Cara Membuat Bunga dari Bahan Bekas Sangat Kreatif!!!

cara membuat bunga dari bahan bekas

Cara Membuat Bunga dari Bahan Bekas – Plastik akan terurai ratusan hingga ribuan tahun kemudian bahkan bisa lebih dari itu. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus bisa mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari – hari. Dengan cara, ketika kita ingin berbelanja dari rumah membawa tas sendiri atau kita mendaur ulang plastik tersebut menjadi barang – barang yang banyak manfaatnya.

Selain itu, mendaur ulang plastik bisa jadi menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Dari bahan yang sudah tidak enak dipandang menjadi barang yang sangat berharga. Bahan yang digunakan juga mudah di dapat dan tentunya kita tidak perlu banyak mengeluarkan banyak biaya.

Kalian bisa mendaur ulang plastik bekas menjadi bunga yang indah dan cantik. Bunga – bunga ini bisa kalian gunakan untuk menghias setiap sudut rumah kalian.

Cara Membuat Bunga Anggrek dari Bahan Bekas

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • 4 buah sedotan kuning
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Lem

Cara Membuat Bunga Anggrek dari Bahan Bekas :

  1. Gunting sedotan jadi 4 bagian sama panjang.
  2. Sejajarkan bagian-bagian sedotan, siapkan benang yang telah dipasang jarum dan rangkai sedotan dengan benang pada bagian tengah.
  3. Kecangkan rangkaian hingga berbentuk lingkaran atau bunga, lalu simpul mati.
  4. Setiap ujung sedotan, digunting diagonal
  5. Ulangi langkah 1 – 4 sebanyak 5 kali.
  6. Lalu gabungkan menjadi 1 dan tambahkan kertas coklat pada bagian tengahnya.
  7. Bunga anggrek siap untuk menghias rumah.

Cara Membuat Bunga Sakura dari Bahan Bekas

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Sedotan plastik (warna sesuai selera)
  • Kelopak
  • Putik bunga
  • Tangkai bisa dari ranting-ranting pohon
  • Gunting

Cara Membuat Bunga Sakura dari Bahan Bekas :

  1. Pertama, potong 1 batang sedotan menjadi 6 bagian sama panjang. 1 bunga sakura memerlukan 2 bagian potongan saja.
  2. Lipat jadi 2 bagian serta gunting pada lipatan kanan dan kiri sedikit saja untuk membuat lubang.
  3. Selanjutnya, gunting sedotan membentuk pola bunga sakura.
  4. Buat sisiran di kelopak bunga sakura sehingga berbentuk garis – garis di kelopaknya dan memiliki bentuk yang sedikit melengkung.
  5. Letakkan kelopak serta putik bunga dan gabungkan menjadi satu, susun secara teratur dan rapi.
  6. Sediakan tangkai bunga dan susun kelopak bunga sakura ke tangkai yang sudah disediakan.

Ide Berwirausaha Kerajinan Bunga dari Plastik

Ide membuat kerajinan bunga dari plastik muncul ketika orang – otang mulai mengeluhkan biaya yang harus di keluarkan untuk membeli rangkaian bunga asli yang tidak tahan lama dan tidak awet. Selain itu, ide ini muncul karena melihat sangat banyak sampah plastik yang ada di sekitar yang menumpuk dan banyak menimbulkan kerugian bagi lingkungan dan diri kita sendiri.

Kualitas kerajinan bunga dari plastik yang dipasarkan juga memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bunga yang asli. Sehingga banyak diminati oleh para konsumen. Selain itu, kerajinan bunga plastik akan bertahan sangat lama. daripada bunga yang asli. Dan bunga dari plastik dapat di bersihkan ketika terlihat kotor, dan akan terlihat seperti baru.

Kerajian bunga plastik juga dapat dirangkai seperti rangkaian bunga asli. Dengan menggunakan tambahan vas, akan memberikan nilai jual yang lebih mahal dari kerajinan yang tidak dirangkai.

Berwirausaha kerajinan bunga dari plastik menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Peluang sukses dengan bisnis rumahan sangat tebuka lebar. Sekarang rangkaian bunga tidak hanya untuk menghias rumah saja namun digunakan untuk acara tertentu. Dengan ini, kita harus memanfaatkan kesempatan yang ada.

Selain bunga – bunga diatas, sampah plastik bisa dibuat bunga yang lain dan sama indahnya dengan bunga yang diatas.

Bingung cara membuatnya? kalian bisa lihat di artikel Kerajinan dari Bahan Plastik, Dari Sampah Menjadi Rupiah!!!. Jika kalian tidak bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Plastik yang terkumpul akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pencacah plastik dan hasil cacahannya biasanya juga dibuat kerajinan.