Cara Membuat Lupis Ketan Hitam Manis Legit

cara membuat lupis ketan

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat lupis ketan hitam setelah artikel pada sebelumnya yaitu cara membuat lupis yang enak.

Lupis merupakan salah satu makanan tradisional khas Jawa, makanan ini mempunyai rasa manis yang bisa mamanjakan lidah saat dimakan. Makanan ini terbuat dari beras ketan putih maupun hitam yang kemudian dikukus dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga ataupun lonjong.

Makanan ini dapat anda jumpai di toko pusat oleh – oleh tradisional ataupun juga di pasar tradisional. Kebanyakan makanan ini dijual bersamaan dengan cethil yang kemudian ditaburi dengan saus gula merah. Manisnya menjadi bertambah dan bisa menggugah selera para penikmatnya.

Nah untuk kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat lupis dengan menggunakan bahan utama beras ketan hitam. Berikut cara membuatnya:

Cara Membuat Lupis Ketan Hitam

cara membuat lupis ketan hitam

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg beras ketan
  • 1/2 butir kelapa, parut kasar
  • 1/4 kg gula merah
  • Daun pisang secukupnya
  • Air secukupnya
  • 2 lembar daun pandan, potong kecil – kecil

Langkah – Langkah :

  1. Siapkan semua bahan dan jangan sampai ada yang terlupa.
  2. Rebus gula merah dengan menggunakan air, rebus sampai gulanya mencair rata kemudian saring menggunakan saringan. Taruh di mangkok yang bersih, sisihkan.
  3. Bersihkan daun pisang menggunakan lap yang bersih kemudian bentuk daun pisang menjadi bentuk segitiga lalu beri beras ketan hitam.
  4. Lipat dengan rapat jangan sampai ada celah yang terbuka kemudian patenkan dengan lidi.
  5. Rebus air bersamaan dengan daun pandan sampai mendidih, lalu masukkan lupis yang sudah dibungkus dengan daun pisang tadi.
  6. Masak kurang lebih selama 1 jam. Angkat dan tiriskan.
  7. Buka lupis dari bungkusnya lalu gulungkan ke parutan kelapa tadi.
  8. Sajikan dengan tambahan taburan diatasnya dengan air gula merah tadi.
  9. Lupis ketan hitam siap untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat lupis ketan hitam ini di rumah. Bahan yang diperlukan pun tidak sulit untuk didapatkan di warung ataupun pasar sekitar rumah anda. Jangan lupa hidangkan lupis ini bagi keluarga anda di rumah.

Mengenal Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam yang menjadi bahan utama pembuatan lupis ini selain rasanya yang enak namun juga memiliki banyak kandungan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Oryza sativa var. glutinosa atau beras ketan merupakan jenis beras yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur.

Beras ini memiliki kandungan zat besi, protein, serat, karbohidrat, vitamin E dan juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, magnesium, sodium, dan zinc. Nah bisa disimpulkan dari banyaknya kandungan nutrisi yang ada di beras ketan maka manfaat yang yang diperoleh setelah mengkonsumsinya juga sangat banyak.

Selain itu warna hitam yang terkandung dalam ketan hitam ini dimanfaat sebagai pewarna alami saat pengolahan makanan. Memakai ketan hitam sebagai pewarna makanan tentunya lebih menyehatkan daripada memakai perwarna buatan makanan.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan atau bahkan minuman yang menggunakan pewarna buatan dapat berpotensi menyebabkanĀ  masalah gangguan pada kesehatan. Masalah tersebut sepertiĀ  terkena resiko penyakit kanker, alergi dan hiperaktif pada anak – anak.

Jadi tidak sia – sia bukan, mengkonsumsi ketan hitam secara rutin karena bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang dihasilkan oleh ketan hitam.

Jangan lupa untuk mencoba membuat lupis ketan hitam ini di rumah dan sajikan untuk keluarga anda di rumah dan jangan lupa untuk mencoba resep yang lain seperti resep soto ayam untuk jualan. Selamat mencoba.