Cara Membuat Kerupuk Bawang

Pada kali ini saya akan membuat artikel cara membuat kerupuk bawang Siapa yang tidak pernah mencicipi kue kering atau keerupuk yang satu ini? Hampir dimanapun camilan jenis ini sangat mudah untuk ditemui.

Mulai dari yang dikemas ketengan dan dijual di warung-warung kecil tepi jalan hingga yang kemasannya ekslusif dan untuk mencobanya saja perlu melakukan order jauh-jah hari.

Kue bawang merupakan panganan jenis camilan yang masuk kategori keripik, umumnya bentuknya tipis-tipis seperti keripik atau memanjang seperti bentuk korek api.

Oleh karena itu kue yang satu ini sudah pasti memiliki tekstur yang renyah, disamping renyah karena salah satu bahan dasarnya adalaha bawang maka rasa yang dimiliki oleh kue yang satu ini gurih nan lezat.

Warna kue bawang yang agak kecokelatan, ini karena adanya  proses penggorengan dalam membuat kue bawang, tidak heran kue ini bisa memiliki tekstur renyah.

Kue ini sebenarnya sangat mudah untuk dijumpai dimanapun dan kapanpun, namun produksi kue bawang sangat meningkat pada saat menjelang hari-hari besar. Karena biasanya kue yang satu ini melengkapi suguhan kue-kue kering lainnya.

Cara Membuat Kue Bawang

Itu tadi sedikit tentang kue bawang. Kue yang satu ini bisa jadi camilan yang benar-benar akan membuat kalian ketagihan jika kalian membuatnya dengan komposisi yang pas.

Sekarang penulis akan membagikan beberapa resep kue bawang, mulai dari yang original hingga aneka variasi lainnya. Yuk simak cara membuat kue bawang!

1. Resep Kue Bawang OriginalCara Membuat Kue Bawang

Bahan-bahan kerupuk bawang:

  • Tepung terigu 1 kg
  • Bawang putih 15 siung (haluskan)
  • Bawang merah 10 butir (haluskan)
  • Ketumbar bubuk 3 sendok teh
  • Merica bubuk ¼ sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 3 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Seledri 2 batang (cincang halus)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)

Cara membuat kerupuk bawang:

1. Siapkan wadah

Untuk membuat kerupuk bawang, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan wadah. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menguleni adonan agar proses pengulenan lebih mudah.

2. Masukkan semua bahan

Cara membuat kerupuk bawang selanjutnya yaitu masukkan semua bahan (kecuali minyak goreng dan daun pisang) ke dalam wadah yang telah Anda siapkan.

Untuk air sebaiknya tuang di belakang setelah semua bahan-bahan tercampur merata. Setelah itu barulah tuang air ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.

Jika dirasa sudah cukup, hentikan menambah air lalu uleni adonan sampai terbentuk adonan yang kalis. Jika masih terasa keras, tambahkan sedikit air lagi.

3. Bungkus adonan

Langkah berikutnya yaitu membungkus adonan layaknya membungkus lontong. Bentuk daun pisang memanjang lalu masukkan adonan ke dalamnya, setelah itu gunakan lidi untuk merekat kedua ujungnya.

4. Kukus adonan

Cara membuat kerupuk bawang berikutnya yaitu kukus adonan tersebut selama kurang lebih 3 jam. Setelah dikukus, diamkan adonan sampai benar-benar dingin. Selanjutnya barulah Anda dapat memotong adonan tipis-tipis.

5. Jemur adonan

Jika sudah dipotong-potong, Anda dapat menjemurnya di bawah terik matahari sampai kering. Jemurlah sampai benar-benar kering agar kerupuk dapat mengembang secara sempurna.

6. Goreng kerupuk yang sudah kering

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah memanaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, kecilkan api lalu goreng kerupuk yang sudah dikeringkan sampai matang.

Alat Yang Digunakan Dalam Membuat kerupuk Bawang :

  • Pisau
  • Wajan
  • Rolling pin

Cara Membuat Kerupuk bawang Original :

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam membuat kue bawang.
  2. Selanjutnya, siapkan blender untuk menghaluskan bawang putih.
  3. Pada tempat terpisah masukan garam ke dalam santan agar tercampur rata, lalu tambahkan sedikit santan ke dalam blender  ketika menghaluskan bawang putih. Dan jika bawang putih sudah halus dan tercampur rata maka sisihkan.
  4. Setelah itu rajang bawang merah, lalu kemudian siapkan wajan dan minyak untuk menumis bawang merah. Tumislah hingga bawang merah layu.
  5. Jika sudah campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan sisa santan. Jika semua bahan sudah dimasukkan aduk hingga merata sampai adonan bisa diuleni. Uleni adonan sampai kalis.
  6. Pastikan adonan jangan terlalu lembek, karena jika lembek nanti akan lengket ketika akan digiling menggunakan cetakan.
  7. Apabila sudah maka ambil segumpal adonan lalu kemudian gilinglah dengan rolling pin. Giling adonan berulang agar mendapatkan lembaran halus, biasanya tiga kali giling adonan sudah menjadi lembaran halus.
  8. Taburkan alas adonan dengan menggnakan tepung supaya adonan tidak lengket saat akan diangkat nantinya. selanjutnya kalian bisa memotong adonan sesuai selera.
  9. Siapkan wajan dengan agak banyak minyak, kemudian panaskan dan goreng adonan yang telah dibentuk. Dalam menggorengnya pergunakanlah api sedang.
  10. Gorenglah hingga kue bawang matang, yang menandakan kue bawang sudah matang yaitu warnanya yang berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah mendapatkan warna yang demikian angkatkah dan tiriskan kue bawang.
  11. Terakhir, diamkan keripik bawang yang sudah matang diatas tampah yang dialasi kertas agar minyaknya tiris dan mendingin. Jika sudah dingin maka kue bawang siap dimasukkan ke dalam toples.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya tentang artikel di atas ini adalah cara membuat kerupuk bawang.