Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak Dan Lezat

cara membuat bakwan jagung yang enak

Artikel kali ini akan membagikan tentang cara membuat bakwan jagung yang enak. Siapa disini pecinta gorengan? Bakwan Jagung cocok sekali untuk hidangan camilan di sore hari. Banyak sekali cara bikin bakwan jagung dengan berbagai versi. Namun, kali ini tetap dengan bahan dasar yang sama yaitu jagung akan membuat bakwan jagung yang lebih enak!

Hampir semua pecinta gorengan menyukai bakwan jagung yang renyah dan manis. Menjadi salah satu olahan jagung yang mudah, membuat bakwan jagung di gemari oleh seluruh rakyat indonesia. Gorengan yang berbahan dasar jagung ini bisa didapatkan dan dimasak sendiri dirumah dengan bahan dasar yang murah. Rasa jagung yang manis dan tekstur yang renyah dari tepung sangat pas dan cocok disantap di sore hari ditemani teh hangat.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Sebelum mengetahui cara membuat bakwan jagung yang enak. Ketahuilah bahwa jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah kita dapatkan dengan harga relatif murah. Bisa diolah secara sederhana seperti di rebus maupun diolah menjadi berbagai makanan lezat lain. Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan :

1. Baik untuk pencernaan

Jagung adalah salah satu pilihan makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Mencegah Anemia

Didalam jagung banyak mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang dapat menghindari kita dari anemia atau kekurangan darah.

3. Sumber Energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

4. Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung juga kaya akan Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang berfungsi untuk menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

5. Cegah Diabetes dan Hipertensi

Konsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals. Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal. Bisa juga dihidangkan dengan nasi jagung simple atau dengan olahan jagung lainnya seperti dijadikan emping jagung dengan mesin pemipih emping jagung

Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak

Bahan – Bahan 

  • 3 bonggol jagung manis
  • 2 btg daun bawang, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt baking powder
  • 4 bh bawang merah, dihaluskan
  • 2 sdm tepung beras
  • Secukupnya lada
  • 100 ml air / secukupnya
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Langkah Memasak Bakwan Jagung Manis

  1. Rontokkan/pipil jagung manis dari bonggolnya. Ikuti tips cara memipil jagung seperti diatas agar bakwan terlihat lebih cantik
  2. Campur semua bahan, kemudian tuang air sedikit demi sedikit, jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu kental.
  3. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  4. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak, lalu ambil satu sendok makan adonan, dan tuang kedalam minyak, ulangi sampai beberapa adonan. Goreng hingga matang.
  5. Bakwan jagung renyah siap disajikan sebagai pedamping menu utama.

Hidangkan dengan teh hangat saat berkumpul bersama keluarga akan lebih terasa nikmat. Bisa juga menjadi lauk dengan nasi putih atau nasi jagung yang masih hangat. Itulah resep singkat mengenai bisa dicoba dirumah untuk mengisi kegiatan selama pandemi. Semoga artikel ini dapat membantu. Selamat Mencoba!