Cara Membuat Manisan Rambutan Enak Bikin Ngiler

Holla gaisss kembali lagi bersama mimin keceee, kali ini mimin mau berbagi resep lagi nih gaisss. Kalian yang penggila rambutan bisa banget nyobain resep cara membuat manisan rambutan enak yang bakal mimin share di bawah ini.

Buah rambutan sendiri seringkali ditemui hampir di setiap pekarangan rumah masyarakat Indonesia bahkan Asia Tenggara karena habitatnya yang berasal dari daerah tropis.

Ketika musim panen, banyak sekali buah rambutan yang terjatuh dan terbuang sia sia, oleh karena itu dengan resep yang bakal mimin bagiin ini, mimin harap buah rambutan yang kelebihan bisa kalian olah jadi manisan atau bisa juga kalian olah dengan resep es buah untuk jualan hehehe langsung aja kita menuju ke resep manisan rambutan nya ya gaiss cekidott!!!

Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

1. Resep Manisan Rambutan Enak

Mengusung nama kekinian yang ala ala, resep kali ini memang agak berbeda dengan resep lain nya dan juga dengan mengutamakan keestetikan visual nya.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Enak:

  • 15 biji buah rambutan
  • 4 buah strawberry
  • 1/2 buah jeruk lemon
  • 4 buah cabai rawit
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Enak:

  1. Seperti biasa kita bersihkan dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas hingga bersih. Untuk membuat rambutan nya terkesan lebih bersih lagi kita bisa mencuci hasil rambutan yang udah kita kupas tadi
  2. Kemudian potong strawberry, jeruk lemon serta cabai rawit dan sisihkan terlebih dahulu di sisi lain
  3. Siapkan wadah untuk penyajian nya kemudian masukkan rambutan yang udah dirajang tadi bersama dengan cabai serta strawberry dan potongan jeruk lemon
  4. Tambahkan gula pasir dan garam bisa sesuai selera atau mengikuti resep mimin inI, setelah itu aduk hingga merata
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dengan durasi kurang lebih 4 hingga 5 jam namun ngga masalah juga kalo mau semalaman
  6. Manisan rambutan enak kini siap disajikan

2. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis

Cocok banget ni buat kalian yang bingung pengen yang pedes pedes, tapi ngga kuat nahan pedes. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis ini bisa dijadikan pilihan buat kalian.

Bahan-Bahan Resep Manisan Rambutan Pedas Manis:

  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah cabai bisa merah keriting bisa juga rawit tergantung selera kalian
  • 1 buah lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 8 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Pedas Manis:

  1. Cuci bersih rambutan sebelum dikupas kemudian kupas dan hilangkan biji nya sampai tersisa daging nya aja lalu cuci ulang lagi
  2. Masukkan rambutan yang udah dirajang tadi ke dalam panci dan rebus bersama garam dan gula pasir sesuai resep tadi
  3. Sementara rambutan garam dan gula direbus, ulek juga cabai tadi hingga halus dan segera masukkan ke dalam panci yang berisi rambutan sebelum mendidih
  4. Tunggu sampai mendidih sambil mengiris lemon dan masukkan irisan nya ke rebusan tersebut
  5. Tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah untuk menyajikan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas

3. Resep Manisan Rambutan Basah

Bahan-bahan Resep Rambutan Basah:

  • 10 ikat buah rambutan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 liter alir
  • 1/2 kg gula pasir

Cara Membuat Resep Manisan Rambutan Basah:

  1. Pertama kita cuci bersih dulu buah rambutan nya kemudian kita kupas dan biji nya dibuang
  2. Belah daging rambutan menjadi 2 bagian atau bisa disesuaikan selera kalian
  3. Rebus air dan gula pasir hingga agak mendidih kemudian masukkan daun pandan
  4. Setelah mengeluarkan aroma harum, masukkan daging rabutan tadi, aduk hingga rata dan matang
  5. Angkat rambutan dan biarkan tetap basah(jangan dikeringkan)
  6. Berikutnya beri air perasan jeruk nipis agar membuat manisan tersebut terlihat segar
  7. Kemudian tunggu manisan rambutan sampai benar-benar dingin dan masukkan ke dalam lemari selama beberapa jam
  8. Voila Resep Manisan Rambutan Basah siap disajikan

Gimana gaisss?? dari ketiga resep di atas, kira kira mana yang memikat hati kalian dan membuat kalian tertantang? jangan lupa kabarin mimin ya kalo kalian udah berhasil bikinnya nanti kita adu rasa okee hahaha selamat mencoba gaiss!!