Cara Membuat Pasta Kunyit Yang Memiliki Banyak Manfaat

cara membuat pasta kunyit

Cara membuat pasta kunyit yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan campuran pada masakan tidaklah begitu sulit. Begitu juga dengan cara menanam kunyit. 

Kali ini saya akan memberikan rahasia bagaimana cara membuat pasta kunyit. Pasta kunyit bisa anda jadikan sebagai campuran pada setiap masakan anda dengan mudah dan memiliki banyak manfaat.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Pasta Kunyit

Membuat pasta kunyit cepat dan sederhana. Hanya dengan beberapa bahan dan panci, Anda dapat membuat banyak bahan dalam waktu singkat.

Anda mungkin ingin membuat sedikit penyesuaian pada cairan dalam resep di bawah ini tergantung pada konsistensi yang Anda inginkan dan bagaimana Anda akan menggunakan pasta, tetapi resep ini akan membantu Anda memulai.

RESEP CARA MEMBUAT PASTA KUNYIT

Resep ini adalah pasta kunyit yang bisa Anda campur dengan mudah ke dalam makanan dan minuman. Jika Anda ingin membuat masker wajah kunyit, simak resepnya di bagian akhir artikel ini.

  • 1 cangkir air hasil saringan
  • 1/2 cangkir Bubuk Akar Kunyit Organik
  • 1/4 cangkir lemak atau minyak sehat seperti minyak kelapa murni atau minyak zaitun extra virgin
  • 1 sendok teh lada hitam bubuk

Tambahkan air dan kunyit ke dalam panci Anda dan didihkan dengan api sedang, sering diaduk sampai menjadi seperti pasta. Kemudian tambahkan lemak atau minyak dan lada hitam, aduk rata.

Anda bisa menambahkan lebih banyak air atau bubuk kunyit jika mau, untuk mendapatkan konsistensi yang tepat.

Pasta kunyit mudah disimpan di lemari es. Anda dapat menyimpannya hingga dua bulan selama disimpan dalam wadah kaca kedap udara.

Bagaimana Cara Menggunakan Pasta Kunyit?

Pasta kunyit dapat ditambahkan ke resep tanpa akhir dan ramuan lezat. Tambahkan 1-2 sendok teh (atau secukupnya) pasta kunyit ke resep makanan atau minuman yang Anda suka. Berikut beberapa ide untuk Anda mulai.

Susu Emas – Tambahkan 1 sendok teh pasta kunyit ke dalam cangkir susu hangat untuk membuat susu emas dasar, tonik kesehatan teruji waktu yang populer di banyak negara Asia.

Kunyit Latte –Latte kunyit adalah salah satu camilan kunyit cuaca dingin favorit kami.

Coba panaskan setengah cangkir susu almond atau santan dan tambahkan 1 sendok teh pasta kunyit, 1 sendok teh jahe, sejumput pala, dan pemanis favorit Anda sebagai perasa, seperti madu atau gula mentah.

Anda juga dapat mencoba menambahkan ekstrak vanili dan kayu manis bubuk.

Kunyit dalam Sop – Campur mulai dari 1 sendok teh hingga 1 sendok makan pasta kunyit (tergantung selera Anda) ke resep sayur sop favorit Anda untuk menambah nutrisi.

Smoothie Kunyit – 1 sendok teh pasta kunyit sangat cocok untuk smoothie hijau, atau cobalah dicampur ke dalam krim yogurt dan smoothie pisang.

Yogurt Kunyit – Campurkan 1 sendok teh pasta kunyit dengan satu porsi Yogurt Yunani polos.

Tambahkan sedikit ekstrak kelapa, serpihan kelapa, kayu manis, biji chia, dan buah beri segar untuk membuat mangkuk yogurt yang lezat dan bergizi.

Dressing Kunyit dan Jahe – Campurkan 2 sendok teh pasta kunyit dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1/2 sendok teh jahe bubuk, ditambah 2 sendok makan minyak zaitun extra virgin dan 2 sendok makan nektar agave (opsional) untuk saus salad yang lezat.

Turmeric Mocktail –Tambahkan 1 sendok teh pasta kunyit ke resep mocktail favorit Anda. Ini cocok dengan rasa berikut: nanas, orange blood, jahe, pepaya dan vanilla.

Kunyit juga cocok dengan pala, kari, kayu manis, kapulaga, garam, dan bumbu hangat atau pedas. Berkreasilah dan campur resep kunyit Anda sendiri dan bagikan di komentar di bawah!

Bagaimana Saya Bisa Menggunakan Kunyit di Wajah Saya?

Meskipun kita semua tahu bahwa cahaya sehat datang dari dalam– dari nutrisi yang baik dan meluangkan waktu untuk menjaga diri kita sendiri –tetapi siapa yang tidak mencari solusi cepat sekarang dan nanti?

Cobalah masker wajah kunyit ini untuk membantu Anda bersinar. Ini memiliki sifat menenangkan dan pengelupasan.

Pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu pada area kecil kulit untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi kulit.

Selain itu, kunyit dapat menodai, jadi hindari kontak dengan pakaian dan permukaan atau perabot Anda, selain itu kunyit dapat meninggalkan bintik-bintik kuning di wajah Anda yang mungkin membutuhkan beberapa hari untuk memudar.

Resep Masker Wajah Pasta Kunyit

  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok teh cuka sari apel
  • 2 sendok makan madu mentah
  • 1/2 sendok teh yogurt

Campur semua bahan dalam wadah kaca kecil dan oleskan ke wajah yang baru dibersihkan, hati-hati jangan sampai masuk ke mata Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Mungkin lebih mudah untuk dibilas saat mandi.

Anda dapat mengulang masker wajah satu atau dua kali seminggu tergantung pada kebutuhan kulit Anda, jadi simpan tambahan apa pun di lemari es untuk aplikasi Anda berikutnya.

Manfaat Kunyit

Apakah Anda meminumnya sebagai teh, meminumnya sebagai suplemen kunyit, menambahkannya ke resep makanan dan minuman favorit Anda, atau membuatnya menjadi pasta, bumbu emas ini memiliki banyak hal yang ditawarkan.

Secara internal, ini membantu menjaga sistem pencernaan Anda bahagia, memberi Anda dosis kekuatan antioksidan yang sangat dibutuhkan, dan bahkan dapat meningkatkan ingatan, suasana hati, dan rentang perhatian Anda.

Dan secara eksternal, ini dapat membantu membuat kulit Anda bersinar sehat.

Itu dia bagaimana cara membuat pasta kunyit beserta manfaatnya yang berlimpah. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah!