Cara Membuat Asinan Pepaya Enak Dan Lezat

Sore gaiss kembali lagi bersama mimin kece di sini, yang mana pada artikel kali ini mimin bakal share resep lagi ke kalian yaitu bagaimana cara membuat asinan pepaya enak dan lezat yang tentunya bakal bikin kalian ketagihan.

Asinan pepaya sendiri kerap kali kita temui di pedagang asonan kali lima di jalanan maupun di sekitar rumah kita yang ider atau keliling. Dengan cuaca yang sedang panas panasnya ini, bisa lah ya daripada kita keluar beli mending bikin sendiri sekaligus belajar hemat hahaha.

Sebelum lanjut ke resep dan cara membuatnya, mimin mau ngasih tau ke kalian beberapa manfaat dan khasiat dari si buah pepaya ini.

Manfaat Dan Kandungan Buah Pepaya

1. Mengandung Antioksidan Yang Baik

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak 40%.

2. Meningkatkan Fungsi Jantung

Belum banyak yang tau kalo pepaya ini mengandung likopen. Apa itu likopen? likopen adalah senyawa yang terdapat pada buah-buahan yang berwarna merang dan kuning, terlebih kuning tua. Zat ini yang sebenarnya membuat buah-buahan menjadi berwarna seperti itu.

Likopen ini dapat menurunkan kolesterol jahat atau biasa dikenal dengan LDL(Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan bibit kelesterol baik(High Density Lipoprotein)dalam saluran darah dengan minimal mengkonsumsi setidaknya 40 sampai 50mg per hari.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, buah pepaya juga ngga mau kalah. Kandungan vitamin A pada buah pepaya ini berfungsi sama baiknya seperti wortel yaitu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan saraf mata.

Buah pepaya juga membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti degenarasi makula, yaitu kondisi di mana penglihatan mulai kabur seiring bertambahnya usia. Terlebih bagi mereka yang udah lansia, kandungan ini sangat diperlukan untuk tetap mejaga fungsi sel dan saraf pada mata.

4. Sebagai Anti Kanker

Mesin pembunuh nomor setelah serangan jantung ini memanglah sangat mengerikan bagi seluruh umat manusia yang ada di muka bumi ini. Gimana ngga mengerikan, hampir kebanyakan kasus kematian disebabkan oleh kanker. Meskipun biasanya bukan karena kankernya sendiri, tapi penyakit ini adalah titik awal mula semua komplikasi yang sering terjadi sebelum merembet ke penyakit lainnya.

Pada kali ni pepaya bekerja secara menarik karena dapat mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita. Bahkan dari beberapa buah-buahan, hanya buah berwarna daging oren ini aja yang dapat melawan kanker payudara dan berfungsi sebagai antikanker dalam sel kanker payudara dengan mengurangi radikal bebas dan mengurangi oksidatif.

Dari ke empat fakta di atas, gimana pendapat kalian? menarik bukan manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh buah pepaya ini apalagi jika diolah menjadi asinan yang bisa dijadikan camilan saat gabut maupun camilan yang menyehatkan.

Cara Membuat Asinan Pepaya Enak Dan Lezat

Cara membuat manisan pepaya kering yang bakal mimin share ini adalah resep yang mimin jadiin andalan setiap mau bikin manisan hehehe

1. Cara Membuat Asinan Pepaya Enak

Bahan:

  • 1 kg pepaya muda
  • Vanili secukupnya
  • 2 sendok makan kapur sirih
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir sitrun

Cara Membuat Asinan Pepaya enak:

  1. Cucilah buah pepaya muda dengan bersih dan kupas perlahan, kemudian potong sesuai selera atau kalo mau sama kayak mimin dipotong dadu juga monggo. Sebebas kalian aja hehehe
  2. Setelah dipotong semuanya, rendam potongan buah pepaya ini dalam air yang berisi kapur sirih dan diamkan selama kurang lebih 12 jam
  3. Jika udah, cuci kembali pepaya dan tiriskan dengan perlahan lalu masak dengan api kecil
  4. Tambahkan gula pasir sitrun dan segelas air matang kemudian aduk perlahan
  5. Setelah airnya menyusut, angkat dan masukkan dalam toples lalu simpan dalam kulkas

2. Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Parut

Bahan:

  • 3 buah pepaya muda
  • 5 saset nutrisari jeruk
  • 1/2 kilogram gula putih
  • Pewarna makanan

Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Parut:

  1. Cuci ketiga pepaya tadi, dan kupas hingga bersih lalu parut dan peras sampe airnya kering
  2. Ambil wajan kemudian masukkan pepaya yang udah diparut dan dikerangkan tadi, lalu masukkan juga nutrisari jeruk bersama gula sirih
  3. Nyalakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hingga terlihat lengket dan airnya menyusut
  4. Jika dirasa udah cukup lengket, angkat adonan dan tunggu dingin
  5. Setelah adonan dingin, mulailah bentuk adonan menjadi bulat kecil seperti kelereng kemudian jemur selama seharian

3. Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Tanpa Jemur

Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • 1 sendok makan kapur siri

Cara Membuat Asinan Pepaya Kering Tanpa Jemur

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan gula dan valini kemudian diikuti pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples

Gimana guisss ketiga resep di atas udah menggugah selera kalian belum nih? wkwkwk dicoba satu satu ya gais resep resep mimin ini ikutin step by stepnya supaya ngga fail dan mimin jamin pasti bakalan berhasil. Selamat mencoba!!!