Cara Membuat Keripik Pisang Balado yang Renyah dan Tahan Lama

keripik pisang balado
Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat keripik pisang balado. Namun, sebelumnya tahukah kamu apa itu cara membuat keripik pisang balado?? Mari kita simak…
Cara membuat keripik pisang balado ini bisa dikatakan gampang karena buah pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim alias selalu ada di setiap saat. Kita tidak perlu untuk menunggu musim tertentu untuk memanen buah pisang.
Sebenarnya kalau dibandingkan dengan olahan pisang yang lain, cara membuat keripik pisang bisa dikatakan sedikit lebih rumit. Sedikit lho ya. Cuma sedikit kok. Olahan pisang lainnya yang jauh lebih mudah adalah pisang goreng yang tentu saja mudah ditemui terutama di penjual gorengan.
Nggak perlu dipikir dulu kalau cara membuat keripik pisang balado itu susah, yang penting kita tahu cara membuat keripik pisang. Dan kalau memang kita pintar mengambil kesempatan, kita bisa membuat hal ini menjadi ladang uang lho. Bagaimana? Tertarik mencoba? Yuk, langsung saja simak cara membuat keripik pisang aneka rasa di bawah ini.

Cara Membuat Keripik Pisang Balado yang Renyah dan Tahan Lama

keripik pisang balado2
Bahan :
Pisang ambon 10 buah
Kapur sirih 1 sdt
Air bersih 1 L
Bumbu bubuk balado 2 sdm
Garam halus 1 sdt
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa yang Balado:
1. Kupas semua kulit pisang lalu iris dengan tipis seperti logam koin.
2. Siapkan wadah bersih, lalu tuang air ke dalamnya.
3. Masukkan kapur sirih, aduk hingga tercampur rata.
4. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalamnya. Rendam selama kurang lebih 1 jam.
5. Siapkan wadah bersih lainnya.
6. Tiriskan pisang, taruh pada wadah lalu taburi garam. Aduk sampai rata.
7. Siapkan penggorengan dengan api sedang. Biarkan hingga minyak panas.
8. Goreng pisang hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.
9. Campurkan bumbu bubuk balado dengan garam hingga tercampur sempurna.
10. Siapkan wadah tertutup, masukkan pisang lalu masukkan pula bumbu.
11. Tutup wadah lalu kocok wadah hingga bumbu menempel pada pisang.
12. Keripik pisang rasa balado yang gurih siap disajikan.
Efek Samping Mekonsumsi Keripik Pisang Aneka Rasa
1. Mengantuk
Kantuk (drowsiness) adalah keadaan ketika seseorang ingin tidur. Sayangnya, kondisi kantuk ini dapat terjadi pada saat yang tidak tepat. Akibatnya orang tersebut akan tertidur pada saat yang juga tidak tepat, misalnya di tengah-tengah aktivitasnya saat  melakukan pekerjaannya.
Perasaan mengantuk yang berlebihan pada siang hari dapat menjadi sebuah tanda adanya gangguan tidur. Meskipun terkesan sebagai masalah yang sederhana, tapi keluhan kantuk berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan lain, seperti gangguan produktivitas kerja atau penurunan prestasi sekolah.
Pisang mengandung tryptophan yang bisa membuat kamu sangat merasa mengantuk. Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino memasuki otak kamu.
Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang biasa membuat kamu mengantuk. Magnesium yang ada pada pisang juga dikenal bisa merilekskan otot tubuh. Bisa dibayangkan, tubuh kamu akan jadi super mengantuk jika makan pisang dalam jumlah yang banyak.
2. Hormon Tak Seimbang
Hormon merupakan kelompok biokimia dalam tubuh yang berperan penting dalam setiap fungsi tubuh, oleh karena itu kadarnya harus tetap seimbang. Ketidak seimbangan hormon terjadi karena adanya gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat
Keseimbangan hormon yang ada didalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh xeniobiotik yang ada dalam pisang. Dalam hal ini, yang terpengaruh adalah hormon estrogen perempuan dan androgen pada pria.
Terlalu banyak mengonsumsi pisang bisa mengacaukan keseimbangan kedua hormon ini, dan dampak negatif tersebut bisa dirasakan langsung oleh perempuan dengan kacaunya siklus haid dan rasa lelah yang berlebihan.
3. Kadar Gula Darah
Kadar gula darah merupakan banyaknya zat gula atau glukosa di dalam darah. Meskipun sangat senantiasa mengalami perubahan, kadar gula darah perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.
Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan atau minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin. dan kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena mengandung gula alami bernama glukosa. Jika kamu mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak, tentunya bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Bahkan, gigi kamu juga bisa merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisang, lho. Enamel pada gigi bisa rusak.
Sekian resep keripik pisang balado ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.