Macam-Macam Cara Membuat Jus Kurma Arab yang Bikin Ngiler

Jika anda yang tinggal di arab pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, yakni buah kurma. Jika kita ngomongin tentang kurma pasti sudah identik dengen arab, karena buah ini berasal dari arab saudi.

Banyak orang yang mencari buah ini untuk di jadikan obat atau di makan. Paling sering di saat bulan puasa banyak sekali di saat bulan puasa, buah ini jadi inceran masyarakat karena di jadikan untuk buka puasa untuk mengikuti sunah nabi.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat jus kurma arab yang sangat lezat. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ke tahui dulu dimana daerah penghasil kurma terbesar dulu.

 

Buah Kurma

cara membuat jus kurma arab

Pada saat bulan Ramadhan selalu menjadi bulan paling berarti untuk si industri Kurma. Identiknya Kurma sebagai menu berbuka dan sahur menjadikannya makanan ikonik di bulan suci ini.

Seperti yang kita ketahui, buah Kurma berasal dari negara bagian timur. Di Indonesia sendiri banyak mendatangkan kurma sebagai produk impor untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Berdasarkan data tahun 2017, Mesir mampu menghasilkan 1.5 juta ton kurma setiap tahunnya dan menjadi negara penghasil kurma terbesar di dunia mengalahkan Iran dan Algeria yang berada di urutan nomor 2 dan 3.

Pohon kurma membutuhkan wilayah seperti tanah lempung berpasir yang cukup dalam dan kering. Kualitas tanah juga sebaiknya berada di pH 8 – 11. Tanah juga tidak asal kering, namun harus mampu menahan kelembaban.

Selain itu, tanah juga harus bebas dari kalsium karbonat. Seperti yang kita tahu, kualitas tanah seperti ini sangat cocok dengan kondisi tanah dan iklim di Mesir.

Mesir memiliki 15 juta pohon kurma yang tersebar di seluruh penjuru wilayahnya.

 

Berikut Cara Membuat Jus Kurma Arab yang Bikin Lidah Bergoyang

1.Cara Membuat Jus Kurma Arab

cara membuat jus kurma arab

bahan-bahan:

  • 4-5 butir kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Pisang yang sudah matang dan sudah di potong menjadi beberapa bagian
  • Susu kental manis secukupnya
  • Gula pasir sesuai selara masing masing
  • Es batu secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

cara membuat jus kurma arab:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahand alat yang harus di perlukan seperti di atas
  2. Jika semua alat dan bahan nya sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya dan di potong menjadi beberapa bagian
  4. Masukan kurma ke dalam blender dan masukan juga potongan buah pisang ke dalam blender, tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 2 menit sampai bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan jus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus kurma
  8. Jus kurma Arab siap di sajikan

 

Khasiat yang DIhasilkan Buah Kurma

1.Meningkatkan kesehatan pencernaan

erat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan membuat buang air besar secara teratur.

Serat tidak larut dan larut yang ditemukan pada kurma membantu membersihkan sistem pencernaan, memungkinkan usus besar bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi.

Beberapa manfaat lain yang berkaitan dengan serat dan kesehatan usus besar mengurangi risiko kolitis, kanker usus besar, dan wasir. Kurma bahkan bisa digabungkan dengan pengobatan rumahan lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain meningkatkan kesehatan usus besar, serat juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan jantung.

3. Anti Inflamasi

Kurma kaya akan magnesium mineral yang dikenal dengan manfaat anti-inflamasinya. Satu studi menemukan bahwa indikator inflamasi di tubuh seperti CRP (protein C-reaktif), TNF (tumor necrosis factor alpha).

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus kurma arab dan beberapa khasiat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)