Cara Membuat Pare Goreng Crispy Renyah

cara membuat pare goreng

Resep Keripik pare Crispy, sehingga tidak pahit dan awet, sederhana, istimewa, dan enak. Keripik singkong, keripik bawang, keripik pisang, keripik bayam, dan keripik kentang adalah hal yang terlalu biasa dan sudah bisasa. Sekarang telah muncul keripik pare yang antimenstrim, yaitu keripik pare yang rasanya sangat pahit, tapi ada beberapa teknik untuk menghilangkan rasa pahit pare. Setidaknya kepahitan sedikit berkurang. Setelah dijadikan keripik renyah asin atau keripik renyah, cocok untuk bahan camilan baru. Bagi yang tidak suka makan pare, bisa mencoba keripik pare ini karena sama sekali tidak pahit dan kini sudah tersedia berbagai varian rasa, seperti keju. Artikel kali ini membahas tentang cara membuat pare goreng crispy dapat di buat di rumah dengan mengikuti resep yang telah kami rangkum khusus untuk anda. Keripik satu ini sangat mirip dengan keripik basreng khas bandung, dengan cara membuat basreng ayam yang terbilang cukup gampang.

Buah pare atau paria memang memiliki rasa yang pahit, namun pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayuran ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga dan fosfor.

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

1. Mengendalikan Gula Darah

Pare memiliki sifat bertindak seperti insulin dan membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Karena khasiatnya tersebut, pare dapat membantu menurunkan gula darah. Makan pare dapat membantu sel Anda mendapatkan glukosa yang dibutuhkan untuk makanan. Selain itu, pare juga dapat mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan mentransfernya ke hati, otot, dan jaringan adiposa. Meski begitu, pare belum disetujui untuk pengobatan atau pengobatan pra-diabetes atau diabetes, meski penelitian telah menunjukkan bahwa pare dapat mengontrol gula darah.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pare kaya akan antioksidan, salah satunya vitamin C. Antioksidan dapat melawan benda asing yang dapat merusak tubuh manusia. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan banyak penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Pare mengandung flavonoid seperti alpha-carotene, beta-carotene, lutein dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, manfaat lain dari pare adalah dapat meningkatkan penglihatan, terutama pada malam hari, dan memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini memainkan peran penting dalam melawan penuaan dan menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

4. Meredakan Asma

Sebum dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan oleh penyakit pernapasan tertentu (seperti asma, bronkitis, dan demam). Pare memiliki sifat antihistamin, anti-inflamasi dan antivirus, menjadikannya suplemen yang ideal untuk menjaga kesehatan pernapasan.

5. Mengobati Masalah Kulit

Pengobatan Tiongkok telah menggunakan labu pahit untuk mengobati masalah kulit. Senyawa antijamur dan antibakteri yang ada dalam labu pahit dapat melawan banyak infeksi kulit, termasuk kurap, kudis, dan bahkan psoriasis. Peeling dapat menghentikan aktivitas guanylate cyclase, dan guanylate cyclase dapat memperburuk psoriasis.

6. Membantu Mengobati HIV dan Herpes

Penelitian telah menunjukkan bahwa komponen fitokimia pada labu pahit dapat menghambat aktivitas human immunodeficiency virus. Kombinasi pengobatan Pare dan AIDS memiliki efek lain. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pare memiliki khasiat antivirus, yang dapat membantu mengobati pasien herpes simplex virus 1 (HSV-1) dan mencegah penyebaran herpes plak ke orang lain.

 

Resep Cara Membuat Pare Goreng Crispy

Bahan-bahan:

  • 1 kg pare
  •  2 sdm garam kasar
  • Air

Bumbu:

  • 8 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangria
  •  ½ sdt merica bubuk
  •  ½ sdt garam halus

Adonan:

  • 1 butir telur
  •  275 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka
  •  50 gram tepung terigu
  •  450 ml air
  •  1 sdt penyedap rasa
  •  ½ sdt kaldu jamur
  •  ½ sdt garam halus
  •  5 lembar daun jeruk iris halus

Bahan Pelengkap:

  •  Saus Tomat
  • Saus Sambal
  • Mayonaise

Cara Membuat:

  1. Cuci semua labu pahit dan buang bijinya. Potong menjadi irisan tipis, lalu tambahkan garam kasar dan air dan rendam selama kurang lebih 30 menit.
  2. Buang air rendaman dan cuci bersih dengan air mengalir (dua kali).
  3. Siapkan air panas hingga mendidih, matikan kompor, dan rendam labu pahit selama 10 menit agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa. Setelah itu, peras labu pahit tersebut hingga teksturnya kasar, lalu cuci bersih dengan air dingin.
  4. Campur bahan bumbu, lalu campur dengan bahan adonan dan aduk rata.
  5. Masukan pare ke adonan sampai tertutup rata.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang mengunaka deep fryer, lalu ambil pare dengan tangan (tanpa alat), goreng pare satu persatu, lalu terus diaduk agar tidak saling menempel.
  7. Goreng sampai pare mengering atau berwarna cokelat keemasan, angkat dari api dan tiriskan.
  8. Sajikan bersama saus tomat, saus sambal dan mayonaise.

Sekian artikel hari ini, cemilan ini cocok banget untuk menemani waktu santai anda dengan secangkir teh manis, dengan proses dan cara bikin keripik pare yang bisa anda tiru di rumah, Pembuatan keripik pare tidak berbeda dengan keripik tempe yang membedakan saat mengolah pare dan tempe. Karena pare memiliki rasa yang pahit, pare harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa pahit.Sekian dan terima kasih.