisa dgn proses penjemuran. Jika Biji jagung benar2 kering maka kadar air turun hingga tersisa 8-12%.

Prinsipnya sama seperti kerupuk, agar kerupuk mengembang (tidak bantet), kerupuk harus benar-benar kering dengan cara dikeringkan.

Berikut Cara Membuat Popcorn Jagung Manis

Bahan-bahan :

  • 1 sdm mentega
  • 1/4 cup sirup jagung
  • 1 sdm minyak kanola
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/3 gelas jagung popcorn
  • 1/4 sendok makan pewarna makanan cair (pilihan warna sesuai dengan keingingan Anda)

Cara Membuat Popcorn Jagung Manis :

  1. Pertama adalah melelehkan mentega, minyak, sirup, dan garam pada wajan atau panci besar. Kemudian lelehkan semua bahan itu sampai benar-benar tercampur sambil sesekali diaduk agar bisa tercampur dengan rata.
  2. Kemudian tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair yang sudah disiapkan. Kalau Anda mau warnanya terlihat lebih cerah, bisa tambahkan pewarna makanannya lebih banyak.
  3. Sedangkan untuk menghasilkan warna pastel, tambahkan pewarna makanannya sedikit saja. Gunakan sendok untuk mencampurkan pewarna makanannya sampai tercampur rata.
  4. Kemudian tuangkan 1/3 gelas biji jagung popcorn ke dalam panci atau wajan, lalu aduk sampai semuanya terlapisi oleh campuran sirup yang sudah dibuat tadi.
  5. Cukup gunakan api sedang, lalu tutup pancinya. Setelah itu goyangkan panci setiap beberapa saat selagi biji jagungnya memanas dan mulai berubah menjadi popcorn. Jika suara letupan biji jagungnya sudah mulai melambat, tandanya biji jagung sudah berubah menjadi popcorn secara keseluruhan.
  6. Hal lain untuk membuat popcorn manis ini bisa dilakukan dengan menggunakan micorwave. Setelah itu tuangkan campuran sirup dan biji jagung ke dalam mangkuk kaca tahan microwave yang bertutup.Kemudian panaskan biji jagungnya dalam pengaturan panas tinggi selama 3-4 menit, atau sampai letupannya melambat.
  7. Kami sarankan jangan menggunakan mangkuk plastik, meskipun wadah plastik itu tahan microwave juga, karena sirup akan menjadi sangat panas dan bisa merusak mangkuk. Pastikan menggunakan wadah yang berbahan kaca.
  8. Jika popcorn-nya matang secara keseluruhan, Anda bisa memindahkannya ke loyang agar dingin. Nah, sebelum itu Anda bisa mengolesi loyangnya dengna minyak atau melapisinya dengan kertas roti, jadi popcorn-nya tidak lengket.
  9. Popcorn akan menjadi terasa renyah setelah dingin.

Nah, itulah pembahasan sedikit mengenai popcorn dan cara membuat popcorn jagung manis. Selamat mencoba:)