Cara Membuat Es Campur Santan Gurih dan Sederhana

cara membuat es campur

Es campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang terkenal manis dan lezat. Dinamakan es campur karena memang bahan pembuatan-nya terdiri dari beberapa jenis bahan seperti buah-buahan, roti, sirup manis, dan sebagainya. Es campur banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan varian rasa yang berbeda-beda.

Es campur santan ini akan sangat nikmat bila kalian santap pada tengah hari, sudah bisa dipastikan selain menyegarkan, minuman satu ini juga sehat karena banyaknya buah dalam sajian es campur. Apalagi dengan ditambah dengan santan kelapa membuat kesegaran-nya semakin nikmat untuk segera dinikmati.

Cara Membuat Es Campur Santan Gurih dan Sederhana-Pada umumnya es campur biasanya tidak menggunakan santan, santan digunakan sebagai pengganti susu atau malah sebagai utama. Penggunaan santan kelapa membuat es campur menjadi lebih nikmat dan sedikit berbeda dengan es campur yang biasa-nya.

Santan kelapa sendiri memang dikenal sebagai bahan tambahan makanan atau juga minuman khas tradisional Indonesia. Terbuat dari parutan daging kelapa yang kemudian diperas bersama dengan air, santan memang sudah sangat pas dilidah orang Indonesia.Anda juga bisa menggunakan mesin parut kelapa dan mesin peras kelapa supaya lebih mudah

Oleh karena itu pada potingan kali ini kita akan membahas cara membuat es campur santan yang sudah menjadi minuman khas dari Indonesia, sekarang mari kita simak ulasan-nya dibawah ini.

Cara Membuat Es Campur Santan

Untuk langkah awal kalian siapkan telebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan pada kali ini, dan berikut inilah bahan-bahan yang harus kalian siapkan.

cara membuar es campur

Bahan Untuk Membuat Es Campur Santan

  1. Buah pepaya 200 gram.
  2. Melon 200 gram.
  3. Alpukat 200 gram.
  4. Buah nangka 100 gram.
  5. Kolang kaling 150 gram.
  6. Sagu mutiara 20 gram
  7. Buah lengkeng 100 gram.
  8. Es serut 500 gram.
  9. Sirup coco pandan secukupnya.
  10. Santan kental 250 ml.
  11. Gula pasir 2 sendok makan.
  12. Daun pandan 2 lembar.
  13. Garam dan air secukupnya.

Setelah kalian selesai menyiapkan bahan-bahan diatas, baru kita bisa memulai panduan cara membuat es campur santan-nya, dan berikut inilah langkah-langkah yang harus kalian ikuti.

Cara Membuat Es Campur Santan

  1. Langkah awal yaitu rebus air bersama dengan santan, garam, gula pasir, dan daun pandan sampai mendidih dan gula-nya larut.
  2. Angkat rebusan santan dan sisihkan sebentar sampai dingin.
    Sambil menungggu dingin potong-potong dadu buah nangka, pepaya, dan melon. Kemudian potong menjadi 2 kolang-kaling dan buah lengkeng-nya. Dan Untuk alpukat-nya kalian keruk saja atau potong dadu.
  3. Siapkan gelas saji dengan ukuran yang sedang, lalu tata buah-buahan yang sudah dipotong tadi.
    Kemudian tambahkan es serut dan sirup coco pandan kemudain siram dengan kuah santan yang telah didinginkan.
  4. Selesai Es campur santan siap disajikan.

Sangat sederhana sekali bukan? kamu juga bisa menggunakan buah buahan lain sesuai dengan keinginanmu. Sirup yang digunakan juga bisa dikombinasikan dengan yang lain rasa yang lain untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Dengan bahan santan ini kamu juga bisa membuat minuman lain seperti es santan susu. Minuman Es Campur santan susu juga tidak kalah nikmat-nya dengan es campur santan karena sama-sama dapat menghilangkan dahaga kita ketika panas terik-nya siang hari. Untuk rasa dari es yang satu ini jangan ditanyakan lagi sudah pasti lezat dan membuat kamu ketagihan.

Kandungan gizi yang ada pada susu dan santan ini, menjadikan es campur santan susu menjadi salah satu varian es yang cocok untuk dinikmati oleh siapapun saja. Kalian juga dapat membuat-nya sendiri dirumah dengan berbagai bahan ada dan cara membuat-nya yang simple dan sederhana.

Demikianlah berbagai cara membuat es campur santan yang sudah pasti dapat menghilangkan dahaga kita ketika di tengah hari dan sudah pasti lezat. Sampai disini dulu pembahasan kita pada postingan ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.