Cara Membuat Kentang Balado Enak, Gurih dan Nikmat

cara membuat kentang balado

Kali ini saya akan membagikan sebuah resep yang pastinya kalin suka ni boor yaitu Cara Membuat Kentang Balado Enak, Gurih dan Nikmat. Apabila anda kepingin cepat proses pembuatan kentang baladonya  kalian juga bisa pake mesin pengupas kulit kentang ya boor supaya makin praktis dan cepat.

Kentang balado adalah masakan yang sudah sangat populer dan digemari banyak orang ya boor. Tak mengherankan jika menu yang satu ini sudah hampir selalu tersedia di warung nasi atau rumah makan yang menyajikan nasi rames.

Kentang balado sangat cocok dinikmati dengan nasi putih yang hangat bersama dengan teman nasi lainnya seperti ayam goreng ataupun rendang. Tapi menu yang satu ini juga lazim dijadikan sebagai salah satu menu makanan pelengkap nasi uduk Betawi ataupun sebagai pelengkap nasi kotak.

Ibu-ibu di rumah pun umumnya sangat senang membuat kentang balado karena bahannya mudah didapat, membuatnya  cepat dan mengerjakannya tidak sulit.

Selain bisa menambah variasi hidangan di meja makan juga bisa berfungsi untuk melengkapi sajian yang lain, dan tentunya membuat siapa pun yang makan menjadi semakin berselera.

Biasanya kentang balado dibumbui dengan banyak cabai, sehingga rasanya tak hanya gurih tapi juga sangat pedas, efeknya makin menambah nafsu makan. Tetapi ada juga yang menggunakan tambahan tomat.

Penyuka rasa pedas biasanya tidak hanya menggunakan cabai merah besar atau cabai keriting saja, terkadang masih ditambah dengan cabai rawit merah atau cabai setan.  Hasilnya sudah pasti sangat pedas sekali.

Bagusnya, kita tak akan sampai kepedasan jika membuat sendiri. Soalnya jika cabai yang kita masukkan terlalu banyak dan rasanya menjadi terlampau pedas, kita bisa menambahkan gula merah, gula pasir dan garam sedikit untuk menetralisir.

Biasanya rasa pedasnya akan langsung berkurang. Mudah bukan teman-teman? Jangan terlalu takut salah menakar cabai. Kita bisa membuatnya sesuai dengan selera kalian masing-masing ya boor.

Cara Membuat Kentang Balado

Ada juga orang yang membuat kentang balado tanpa asesori lainnya. Namun tak jarang kentang balado diberi tambahan petai, ikan bilis, ikan teri, hati ayam dan ampela ayam, udang, ataupun telur puyuh yang membuat rasanya semakin nikmat banget ni boor.

Nah, kentang balado model seperti apa yang menjadi favorit kalian semua boor? Apakah cukup yang plain saja seperti resep berikut ini, atau dengan asesori khusus? Bila ingin menambahkan bahan yang lain, teman-teman bisa menggorengnya lebih dulu, lalu menambahkan bawang merah dan cabai pada bumbu halusnya.

Yukk boor langsung saja kita lihat apa saja si bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kentang balado ini dan juga bagaimana si proses pembuatannya supaya menjadi kentang balado yang enak, gurih dan nikmat?. Simak baik-baik yah boor artikel yang saya bagikan kali ini.

Bahan-bahan untuk Membuat Kentang Balado :

  • 8-10 buah Kentang
  • 10 biji Cabai merah keriting
  • 3 biji Cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • secukupnya Gula dan garam

Bumbu-bumbu untuk Membuat Kentang Balado :

  • Garam yang diberi air
  • Ulek cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan juga bawang putih sampai halus, jangan sampe lupa tambahkan garam dan sedikit gula.

Cara membuat Kentang Balado :

  • Potonglah kentang tipis” namun memanjang, setelah itu cuci bersih, dan celupkan ke dalam air yang berisi larutan garam supaya rasanya menjadi gurih.
  • Gorenglah kentang ke dalam minyak yang panas dengan api sedang sampai menguning kecokelatan, setelah itu angkat dan lalu tiriskan.
  • Tumislah bumbu-bumbu yang sudah diulek tadi hingga keluar bau harrum.
  • Matikan kompor, dan tunggu bumbu yang telah masak sampai dingin.
  • Masukan kentang ke dalam bumbu yang sudah didinginkan tadi dan aduk hingga merata.

Itulah boor resep yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat ya boor dan yang pasti jangan lupa buat di coa dirumah mu ya . Selamat mencoba.