Cara Membuat Keripik Usus Tanpa Tepung

Cara Membuat Keripik Usus Tanpa Tepung Peredaran produk ini sendiri lebih banyak terkonsentrasi di jawa tetapi beberapa tahun belakangan popularitasnya diluar jawa juga meningkat. Status sosial kripik saat ini meningkat dari sebuah produk kampung menjadi makanan ringan yang bergengsi.

Penghargaan besar tentu harus kita tujukan kepada kripik maicih yang sukses mengangkat derajat keripik singkong menjadi memiliki nilai tambah. Mau coba membuatnya sendiri? ini dia caranya

Cara Membuat Keripik Usus Ayam Tanpa Tepung

cara membuat keripik usus simple

Bahan:

  • 250 gram usus ayam, potong sepanjang 10 cm
  • 50 ml air
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh kapur sirih
  • 375 ml air
  • 2,5 siung bawang putih
  • 1/2 ssndok teh garam

Cara Membuat:

  1. Pertama bersihkan bahan keripik usus dengan menggunakan garam, campurkan dengan usus yang sudah di poyong kemudian remas-remas dan di hingga benar benar cuci bersih.
  2. Langkah kedua campurkan kapur sisrih dengan air kemudian saring, ambil air saringan yang bening.
  3. Campur semua bahan bumbu kemudian haluskan berikutnya tambahkan air kapur sirih.
  4. masukan usus ayam kedalam wadah bumbu halus. diamkan dahulu selama kurang lebih 10 menit sambil sesekali campuran diaduk diaduk.
  5. Panaskan minyak cukup banyak dan goreng usus yang sudah anda bumbui tadi. jika anda suka yang crispy bisa juga menggunakan teknik dalam resep ayam goreng crispy untuk adonan tepungnya.

Tips Usus Yang Baik

Usus ayam yang disuguhkan di pasar tidak selalu bagus. Ada usus yang sudah lama. Bahkan ada yang lebih parah lagi, ada usus yang sengaja diberi formalin supaya awet. Oleh sebab itu, anda haris mengetahui cara memilih usus ayam yang masih layak.                                                                                    Berikut ini cara memilih usus yang bagus

  1. Warnanya kekuningan segar
  2. Tekstur tidak kenyal
  3. Tidak berbau busuk
  4. Kalau beli di supermarket, cek tanggal kemasnya

Bahaya Memakan Keripik Usus Tanpa Tepung Secara Berlebihan

Selain banyak manfaat yang terdapat pada resep keripik usus, ternyata keripik usus memiliki bahaya jika kita mengonsumsinya berlebihan.

Bahaya yang paling ditakuti adalah kandungan kolesterol pada jeroan ayam, termasuk usus. Jeroan ayam termasuk usus memiliki kolesterol yang tinggi. Dalam 3.5 ons jeroan ayam memiliki 370 mg kolesterol.

Padahal, kadar kolesterol yang dibutuhkan setiap orang pada umumnya adalah tiap harinya tidak boleh lebih dari 300 mg.

Jika Anda makan jeroan ayam berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko penyakit stroke, jantung, dan berbagai jenis kanker.