Cara Membuat Batako Ringan dan Kuat di Rumah

cara membuat batako ringan dan kuat - batako

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat batako ringan  dan kuat di rumah dengan skala industri kecil. Sebelum lanjut ke pembahasan saya akan menjelaskan terlebih dahulu jenis batako ringan ini, karena pada umumnya batako mempunyai bobot yang cukup berat.

 

Apa Itu Batako Ringan ?

Batako ringan (hebel) merupakan salah satu bahan bangunan modern pengganti batako semen dan bata merah. Batako ringan ini mempunyai berat jenis kering yaitu 520 kg/m3 dan berat jenis normal sekitar 650 kg/m3. Sedangkan daya kuat tekanannya dapat melebihi 4.0 N/mm2 dengan konduktifitas termis 0.14 W/mK. Hal ini membuktikan bahwa batako ringan ini sangat kuat jika digunkan untuk dinding sebuah bangunan.

Sebagian besar rumah-rumah masa depan akan beralih dari batako tradisioal ke batako ringan (hebel) yang dianggap modern ini. Meskipun bahannya juga modern, bukan berarti proses pembuatannya juga harus modern. Ternyata tidak sulit untuk membuat batako ringan ini, banyak industri-industri kecil yang sukses memproduksi batako ringan atau batako ringan ini. Jika anda tertarik untuk memproduksinya, langsung saja saya akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat batako ringan sendiri di rumah.

 

Cara Membuat Batako Ringan dan Kuat

cara membuat batako ringan dan kuat - cara

Kali ini saya akan berbagi tips tentang cara membuat batako ringan dan kuat. Pencetakan batako dapat dilakukan menggunakan mesin press batako dan paving block maupun menggunakan alat cetakan batako manual. Namun pada artikel ini saya akan menjelaskan proses pembuatan batako ringan menggunakan cetakan batako manual. Sebelum memulai proses membuat batako, terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat-alat yang diperlukan :

  • Cetakan khusus bata ringan

  • Ember

  • Cetok

  • Cangkul

Bahan yang dibutuhkan :

  • Semen yang digunakan sebagai bahan pengikat

  • Pasir yang digunakan sebagai bahan pengisi

  • Fly ash yang digunakan sebagai bahan pengisi

  • Kapur yang digunakan sebagai bahan pengisi

  • Air yang digunakan sebagai bahan pengencer

  • Pasta alumunium yang digunakan sebagai bahan pengembang

Langkah – Langkah Cara Membuat Batako Ringan dan Kuat :

  1. Buat adukan batako ringan terlebih dahulu yang terbuat dari campuran binder dan filler dengan perbandingan 1 : 2. Binder merupakan semen sedangakan filler merupakan campuran antara pasir, fly ash, dan kapur. Jika kamu hanya menggunakan fly ash, kapur ataupun campuran keduanya dan tanpa menggunakan pasir, maka komposisi filler yang diperbolehkan yaitu 17% dari total adukan batako ringan. Hal ini sudah sesuai dengan standar pembuatan batako ringan agar batako yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik.

  2. Tambahkan air secukupnya kedalam adukan batako ringan tadi untuk mengencerkannya. Penambahan air jangan terlalu sedikit maupun terlalu banyak karena dapat merusak kualitas bata ringan yang dihasilkan.

  3. Proses pengadukan harus terus dilakukan hingga komposisi bahan penyusun adukan benar-benar tercampur rata. Sifat adukan juga tampak berubah menjadi homogen dan massa jenisnya pun sesuai dengan yang direncanakan yakni berkisar antara 1,8 – 2,2 kg/liter. Jika massa jenis adukan batako ringan tersebut belum sesuai, kamu bisa menambahkan air secukupnya.

  4. Setelah adukan batako ringan selesai dibuat, selanjutnya bentuk-lah batako ringan dengan menggunakan cetakan khusus. Caranya tuangkan pasta adukan batako ringan kedalam cetakan, lalu ratakan seluruh permukaannya. Biarkan cetakan ini selama kurang lebih sekitar 12 jam agar pasta dapat mengering dan tercetak sempurna.

  5. Hari berikutnya, bukalah cetakan batako ringan dengan hati-hati. Lalu pindahkan batako ringan yang masih mentah ke tempat pengeringan yang terbuka namun terhindar dari sinar matahari langsung.

  6. Bentuk perawatan yang diberikan pada batako ringan selama proses pengeringan diantaranya penyiraman batako ringan selama 10 hari berturut-turut. Hal ini dilakukan supaya pengeringannya berlangsung secara perlahan sehingga batako ringan tidak mengalami kerusakan ataupun keretakan. Kemudian pada hari ke-15, batako ringan dapat dipindahkan ke gudang penyimpanan. Batako ringan dapat digunakan setelah usianya lebih dari 20 hari sejak awal pembuatan.

 

Pentup

Bagaimana, mudah bukan cara membuat batako ringan dan kuat? Walaupun terdapat beberapa bahan yang mungkin masih asing bagi sebagian orang, namun tetap saja cara membuat batako ringan dan kuat ini sama seperti pembuatan batako pada umumnya. Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan jagan lupa share. Selamat mencobaa.