Cara Membuat Donat Tanpa Kentang Dan Ragi Yang Maknyuss

cara membuat donat tanpa kentang dan ragi

Kali ini saya akan menyampaikan artikel tentang cara membuat donat tanpa kentang dan ragi. Caranya tidak sulit kok, langsung simak penjelasan dibawah!

Donat

Donat adalah salah satu produk bakery yang lumayan populer dikalangan masyarakat. Produk ini memiliki bentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya.

Donat umumnya terbuat dari campuran bahan tepung terigu, gula, garam, mentega, telur, air dan baking soda. Campuran bahan ini akan membentuk adonan yang bisa mengembang.

Cara Membuat Donat Tanpa Kentang Ragi

Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu 250 gram bisa menepung menggunakan mesin penepung
  • Teh garam 1/4 sdt
  • 1/4 sendok sp
  • Baking powder 1 sdt
  • Gula pasir 5 sdm
  • 3 sdm margarin dilelehkan
  • 2 butir telur
  • 125 ml susu putih cair atau secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi :

  1. Pertama campurkan tepung terigu, garam, sp, baking powder, dan juga gula pasir dalam baskom. Aduk hingga rata.
  2. Kemudian masukkan telur dan uleni adonan.
  3. Tambahkan susu cair dan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk hingga rata dan uleni adonan hingga kalis.
  4. Sesudah kalis, tutip adonan dengan menggunakan kain bersih minimal selama 30 menit.
  5. Jika sudah 30 menit, uleni kembali adonan donat agar elastis.
  6. Lalu cetak adonan dengan cetakan donat supaya hasilnya rapi. namun jika tak punya, bisa juga bulatkan adonan dengan tangan dan lubangi dibagian tengahnya.
  7. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya. lalu goreng donat dengan api sedang hingga donat matang berwarna emas kecoklatan. Jangan lupa dibalik supaya matang merata.
  8. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan.
  9. Donat tanpa ragi siap dihidangkan.

Baca juga: resep donat kentang coklat

Fakta Menarik Donat

1. Awalnya Bernama “Oily Cakes”

Donat pertama kali diperkenalkan ke New York ketika namanya masih New Amsterdam. Pada saat itu bahasa yang dominan dipakai di sana ialah bahasa Belanda.

Cara memasaknya yang digoreng di atas minyak membuat namanya menjadi disebut “oily cakes” atau kue berminyak.Kata donat diambil sebab perdebatan memasak donat dengan kacang atau tidak. Perdebatan tersebut akhirnya membentuk nama donat.

Dalam sebutan bahasa Inggris perdebatan tersebut menjadi berbunyi “donut” yang dalam bahasa Indonesia dieja menjadi ‘donat’. Hal itu menjadikan nama donat dikenal sampai saat ini.

2. Bentuk Awalnya Tidak Bolong Di Tengah

Dikutip dari cerita, seorang perempuan asal New England bernama Elizabeth Gregory menggoreng adonan untuk dikirim bersama dengan putranya sebagai pelayaran pada abad ke-19.

Putranya kemudian membuat lubang dibagian tengah dengan menggunakan jari jari roda kapal. Oleh sebab itu hingga saat ini kebanyakan bentuk donat bolong pada bagian tengah.

3. Donat Memiliki Kaitan Dengan Perang Dunia I

Menurut sumber yang beredar, seorang lelaki asal Rusia bernama Adolph Levitt membuat mesin pembuat donat. Pada saat itu mesin tersebut dapat memproduksi donat secara besar-besaran.

Pada saat itu Salvation Army, gereja Kristen dan organisasi amal internasional lainnya yang berada di London memutuskan agar menjadikan donat sebagai bagian dari promosi mereka guna menghormati tentara yang telah bertempur di Perang Dunia I.

4. Amerika Adalah Konsumen Donat Terbesar

Sekitar lebih dari 10 miliar donat dibuat di Amerika Serikat setiap tahunnya. Sebanyak kira-kira 17 juta di antaranya diproduksi oleh LaMar’s Donut.

5. Donat Termahal

Donat termahal yang ada di dunia dibuat oleh seorang bernama Krispy Kreme dan dijual dengan harga yang fantastis yakni lebih dari 1.000 USD. Kue donat 23 karat yang bertaburkan dengan emas itu, diisi dengan isian jeli Dom Pérignon Champagne, yang ditaburi dengan daun emas 24 karat dan berlian yang dapat dimakan.

Oke itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat donat tanpa kentang dan ragi. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika anda tertarik simak juga cara mmembuat donat tanpa kentang Sekian dan selamat mencoba!