Cara Membuat Basreng Ayam Nikmat dan Gurih

cara membuat basreng ayam

Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat digemari dan terkenal dimana-mana, bahkan jika ada hampir di setiap daerah. Bakso memang menjadi makanan favorit masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Bakso memang mengalami berbagai perubahan. Bakso dibuat dengan cara digoreng dan disingkat basreng. Basreng sendiri memang tidak asing lagi. Pasalnya, nama Basreng memang sangat terkenal dan mulai populer di pasaran. Makanan jenis ini biasanya dijual dimana-mana, terutama di pedagang kaki lima. Rasanya yang ringan dan rasanya yang renyah memang bisa menggugah selera makan orang dan langsung menikmatinya. Penyedia menu olahan basreng selalu banyak di masyarakat. Hal ini benar-benar membuktikan bahwa banyak lapisan masyarakat yang menyukai dan mencari banyak makanan basreng. Dan cara membuat basreng ayam yang simpel juga mejadi alasan yang cocok untuk menjadikan peluang bisnis.

Basreng dan peluang Bisnis

Untuk itu, melihat banyaknya masyarakat yang mencari dan suka mengkonsumsi basreng memunculkan ide untuk menjadikannya sebagai peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Menjalankan bisnis ringan patut dipertimbangkan. Cara membuat basreng sendiri sebenarnya bukan hal yang sulit, namun dalam proses penanganan basreng kita harus selalu berhati-hati dan rajin. Selain mudah diolah, bahan yang digunakan untuk membuat bahan juga mudah ditemukan di pasaran dan pasar tradisional. Dengan begitu, sangat mudah bagi Anda yang ingin menyediakan menu olahan basreng untuk keluarga di rumah. Bagi siapapun yang berbisnis, menjalankan usaha basreng selalu menjadi peluang besar. Nah, bagi yang ingin mencoba memulai usaha basreng tapi belum tahu cara menangani basreng yang benar. Silakan lihat di bawah resep yang kami sediakan untuk Anda. Keripik tempe juga bisa anda jadikan ide usaha yang menguntungkan bagi anda.

Cara Membuat Basreng Ayam

Bahan-bahan:

  • 250 gram dada ayam, dipotong-potong
  • 1/2 sendok makan garam kasar
  • 1 butir telur
  • 150 gram es serut
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 1 sendok makan bawang merah goreng
  • 100 gram tepung sagu aren

Cara Membuat Basreng Ayam:

  1. Bakso, masukkan ayam dan garam dalam choper. Giling sampai halus.
  2. Masukkan telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, soda kue, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Giling sampai lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu. Giling rata sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil adonan. Bentuk bulat. Masukkan dalam air hangat. Bila bakso sudah mulai penuh, rebus sampai matang. Tiriskan. Iris. Angin-anginkan.
  5. Goreng mengunakan deep fryer dipanaskan di atas  api kecil hingga kering.

Bahaya Jika Bakso di Campur Boraks

Dengan alasan agar lebih awet, bakso yang dicampur boraks itu membrending dagangannya agar banyak peminatnya. Padahal boraks sendiri bisa menyebabkan kanker hati. Cara mengidentifikasi bakso yang menggunakan boraks itu mudah: Bakso boraks lebih kenyal. Bahkan jika bola hilang, ia akan memantul tanpa menempel ke lantai. Jika Anda membeli bakso dan membiarkannya di luar ruangan selama tiga hari, bola-bola serangga tersebut akan awet meskipun tidak ada lalat atau serangga lain yang berjatuhan atau malah menularkannya begitu saja.

Bakso boraks akan memiliki aroma yang tidak wajar, sama seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang unik. Tidak hanya awet pemakaian boraks sebagai alasan, tapi juga bakso yang terbuat dari daging tikus digunakan sebagai alasan untuk meraup keuntungan lebih besar. Jika bakso tikus ini dibelah atau ditusuk dengan pisau, maka bakso tersebut mudah patah. Baunya pun makin amis. Oleh karena itu, saat membeli bakso harus berhati-hati. Jika harganya murah atau miring, patut dicurigai bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.

Tips Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal

1. Gunakan Baking Powder

Soda kue banyak digunakan dalam resep masakan, termasuk bakso ayam. Cukup tambahkan sekitar 1/2 sendok teh baking powder ke dalam campuran dan aduk rata. Baking powder dapat meningkatkan pH campuran ayam. Jika pH adonan tinggi maka adonan akan menjadi padat, kenyal dan elastis.

2. Adonan dari Bagian Dada Ayam dan Digiling Halus

Adonannya terbuat dari dada ayam karena kandungan lemaknya yang rendah. Parut dada ayam dan bahan lainnya hingga halus, agar hasil bakso halus dan bertekstur kenyal. Untuk membuat adonan bakso halus dan lembut, haluskan dalam food processor dengan kecepatan sedang dan tinggi hingga diperoleh tekstur halus yang diinginkan.

3. Tambahkan Es Batu Ke Dalam Adonan

Sebelum membuat adonan menjadi bola-bola kecil, tambahkan es batu saat menggulung adonan. Untuk setiap 500 gram ayam, Anda perlu menambahkan 150 gram es batu. Anda bisa menggunakan es batu atau es batu yang dihancurkan. Es batu ini digunakan untuk “mengikat” serat daging agar tetap lengket dan kenyal.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan berhasil ketika membuat basreng dengan adonan ayam. Nantikan artikel kami selanjutnya yang akan membahas cara membuat sereal jagung, sekian dan terima kasih.