Cara Membuat Keripik Tempe

Pada artikel kali ini saya akan membuat artikel cara membuat keripik tempe Salah satu resep makanan atau cemilan yang namanya cukup terkenal dan populer adalah resep keripik tempe, Keripik adalah makanan ringan renyah yang dapat dibuat dari aneka macam bahan utama dan salah satunya ada yang menggunakan tempe, Karena terbuat dari bahan dasar tempe sehingga dinamakanlah keripik tempe.

Resep keripik tempe aneka rasa renyah gurih  tempe yang biasa dibuat menjadi berbagai masakan lezat ternyata dapat juga diracik menjadi sajian makanan dan cemilan garing renyah seperti keripik.

Salah satu resep makanan atau cemilan yang namanya cukup terkenal dan populer adalah resep keripik tempe. Keripik adalah makanan ringan renyah yang dapat dibuat dari aneka macam bahan utama dan salah satunya ada yang menggunakan tempe, Karena terbuat dari bahan dasar tempe sehingga dinamakanlah keripik tempe. Resep keripik tempe aneka rasa renyah gurih  tempe yang biasa dibuat menjadi berbagai masakan lezat ternyata dapat juga diracik menjadi sajian makanan dan cemilan garing renyah seperti keripik.

Makanan ini dapat dijadikan sebagai cemilan atau bisa juga dijadikan sebagai lauk karena memiliki rasa gurih yang nikmat. Tempe dengan harga yang murah tapi dengan manfaat yang tidak murahan, kualitas produk kita selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Bagi anda yang ingin mencoba membuat sajian cemilan renyah keripik tempe ini dapat mencobanya dengan mengikuti tata cara pembuatannya dari resep cemilan renyah keripik tempe aneka rasa berikut ini :

Bahan-bahan :

  1.  Tempe di iris tipis-tipis
  2.  5 sdm tepung beras
  3.  3 sdm tepung terigu
  4.  Air putih 1800 cc / sampai adonan encer
  5.  Minyak goreng secukupnya
  6.  Kaldu ayam bubuk secukupnya
  7.  1/2 sendok teh merica bubuk
  8.  4 siung bawang putih, kemudian haluskan
  9.  Garam 3/4 sendok teh
  10. Tambahkan daun bawang prei secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe :

  1. Iris tipis tempe kemudian jemur.
  2. Buat adonan pencelup, tambahkan air sampai encer.
  3. Haluskan bahan untuk bumbu kemudian simpan dalam wadah. Tambahkan bumbu halus aduk lagi sampai merata.
  4. Panaskan minyak, lalu ambil tempe yang udah hampir kering kemudian celupkan ke adonan tepung.
  5. Berikutnya, ambil tempe lalu di iris tipis-tipis kemudian rendam dalam campuran bumbu dalam wadah. Tunggu sampai campuran bumbu meresap ke dalam tempe.
  6. Goreng dengan api atau mesin sedang sampe warna kuning  & matang, Selanjutnya goreng tempe yang sudah direndam dalam campuran bumbu hingga matang dan garing.
  7. Angkat kemudian tiriskan. Keripik dapat langsung disajikan.
  8. Simpan tempe garing atau keripik tempe ke dalam toples kedap udara atau bungkus dengan plastik kedap udara agar kriuk renyahnya tetap terjaga.
  9. Anda dapat menaburi  kripik tempe dengan berbagai macam rasa. Kocok-kocok, campurkan lalu tutup rapat. (Opsional)
cara membuat keripik tempe
Sajian keripik tempe ini dapat juga ditambahkan dengan aneka macam rasa sesuai selera yang disukai. Kripik yang terbuat dari bahan dasar tempe ini dapat diolah dengan berbagai macam rasa yang enak misalnya seperti keripik tempe dengan berbagai rasa. Anda tinggal menambahkan bahan tambahan : Penyedap rasa barbeque secukupnya, Penyedap rasa keju secukupnya, Penyedap rasa balado secukupnya, Penyedap rasa bawang secukupnya.