Es Krim Rumah?

cara membuat es krim rumahan

So, kali ini kita akan membahas cara membuat Ice Cream rumahan yang bisa dibuat di mana saja dengan bahan seadanya mulai dari es krim buah-buahan hingga es krim rasa kelapa pun juga ada.

Ice Cream saat ini menjadi jajanan yang paling dicari para kalangan manusia, mulai dari kalangan bawah hingga atas, siapa sih yang tidak suka Ice Cream? Tetap baca artikel ini yaaa.

Sejarah Es Krim di Indonesia

Di Indonesia sendiri, es krim mulai masuk ke Indonesia pada zaman Kolonialisme Belanda, dan es krim itu adalah es krim saloon dan hanya dapat dinikmati di kota-kota besar pada saat itu. Karena pada saat itu es krim termasuk barang mewah dan juga mahal, kebanyakan orang belanda saja yang menikmati.

Oleh karena itu masyarakat Indonesia masih belum bisa membuat atau merasakan es krim pada zaman itu. Lalu rakyat Indonesia mulai membuat inovasi sndiri dengan menghadirkan es krim dengan campuran santan sebagai pengganti susu, karena santan lebih mudah terjangkau. Dan es itu adalah es yang kita kenal dengan sebutan es dung dung atau es puter.

Berikut beberapa cara membuat es krim rumahan.

Cara Membuat Ice Cream Stroberi

Bahan:
  1. 3 bungkus susu bubuk full cream
  2. 5 cangkir air atau santan
  3. 5 sendok makan (sdm) tepung maizena
  4. 2 sendok makan (sdm) red bell vanilla estract
  5. 2 sendok makan (sdm) sp
  6. Pewarna atau perasa makan rasa stroberi secukupnya
  7. 200 gram (gr) gula pasir
  8. Garam secukupnya
Cara Membuat:
  • Dari 5 cangkir air, ambil 1 cangkir air untuk melarutkan semua bahan kecuali sp. Bisa di mixer atau di blender agar benar benar larut dan halus.
  • Setelah adonan halus lalu campurkan 4 cangkir air dan masak dengan api kecil sambil diaduk agar tak ada gumpalan/endapan adonan pada dasar panci.
  • Aduk terus hingga adonan mengental menyerupai susu kental manis, matikan api dan diamkan hingga dingin, lalu masukan kedalam box dan bekukan di freezer.
  • Setelah beku hancurkan es krim dengan garpu hingga menjadi butiran kecil.
  • Lalu masukan sp yg sudah di tim lebih dulu dan mixer dengan kecepatan terendah secara hati hati, mixer terus hingga mengembang lalu tata es krim dalam kemasan atau box.
  • Bekukan kembali dan siap disajikan.

Cara Membuat Ice Cream Kopi

Bahan:
  1. 6 sdm (90 ml) susu kental tanpa pemanis atau susu full cream.
  2. 75 gram (gr) garam.
  3. 360 mili liter (ml) krim kental.
  4. sedikit garam.
  5. 5 kuning telur besar.
  6. 1 mili liter (ml) vanili.
  7. 360 mili liter (ml) biji kopi, hancurkan kasar (direkomendasikan yang bebas kafeina)
Cara Membuat:
  • Panaskan susu, biji kopi, dan beberapa krim. Campurkan susu, biji kopi, dan ½ cangkir (120 ml) krim ke dalam panci besar. Tutup dan pindahkan dari kompor setelah campuran mulai mengeluarkan uap, tepat sebelum mulai mendidih.
  • Diamkan selama satu jam. Diamkan panci dalam keadaan tertutup pada temperatur ruang untuk memberikan waktu agar rasa biji kopi dapat menyerap ke dalam susu.
  • Kocok bersama dengan kuning telur, gula, dan garam. Kocok selama sekitar 5 menit, atau hingga campuran berubah warna menjadi kuning pucat dan mengental.
  • Panaskan kembali campuran susu dan kocok secara perlahan ke dalam campuran telur. Letakkan kembali panci di atas kompor dan panaskan hingga campuran menjadi panas dan menguap. Tuangkan dengan sangat perlahan ke dalam campuran telur, kocok secara terus menerus.
  • Letakkan krim yang tersisa di dalam rendaman air dingin. Tuangkan sisa krim (240 ml) ke dalam mangkuk logam. Letakkan mangkuk ini ke dalam wadah yang lebih besar berisi es.
  •  Masukkan kembali campuran telur dan susu ke dalam panci. Panaskan di atas api sedang-rendah, aduk secara terus menerus dengan menggunakan spatula dengan bagian dasar yang datar. Masak hingga mengental.
  • Saring ke dalam krim dingin dan vanili. Letakkan saringan di atas krim dingin, untuk menyaring biji kopi. Tuangkan custard panas melalui saringan ini. Tekan biji kopi untuk mengeluarkan sarinya, kemudian buang. Tambahkan vanili ke dalam es krim dan aduk hingga menyatu.
  • Selesaikan proses dengan memasukkan campuran ke dalam alat pembuat es krim. Dinginkan campuran di dalam kulkas, kemudian bekukan di dalam alat pembuat es krim dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Biasanya proses ini akan membutuhkan waktu kurang dari setengah jam.
  • Es krim siap disajikan.

Itulah beberapa cara membuat es krim rumahan yang mudah, praktis, dan dapat dibuat dimana saja.