Cara Membuat Jander Jagung Manis dan Lembut

cara membuat jander jagung

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai cara membuat jenang jagung, nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat jander jagung yang manis dan lembut.

Jander jagung adalah sebutan nama kue jagung yang berada di Kalijurang Brebes Jawa Tengah. Makanan ini menggunakan jagung sebagai bahan utamanya, ya namanya saja kue jagung pasti bahan utamanya jagung.

Kue ini memiliki rasa yang manis yang dihasilkan dari jagungnya dan tak hanya itu jika anda menikmati kue ini pasti akan ketagihan dengan rasa lembut kue ini. Penasaran bukan dengan rasanya ? Jika anda ingin menikmati kue ini anda tidak perlu jauh – jauh pergi mencarinya.

Sebab kue ini bisa dibuat di rumah sendiri dengan menggunakan bahan yang mudah untuk dicari dan juga bisa anda dapatkan di warung atau pasa sekitar rumah anda.

Cara Membuat Jander Jagung

cara membuat jander jagung

Bahan – Bahan :

  • 400 gram tepung maizena
  • 6 buah jagung manis
  • 800 ml santan
  • 200 gram tepung hunkwe
  • 400 gram gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Langkah – Langkah :

  1. Cuci bersih jagung, kemudian parut jagung dan buang ampas kulit ari jagung.
  2. Campurkan parutan jagung, tepung maizena, tepung hunkwe, garam, gula, dan santan, aduk rata sampai gula larut.
  3. Panaskan bahan yang sudah dicampurkan tadi dengan menggunakan api sedang saja lalu tambahkan daun pandan, aduk rata hingga mengental. Matikan apinya lalu angkat.
  4. Ambil daun pandan lalu masukkan adonan ke dalam cetakan yang sudah anda siapkan.
  5. Diamkan sampai dingin atau juga bisa anda masukkan ke dalam lemari es.
  6. Jander jagung siap untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat jander jagung di rumah sendiri. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun mudah untuk didapatkan dan bisa anda temukan di warung ataupun pasar sekitar rumah anda. Jangan lupa untuk mencoba membuatnya di rumah.

Mengenal Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe yang menjadi salah satu bahan untuk membuat jander jagung ini mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Tepung ini merupakan tepung yang terbuat dari kacang hijau yang dibungkus dengan kertas yang dibentuk seperti silender.

Saat dimasak tepung ini akan mengeluarkan bau yang sangat harum dan berwarna bening yang memiliki tekstur sangat kenyal. Tepung ini biasa dimanfaatkan untuk membuat cendol, puding atau juga kue.

Selain itu tepung ini juga memiliki beberapa kandungan gizi seperti energi, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Banyak bukan kandungan gizi yang terkandung dalam tepung ini, kandungan gizi yang terkandung di dalam tepung ini juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat yang didapatkan setelah mengkonsumsi tepung hunkwe yaitu bisa menjadi cadangan makanan bagi tubuh dan sumber energi yang dihasilkan dari kandungan energi, karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi pada tepung ini.

Bisa membantu menjaga dan memelihara kesehatan tulang pada anak – anak dan juga bisa mencegah terjadinya penyakit osteoporosis pada orang dewasa, manfaat ini dibantu dengan kandungan kalsium yang ada di tepung hunkwe.

Yang terakhir mampu membantu menjaga kesehatan pada tulang dan gigi yang dibantu dengan kandungan gizi fosfornya. Bagaimana ? Sangat sehat bukan mengkonsumsi tepung hunkwe ini dan tepung ini bisa diolah menjadi beberapa menu makanan yang enak.

Selamat mencoba membuat jander jagung di rumah dan jangan lupa untuk mencoba resep kacang telur pada artikel sebelumnya. Terimakasih.