Cara Membuat Permen Lolipop Pelangi Ala Rumahan

cara membuat permen lolipop

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat permen lolipop yang sangat enak. Cara membuat permen ini cukup mudah, dan bahan bahan yang digunakan pun mudah untuk dicari dipasaran. jika sebelumnya ada yang membahas bakso ikan tuna, kali ini saya akan membahas cara membuat permen lolipop.

Permen Lolipop

Dulu waktu jaman kita masih sd permen lollypop ini sangat identik dengan bentuk bulatan yang biasanya disebut dengan permen kojek, bukan go-jek. Mungkin karena bentuk permen gula gula atau candy ini bentuknya bundar seperti kalau kepala botak dengan tekstur cukup keras.

Namun kini jenis aneka permen lolipop ini sudah banyak aneka macam jenis variasi dan juga bentuk maupun warna-warninya yang juga termasuk denganwarna pelangi (rainbow) permen lolipop pelangi dengan menggunakan berbagai kombinasi warna-warna pelangi.

Selain itu juga ada permen lolipop coklat yang menggunakan bubuk coklat kakao asli, permen lolipop jelly ini banyak menggunakan bahan agar-agar jeli. Permen lollipop fantasy yang beragam dengan aneka rasa buah fruity pop dan juga sekaligus bentuk lolly round, dan lolly flare.

Dunia Permen

Biasanya dunia permen lolipop ini  banyak diproduksi oleh pabrik dengan skala pabrik, tetapi sekarang kita mencoba bikin permen lolipop ala rumahan yang pastinya banyak disukai oleh anak-anak sekolah SD dan juga kaum remaja ABG.
Karena permen ini termasuk jajanan anak-anak murah meriah, mudah dan praktis serta gaul. Apalagi jika permen ini dibuat dengan menggunakan cetakan karakter yang lucu, karakter kartu atau  mengambil contoh karakter frozen, hellokitty, minion, barbie, sofia, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan stik permen (stick) juga dapat dibuat menggunakan plastik yang sangat menarik.

 

Jadi kita sudah dapat untuk membuat permen loly sendiri di rumah selain  menghasilkan permen yang lebih bersih dan kita juga bisa menjadikan usaha bisnis jual permen. Dengan menjualnya langsung, menitipkannya di warung-warung ataupun bisa dijadikan supenir pernikahan (wedding souvenir).
Dengan berbagai hiasan yang cukup menarik dengan karakter super lucu, dan warna-warna yang cukup menarik untuk spesial momen hari valentine buat dengan menggunakan bentuk cinta. Cara membuat permen lolipop yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis dengan biaya murah. Jadi anda bisa menjual permen lolipop dengan harga yang murah meriah dan laris manis.

Cara membuat Permen Lolipop

bahan Bahan yang Digunakan:

  • 125 cc sirup vanili
  • 5­10 sendok makan gula fruktosa
  • Beberapa tetes pewarna merah, kuning, dan hijau (khusus untuk makanan) atau warna pelangi
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 sdm sirup vanili secukupnya (untuk olesan)
  • Cetakan berbagai karakter yang lucu (seperti bunga, binatang, dan lain sebagainya)

Cara Membuat Permen Lolipop:

  1. Campur sirup, gula fruktosa dan tepung terigu. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk selama 15 menit.
  2. Kecilkan api, masak hingga suhunya 130° C. Bagi menjadi 3 bagian, tambahkan pada masing-masing bagian pewarna merah, kuning, dan hijau sesuai selera.
  3. Selagi panas bentuk atau cetak sesuai selera dan tusuk dengan stik loli.

Tips dan Trick

  1. Gula sukrosa sebenarnya juga bisa menghasilkan permen dengan tekstur yang sangat baik. Namun untuk anak-anak, lebih baik gunakan gula fruktosa atau gula buah demi menghindari tingginya kadar gula dalam darah atau bagi yang sedang berdiet. Gula fruktosa juga mempunyai tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gula sukrosa, jadinya jumlah penggunaannya sangat sedikit.
  2. Pilih bahan pewarna dengan bahan dasar minyak supaya pewarnaannya merata. Pewarna yang khusus untuk membuat permen atau candy colouring yang dapat dibeli di toko yang jualan bahan kue. Hindari yang berbahan utama air dan alkohol.
  3. Gunakan api sedang dan konstan dengan suhu lebih dari 100° C.

Memulai Usaha Lolipop

Membuka usaha sendiri memiliki banyak sekali keuntungan yang tak didapatkan saat kita bekerja di bawah orang lain atau menjadi karyawan biasa.

Membuka usaha sendiri akan membuka peluang untuk menjadi mandiri, mengembangkan ide, membuka koneksi, mendapatkan keuntungan emosional dan finansial yang lebih daripada jika bekerja sebagai karyawan.

Selain itu, Anda juga bisa  membantu lebih banyak orang dengan mengembangkan lapangan pekerjaan. Untuk jenis usaha dan juga kuliner pun sangat bermacam-macam apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat. Anda bisa memilih jenis usaha yang sekiranya dapat menghasilkan dan memiliki peluang yang sangat besar.

Nah, untuk anda yang sedang bingung memilih jenis usaha apa yang akan dikembangkan dan peluang usaha yang cukup menjanjikan yang mampu menawarkan keuntungan yang banyak, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bisnis permen lolipop.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat permen lolipop yang sangat mudah. Selamat Mencoba!