Bingung Cara Membuat Es Balok Tanpa Listrik? Yuk Kita Intip Caranya!

Pada kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat es balok tanpa listrik dengan cara yang mudah, dan praktis.

Es Balok

cara membuat es balok tanpa listrik

Es balok merupakan es yang berbentuk balok dengan ukuran dan berat 12-60 kg/balok. Sebelum dipakai es balok harus dipecahkan terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran.

Es balok merupakan salah satu jenis es yang paling banyak atau umum untuk digunakan dalam pengawetan. Dengan cara pendinginan ikan karena harganya murah dan mudah dalam pengangkutannya.

Es balok lebih mudah dalam pengangkutannya karena lebih sedikit meleleh. Akan tetapi, memerlukan sarana penumbuk es atau penghancur secara mekanis (ice crusher) sehingga es yang keluar dari pabrik sudah siap pakai dengan ukuran 1 cm x 1 cm.

Keuntungan lain dari penggunaan es balok ialah es balok lebih lama mencair dan menghemat penggunaan tempat pada palka, es balok ditransportasikan dan disimpan dalam bentuk balok dan dihancurkan bila akan digunakan.

Es balok ini merupakan media pendingin yang banyak digunakan dalam penanganan ikan, baik di atas kapal maupun di darat selama distribusi dan pemasaran. Umumnya es dikatakan bagus jika padat, bening dan kering (tidak meleleh).

Es dikatakan tidak baik apabila sangat cepat mencair. Dibandingkan hancuran es balok, es salju tidak begitu merusak pada ikan, tetapi ia cenderung mengelompok yang meniadakan perpindahan panas dari ikan kepada es dan menyukarkan dalam penanganan dan transformasi.

Cara Membuat Es Balok Tanpa Listrik

Bahan Baku

  • Air sumur, merupakan bahan baku pembuatan es
  • Air PDAM, merupakan bahan baku cadangan pembuatan es. Pada air PDAM digunakan apabila air sumur berkurang atau airnya tidak memenuhi persyaratan

Bahan Pembantu

  • Garam, sangat digunakan agar dapat mencapai proses pendinginan (sebagai mediator) karena air garam dengan kadar  kurang lebih  19 % terlarut paling sempurna. Selain itu juga  tidak terjadi endapan pada bak pendingin yang memiliki titik beku lebih rendah dibandingkan dengan air murni yang ada di dalam ice scan tersebut.
  • NH3atau amoniak, berfungsi sebagai pendingin karena amoniak memiliki titik didih -280
  • Oli dan solar, berfungsi sebagai pelumas serta bahan bakar pada mesin-mesin produksi.

Cara Membuat Es Balok Tanpa Listrik

Tahap I (Proses Pengisian)

Ice can (cetakan es) diisi dengan air yang murni dengan menggunakan Filling Tank (Tangki Pengisian Air) sebagai bahan baku utama dari pembuatan es.

Ice can  yang digunakan terbuat dari plat 1.8 mm dengan lapisan anti karat galvanis, dan dilengkapi dengan frame isi 10 unit cetakan dengan  masing-masing cetakan mempunyai berat 50 kg.

Filling Tank (Tangki pengisisan air) dilengkapi dengan katup dan level control sehingga pengisian air dapat dikontrol sesuai dengan kapasitas tangki.

Tahap II (Proses Pengangkatan)

Setelah proses pengisian selesai, ice can kemudian diangkat oleh pengangkat dan diletakkan kedalam Brine Tank (bak pendingin) yaitu dengan memasang ice can pada rei (alat Bantu untuk mempermudah proses penempatan) yang terdapat pada bagian atas Brine Tank.

Tahap III  (Proses Pendinginan)

Ice can tersebut kemudian dicelupkan ke dalam Brine Tank dan terendam sampai level air di dalam ice can sejajar dengan level brine tank (tangki proses).

Brine tank  berfungsi sebagai refrigerant untuk mengambil kalor dari air tersebut sehingga air menjadi dingin dan lama-kelamaan akan membeku (menjadi es). Proses pendinginan memakan waktu kurang lebih 24 jam agar es balok yang dihasilkan nantinya benar-benar matang.

Pada Brine Tank juga dilengkapi dengan brine agitator (pengaduk air garam) agar larutan garam yang dihasilkan lebih merata dan brine tidak menjadi gel/bubur yang disebabkan karena temperatur terlalu dingin.

Tahap IV (Proses Perendaman)

Apabila es balok sudah terbentuk (membeku) proses selanjutnya adalah pengangkatan ice can dari Brine Tank untuk direndam di air normal pada Dip Tank (Tangki pelepas es). Hal ini bertujuan agar sisi es balok terluar mencair, agar es balok tersebut mudah terlepas dari ice can.

Tahap VI (Proses Pelepasan)

Setelah sisi es balok bagian luar mencair, kemudian angkat ice can dengan menggunakan rei dan keluarkan es balok dari cetakan. Setelah es balok keluar maka angkut ke tempat penyortiran dengan cara diluncurkan dengan can dumper (peluncur es).

Tahap VI (Proses Penyortiran)

Es balok yang sudah terlepas dari ice scan tadi disortir untuk memperoleh es balok yang layak untuk dijual ke konsumen..

Hasil Produksi

Es balok yang dihasilkan memiliki berat masing-masing 50 kg. Dalam sehari proses produksi ini mampu memproduksi es balok sebanyak 100.000 kg atau 2000 balok setiap hari. Angka ini berdasarkan kapasitas mesin dalam berproduksi.

Es balok yang dihasilkan berwarna putih bening bukan putih susu sehingga pencairan es akan lebih lama.

Demikian langkah cara membuat es balok tanpa listrik. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita.

Kalian juga dapat melihat produk penghancur es balok untuk mempermudah kalian dalam menghancurkan es balok.