Cara Membuat Keju Edam Sendiri Dirumah

Cara Membuat Keju Edam

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat keju edam sendiri dirumah dengan cara yang cukup mudah. Rasa yang dihasilkan pun tidak kalah jauh dengan yang dijual dipasaran.

Keju Edam

Keju Edam atau yang bisa disebut Edam Cheese ini harganya termasuk cukup mahal dibandingkan dengan keju halal jenis lainnya, seperti dengan keju mozarella, keju cheddar, ataupun keju parmesan.
Sehingga banyak orang pada saat lebaran Hari Raya Idul Fitri dimana pembuatan kue kering meningkat dengan pesat. Seiring permintaan pesanan kue kering yang memang sangat banyak, dan memang seharusnya kue kering lebih enak menggunakan keju edam.
Seperti untuk kue nastar dan kue kastengel, dan lain sebagainya akhirnya menggunakan keju yang harganya lebih murah seperti dengan memakai keju cheddar, dan lain lain.
Makanya banyak yang mencari solusi untuk pengganti kastengel yang biasaya menggunakan keju edam ini Nah, apa salahnya juga jika membuat sendiri keju edam dirumah. Siapa tahu bisa menjalankan bisnis keju edam, apalagi dikota Bandung ada Lembang sebagai penghasil susu sapi yang cukup besar.
Edam atau edammer adalah keju yang pertamanya berasal dari Belanda yang memang secara tradisional dengan bentuk bulatan besar dengan warna kuning sedikit terang. Dengan dibungkus dengan menggunakan parafin dan malam berwarna merah.
Edam sendiri mempunyai rasa yang sangat lembut, dengan rasa sedikit asin dan juga terasa seperti dengan kacang. Sehingga cocok untuk membuat kue kastengels, keju ini juga tidak berbau bila dibandingkan keju lainnya.
Jenis keju ini juga memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan keju tradisional lainnya sebanyak 28 persen dengan kandungan protein sebanyak 25 persen.
Jenis keju edam yang sudah modern jauh lebih lembut dibandingkan dengan keju yang lainnya, seperti dengan keju cheddar, karena kandungan lemaknya yang cukup rendah. Keju edan ini juga menurut saya cocok untuk dijadikan campuran keripik pisang keju karena juga akan menghasilkan rasa yang cukup lezat.

Cara Membuat Keju Edam

Bahan Bahan yang Digunakan:

  • 2 galon susu sapi
  • Kalsium Klorida 1 sdm dengan 1/4 gelas air
  • 4 tetes pewarna annatto dengan 1/4 cup air
  • 2 ons mesofilik kultur starter
  • 1 sdm rennet cair dalam 1/2 cup air
  • 4 cangkir garam dalam 1 galon air (larutan garam)

Cara Membuat Keju Edam:

Tahap 1:

Tuang susu  dalam double boiler dan dengan perlahannaikkan suhu susu 86 ° F. Tambahkan juga dengan kultur starter dan aduk selama kurang lebih sekitar lima menit.

Hilangkan dari panas dan juga penutup. Diamkan sekitar 30 menit.Tambahkan juga dengan kalsium klorida dan tambahan pewarna jika anda menginginkan. Aduk merata selama lima menit. jika memungkinkan atur selama 10 menit

Tempatkan double boiler kembali ke sumber panas dan meningkatkan suhu 86 ° F. Tambahkan rennet dan aduk selama lima menit. Tutup, dan biarkan ditetapkan pada 86 ° F selama 30 menit atau sampai istirahat bersih tercapai.

Tahap 2:

Potong dadih menjadi 1/2 kotak dan aduk sampai lembut sekitar 15 menit. Biarkan dadih selama kurang lebih sekitar 10 menit. Naikkan dengan perlahan suhu 96 ° F.  angkat whey ke atas dadih dan simpan untuk digunakan nanti. Menjaga suhu dari whey pada 96 ° F.

Panaskan  airdengan jumlah yang sama untuk suhu 96 ° F. Tambahkan air sedikit sedikit dan aduk sampi dadih menjadi lebih tegas. Biarkan dadih ini selama 10 menit.

Tuang dadih ke dalam saringan stainless, dan tutup menggunakan piring makan yang cukup berat, dan bertujuan untuk mengeringkan dari tersisa whey selama  5 menit.

Tahap 3:

Tempatkan dadih dalam kain katun sangat tipis dan dilapisi dengan cetakan keju dan pers di dalam 30 tekanan. Setiap sekitar 45 menit, balik kain katuntipis yang berlapis dadih tadi di whey panas, dan kembali dalam cetakan.

Setelah kurang lebih 3 jam ditekan dan fliping, pers  lagi dengan menggunakan tekanan selama kurang lebih 12 jam. Angkat keju dari cetakan dan juga kain tipis. Rendam ke dalam larutan air garam sekitar 2 sampai 3 hari pada suhu 60 ° F, dan balik keju setiap 12 jam sekali.

Angkat keju dari rendaman air garam tadi, lalu tempatkan keju pada tikar, dan akan memungkinkan keju untuk matang pada suhu 60 ° F dan selama kurang lebih 3 hingga 4 minggu, dan harus membalik setiap hari. biarkan dalam lemari es selama 3-4 minggu.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat keju edam yang cukup simpel. Semoga Bermanfaat!