Cara Membuat Kopi Susu Kekinian Ala Rumahan

cara membuat kopi susu

Oke kali ini akan saya jelaskan tentang bagaimana cara membuat kopi susu dengan resep ala rumahan tapi rasa nya tidak kalah dengan kopi susu buatan kafe kafe yang ada di Italia sana.

Pasti semua kalangan mengetahui dengan minuman semacam ini. Kopi susu adalah minuman yang tercipta dari perpaduan pahitnya kopi dan manis gurihnya susu.  Minuman kopi dan susu ini  dipadupadankan dan dikreasikan menjadi minuman tersendiri bagi para pecinta minuman baik minuman kopi maupun susu pasti merasakan citarasa yang  berbeda dari minuman yang satu ini.

Kopi

cara membuat kopi susu

Kopi merupakan hasil dari pemrosesan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan sehingga menjadi bubuk yang siap diseduh dengan air.Kopi itu sendiri mempunyai citarasa yang pahit tapi dari kepahitan itulah para penggemar kuliner menyukai kopi karena ke khas an kopi dalam menyebarkan ciratasa uniknya sehingga dapat membangun gairah tersendiri setelah mencicipi secangkir kopi.

Susu

cara membuat kopi susu

Susu merupakan cairan penuh gizi yang mayoritas berasal dari kelenjar susu mamalia. Seperti sapi, kambing, unta, bahkan manusia . Susu ini biasanya diperuntukkan untuk bayi karena kandungan gizi yang ada didalam susu sangat baik untuk pertumbuhan bayi . Tetapi orang dewasa pun juga tidak luput dari kegiatan meminum susu ini. Susu mempunayi rasa  yang manis dan gurih yang dihasilkan susu membuat siapa saja ketagihan untuk meminum susu lagi dan lagi.

8 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Terkenal Nikmat

cara membuat kopi susu

Indonesia sebagai negara yang memiliki lokasi geografis dan struktur tanah yang baik, Indonesia menjadi surga bagi segala macam jenis tanaman, termasuk kopi.  Tersebar luas perkebunan kopi yang tersebar di wilayah Indonesia, membuatnya memiliki macam-macam kopi dengan karakteristik yang unik. Apa saja jenis kopi nusantara?

1. Kopi Jawa

Jawa merupakan daerah penghasil biji kopi satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar nusantara. Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Kopi jenis arabika ini tumbuh dengan baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius atau berada pada ketinggian di atas 1.500 meter.

2. Kopi Luwak

Asal-usul Kopi Luwak ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Pada awal abad ke-18, Belanda baik di Jawa maupun Sumatra, salah satunya jenis Arabika yang diperkenalkan dari Yaman. Pada era Tanam Paksa (1830-1870), Belanda melarang petani pribumi untuk menanam kopi untuk keuntungan sendiri.

Para petani indonesia mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk menjadikannya minuman kopi buatan mereka sendiri.

Kopi jenis luwak  ini mempunyai aroma yang khas dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit. Samapai kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Luwak ini bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan tersebut.

3. Kopi Aceh Gayo

Kopi Gayo merupakan kopi yang  berasal dari daerah Aceh Tengah tepatnya Gayo. Jenis kopi ini menjadi salah satu kopi yang paling banyak dikonsumsi dan diekspor ke luar negeri.

Untuk rasanya tersendiri kopi gayo ini mempunyai rasa agak pahit, namun aroma gurih yang dimunculkan dari Kopi Gayo memberikan sensasi tersendiri dalam setiap seruputnya.

4. Kopi Sumatra

Kopi Sumatra merupakan kopi yang memiliki beberapa subjenis yang berasal dari Sumatra Utara, yaitu Sidakalang, Lintong, dan Mandheling. Rasa dari kopi ini  memiliki rasa yang berat dan merupakan jenis kopi paling kompleks di dunia.

Para ahli mengatakan bahwa kopi ini memiliki cita rasa yang unik karena terksturnya halus namun beraroma pedas bagai rempah dan menyengat. Oleh karena itu yang menyebabkan Kopi Sumatra menjadi salah satu yang terlaris.

5. Kopi Flores Bajawa

Pulau Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Sedikit orang yang tahu bahwa pulau ini juga menghasilkan kopi yang nikmat. Kopi Flores Bajawa merupakan kopi yang berasal dari daerah Ngada.

Untuk penanam jenis kopi ini ditanam di dataran subur Flores dengan dikelilingi oleh pegunungan yang masih aktif. Dan tanahnya mengandung Andosol yang merupakan hasil vulkanis dari gunung berapi yang ternyata sangat baik untuk menanam kopi.

Jenis kopi Flores Bajawa biasanya diproses melalui penggilingan basah. Jenis kopi flores bajawa ini mempunyai ciri-ciri aroma buah kopinya bercampur dengan sedikit aroma tembakau. Keunikan tersendiri yang tidak dimiliki dari kopi jenis lain.

6. Kopi Kintamani

Kopi  Kintamani adalah kopi sebuah daerah di Pulau Bali, jenis kopi ini memiliki cita rasa yang unik dibandingkan dengan kopi dari daerah lain nusantara.

Untuk jenis kopi Kintamani ini ditanam bersama dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk Kintamani. Untuk menanamnya sendiri menggunakan sistem tumpangsari. Inilah yang menyebabkan biji Kopi Kintamani memiliki rasa buah seperti jeruk. Selain itu, jenis kopi ini bercita rasa lembut dan tidak berat.

7. Kopi Sulawesi

Pulau sulawesi merukapan pulau  yang menghasilkan kopi utama lainnya di Indonesia adalah Sulawesi yang dulunya dikenal dengan nama Celebes. Kopi di Sulawesi ditanam dengan metode kering.

Pemilihan pun dilakukan dengan tangan yang menjadikannya berkualitas tinggi karena hanya biji yang terbaiklah yang dipetik. Para petani kopi di sulawesi melakukan hal tersebut karena daerahnya yang berbukit-bukit ,sehingga hanya menghasilkan hanya 300 kg per hektar tanaman kopi.

8. Kopi Papua Wamena

Jenis kopi papua wamena adalah kopi yang berasal dari Indonesia bagian Timur ini tumbuh pada ketinggian 1,500 meter dengan suhu sekitar 20 derajat Celcius.

Cara menanam kopi jenis ini dengan cara organik dan tidak menggunakan bahan kimia yang bisa mempengaruhi kopi itu sendiri. Kopi ini mempunyai  cita rasa ringan dan lembut serta aroma dan tekstur menyengat yang hampir tanpa bulir, Kopi Papua Wamena.

Manfaat Minum Kopi Susu

Dr. Marudut menjelaskan bahwa kopi campur susu justru bisa menurunkan nilai gizi dari susu. Karena memilliki kandungan tanin pada kopi ternyata mampu mengikat zat besi yang ada di dalam susu.

Tanin merupakan antioksidan berjenis polifenol yang berfungsi untuk mencegah atau menetralisir efek radikal bebas merusak di dalam tubuh.  Susu juga mengandung mineral yang kinerjanya akan dipengaruhi oleh tanin, salah satunya zat besi dan kalsium. Tanin ini jusa bisa ‘mengikat’ zat besi sehingga mengganggu proses penyerapannya ke dalam tubuh, begitu juga dengan kalsium.

Kandungan yang ada di dalam susu adalah kalsium, Anda tidak perlu khawatir terhadap hilangnya kandungan zat besi dari susu. Menurut dokter Marudut mengungkapkan, kopi campur susu atau kopi campur teh bisa menghilangkan 10 persen kadar kalsium susu.

Minuman  kopi susu ini  tidak hanya berfungsi sebagai antidepresan namun juga bisa mencegah perubahan suasana hati sehingga bisa merasa lebih bahagia secara menyeluruh. Hal ini disebabkan karena kafein dalam kopi dan juga kandungan dalam susu yang bisa mengendalikan mood lewat neurotransmitter pada otak sehingga bisa memberikan perasaan yang jauh lebih menyenangkan.

Untuk secangkir kopi susu berukuran sama yang diracik dengan susu tanpa lemak mengandung 100 kalori, 35 persen kalsium, 15 gram karbohidrat, dan 10 gram protein. Apabila kamu menggunakan susu full-fat, kandungan gizi dalam gelas kopi susu Anda menjadi: 180 kalori, 30 persen kalsium, 14 gram karbohidrat, 10 gram protein dan 9 gram lemak. Minuman jenis ini dikenal sebagai latte, memiliki porsi susu yang lebih banyak dibanding cappucino.

Cara Membuat Kopi Susu

cara membuat kopi susu

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 1 sdm kopi bubuk hitam
  • 3 sdt gula pasir
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sdm creamer
  • Air panas secukupnya
  • 1 sdt bubuk coklat plain

Langkah-Langkah Membuat kopi susu:

  1. Tambahkan kopi bubuk, gula pasir, dan bubuk coklat plain dalam satu gelas ataupun cangkir.
  2. Tuangkan air panas 160 ml ke dalam gelas/cangkir.
  3. Lalu, tambahkan susu kental manis(kalau bisa susu tuang barengan dengan air panas).
  4. Aduk-aduk sampai semua ter-mix(campur rata).
  5. Tunggu sebentar agar rasa kopi yang lebih nendang bin nikmat, bisa ditambahkan krimer diatasnya.
  6. Aduk sampai merata dan kopi susu siap disruput.

Itulah dia cara membuat kopi susu kekinian ala rumahan. Yang terpenting adalah kamu memakai takaran bahan yang pas. Selamat mencoba di rumah!. Dan anda juga dapat menggunakan mesin cup sealer atau mesin penutup gelas plastik untuk minuman seperti jus ,kopi,teh dan lain sebagainya. Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk sobat sekalian…